x

ilustr: Cleveland Clinic

Iklan

MOHAMAD FRANSETIO

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Januari 2022

Senin, 17 Januari 2022 07:46 WIB

Penyebab Tubuh Kurus Susah Gemuk dan Sebaliknya

Penyebab Orang Kurus Sulit gemuk dan Orang Gemuk Sulit Kurus dan cara mengatasinya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ini dia. Penyebab tubuh kurus susah gemuk dan tubuh gemuk susah kurus.
oke.jpg
 
Cover
https://www.freepik.com/free-photo/portrait-attractive-nice-looking-girl-with-long-brunette-hair-watching-holding-her-hands-with-palms-up-copy-space-isolated-pastel-pink-wall-wearing-emerald-dress_12023620.htm#query=bertanya&position=0&from_view=search
Setiap orang pasti ingin terlihat sempurna, Baik itu sempurna dalam keuangan, kesehatan, dan juga tubuh yang sempurna. Banyak kita temui diluar sana orang-orang yang berbadan gemuk khususnya wanita yang menginginkan tubuh kurus dan langsing . Ada pula orang yang kurus biasanya laki-laki menginginkan tubuh gemuk berisi, namun mereka sulit untuk mendapatkannya. Mengapa demikian? Mari kita bahas dipenjelasan berikut yang tentunya bisa dengan mudah kalian pahami.
Sebelum saya bahas, saya awalnya penasaran dengan kejadian tersebut karena saya sendiri berbadan kurus, padahal jatah makan saya lebih banyak dari pada pacar saya yang berbadan gemuk. Kenapa bukan orang lain dan kenapa harus pacar saya, ya karena saya sudah tidak jomblo. Saya dan pacar saya seorang mahasiswa yang ngekos dan anak kos itu biasanya jatah makannya berbeda saat masih dirumah dalam artian tidak teratur kalau makan. Kemudian pacar saya yang sangat menggemaskan kutanyai “kok kamu belum lapar? Kamu memangnya hari ini udah makan berapa kali?” dia menjawab “baru sekali” akupun kaget karena aku bertanya ke dia saat malam hari. Setelah saya pelajari dan saya alami ternyata hal tersebut ada penyebabnya.
 
1. Metabolisme Tubuh
pleased-cheerful-asian-woman-keeps-hand-belly-feels-full-after-delicious-dinner-dressed-casually-stands-thoughtful (1).jpg
 
 
https://www.freepik.com/free-photo/pleased-cheerful-asian-woman-keeps-hand-belly-feels-full-after-delicious-dinner-dressed-casually-stands-thoughtful_13845715.htm#query=metabolism&from_query=metabolisme&position=1&from_view=search
Saya sebagai orang yang kurus memiliki suhu tubuh yang hangat walaupun tidak ngapa-ngapain. Tubuh yang hangat ternyata dapat membakar kalori. Sementara orang gemuk seperti pacar saya, dia sulit kurus karena memiliki suhu tubuh yang lebih dingin. Saya mengetahuinya saat menysentuh keningnya padahal dia lagi kegerahan. Aneh memang tapi itu nyata. Wajarnya kalori dapat terbakar ketika seseorang berolahraga sehingga suhu tubuhnya meningkat, adapula orang yang tidak ngapa-ngapain bisa membakar kalori di karenakan metabolisme tubuh yang cepat. Metabolisme tubuh biasanya didapatkan dari faktor keturunan atau genetik. Metabolisme ini yang mengatur pembakaran kalori didalam tubuh. Hal tersebut ditandai dengan suhu tubuh.
 
2. Memilih Makanan
nice-red-haired-girl-trying-tasting-cherry-yogurt-wirh-teaspoon-closed-her-eyes-from-pleasure.jpg
 
 
https://www.freepik.com/free-photo/nice-red-haired-girl-trying-tasting-cherry-yogurt-wirh-teaspoon-closed-her-eyes-from-pleasure_10627705.htm#query=makan&position=1&from_view=search
Makanan juga sangat berperan penting dalam gemuk atau kurusnya seseorang karena makanan memiliki kalori sebagai sumber tenaga manusia. Orang yang menginginkan badan gemuk dianjurkan untuk memakan makanan berkalori tinggi, makanan berprotein tinggi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi contohnya seperti ayam, telur, daging sapi, dan juga kedelai.
Namun untuk orang yang menginginkan kurus harus mengurangi kalori hariannya dengan memilih makanan rendah kalori seperti buah-buahan segar, sayur-sayuran dan menghindari makanan berminyak serta memperbanyak minum air putih.
 
3. Memilih Olahraga Yang Tepat
couple-jogging-park (1).jpg
 
 
https://www.freepik.com/free-photo/couple-jogging-park_5633723.htm#query=lari&position=9&from_view=search
Setiap olahraga pasti memiliki fungsinya sendiri. Orang yang menginginkan tubuh gemuk berisi dianjurkan olahraga angkat beban karena olahraga tersebut bisa memperbesar otot namun tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio seperti lari atau juga olahraga berlebihan. Melakukan aktivitas lari dapat mempercepat pembakaran kalori, karena saat melakukan lari hampir semua otot berfungsi mulai dari atas hingga kebawah karena hal tersebut tubuh bisa mengaktifkan kinerja ototnya yang mengakibatkan badan menjadi semakin kurus karena banyak kalori yang terbuang. Hal tersebut sangat cocok untuk orang yang menginginkan tubuh kurus.
 
4. Mempunyai Penyakit Kronis
old-patient-hospital.jpg
 
 
https://www.freepik.com/free-photo/old-patient-hospital_2757066.htm#query=sakit&position=3&from_view=search
Penyakit yang berat dalam jangka waktu lama bisa menjadi penyebab sulitnya menggemukkan badan atau bahkan bisa menguruskan orang yang gemuk. Hal tersebut sebaiknya harus dicegah dengan hidup sehat. Contoh penyakit yang dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus adalah infeksi tuberkulosis, sakit tiroid, diabetes, AIDS, dan juga kanker.
Penjelasannya begitu kawan-kawan, untuk anda yang gemuk dan menginginkan tubuh yang kurus dan untuk anda yang kurus menginginkan tubuh yang berisi. Semangat berjuang demi mencapai keinginan kalian.
 

Ikuti tulisan menarik MOHAMAD FRANSETIO lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu