Karya Visual dari Indonesia yang Harganya Tidak Masuk Akal - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi Lukisan

MOHAMAD FRANSETIO

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Januari 2022

Senin, 1 Agustus 2022 08:00 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Karya Visual dari Indonesia yang Harganya Tidak Masuk Akal

    Setiap orang pecinta karya seni visual pasti memiliki berbagai selera seni visual yang berbeda-beda. Dalam seni visual terdapat unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Hal itulah yang dapat menentukan seberapa besar nilai seni yang dibuat. Kemudian apakah semakin tinggi nilai kesenian maka semakin mahal juga karya seni tersebut? Untuk mengetahui jawaban diatas mari kita lihat beberpa karya visual dua dimensi dari Indonesia. Berikut beberapa karya dari Indonesia yang harganya tidak masuk akal

    Dibaca : 450 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Setiap orang pecinta karya seni visual pasti memiliki berbagai selera seni visual yang berbeda-beda. Seni visual merupakan suatu seni rekayasa penggambaran dalam bentuk lukisan gambar grafis patung fotografi video.

    Namun kali ini yang akan dibahas yaitu tentang seni visual dua dimensi, yaitu suatu karya seni yang memiliki dimensi panjang dan lebar yang didalamnya tertuang segala macam ekspresi serta keindahan yang dituangkan ke media yang dapat dilihat secara langsung melalui indra penglihatan.

     Dalam seni visual terdapat unsur-unsur yang terkandung di dalamnya yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Hal itulah yang dapat menentukan seberapa besar nilai seni yang dibuat. Kemudian apakah semakin tinggi nilai kesenian maka semakin mahal juga karya seni tersebut?

    Untuk mengetahui jawaban diatas mari kita lihat beberpa karya visual dua dimensi dari Indonesia. Berikut beberapa karya dari Indonesia yang harganya tidak masuk akal:

     

    1. Gambar dari Reza Arap

    Influencer serta musisi bernama Reza Arap yang berawal dari iseng mengunggah videonya tentang cara menggambar sederhana itu ke media sosial TikTok. Reza kemudian dengan iseng ingin melelang gambar tersebut dengan harga awal 10ribu. Ternyata banyak penggemarnya yang berminat hingga berhenti di angka 1 juta. Kemudian besoknya ada seorang penggemar yang ingin membeli dengan harga Rp10 juta. Uang tersebut kemudian dibelikan alat gambar digital dan disumbangkan kepada yang membutuhkan dan mempunyai bakat menggambar.

     

    2. Lukisan abstrak wanita ikan

    Selanjutnya yaitu lukisan abstrak yang saya temukan di dalam aplikasi Tokopedia. Saya juga bingung entah apa sebenarnya nilai berharga dari suatu karya tersebut. Disebutkan bahwa lukisan tersebut hasil  pengrajin Jawa-Bali namun tidak disebutkan namanya siapa. Lukisan bernama wanita ikan tersebut dibandrol dengan harga Rp10 juta.

     

    3. Lukisan Andong/Horse Cart karya Affandy (1969)

    Lukisan karya Affandi bernama Andong/ Horse Cart ini terjual seharga HK$ 2,5 juta (Rp 4,34 miliar) di balai lelang Christie’s Hong Kong sejak bulan November 2017. 

     

    4. Colosseum, Roma  karya Affandy (1972)

    Lukisan ini dibuat ketika Affandi mengunjungi Amphitheater Colosseum di Roma, Italia saat musim dingin. Beliau berdiri sambil mengoleskan chat secara langsung ke kanvas dengan jari-jarinya di tengah perjuangan melawan suhu yang rendah pada musim dingin.

    Colosseum, Roma terjual seharga HK$3,22 juta (Rp5,59 miliar) di balai lelang Sotheby’s Hong Kong pada April 2017.

     

    5. Abstract Composition karya Ahmad Sudali (1968)

    Ahmad Sadali (1924 – 1987), salah satu seniman Mazhab Bandung, karyanya memadukan unsur seni dan unsur kereligiusan. Beliau merupakan lulusan Fakultas Guru Gambar pada Fakultas Teknik Universitas Indonesia (sekarang Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB) dan diberi gelar Bapak Seni Lukis Abstrak Indonesia.

    Abstract Composition sebelumnya koleksi pribadi seorang diplomat Denmark, hingga pada April 2017 terjual melalui lelang di Sotheby’s Hong Kong seharga HK$3,22 juta jika dirupiahkan adalah Rp5,59 miliar.

     

    6. Foto NFT Ghozali

    Kini akun OpenSea diakses pada 30 Juli 2022 Ghozali Everyday dengan nama Ghozali_Ghozalu #528 memiliki volume traded tinggi dengan sudah bernilai 1.996.118 Ethereum atau sekitar Rp 50.832.930.896.580 atau jika dibulatkan senilai 50 Triliun. Sungguh harga yang sangat tidak masuk akal.

    Jadi kesimpulan yang kita dapatkan yaitu suatu hal yang dinilai jelek dimata kita, belum tentu jelek dimata orang lain bahkan bisa jadi hal tersebut merupakan suatu yang sangat mahal harganya jika dilihat oleh orang yang tepat.

    Ikuti tulisan menarik MOHAMAD FRANSETIO lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.