x

Empati

Iklan

Syadilla Rina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2022

Minggu, 23 Januari 2022 05:58 WIB

Seorang Enterpreneur Harus Mempunyai Empati

TUGAS UJIAN AKHIR SEMETER GASAL MATA KULIAH CITRA DIRI DAN PRIBADI PROFESIONAL ESSAY EMPATHY DISUSUN OLEH : KELOMPOK 3 Endang Sri Rahayu (21118011) Syadilla Rina Iriani (21110014) Muhammad Ramadhan (21110018) Agustina Kandida Hoar (21118005) Windy Permata Sari (21109005) UNIVERSITAS TRILOGI TAHUN AKADEMIK 2021 – 2022

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seorang Enterpreneur harus mempunyai empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang di rasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut

Ada beberapa ciri yang menandakan apakah seseorang memiliki empati tinggi, yaitu memiliki kepedulian yang tinggi dan kebaikan terhadap orang lain. Dia merupakan pendengar yang baik, pandai memahami perasaan orang lain, sering dijadikan tempat curhat oleh orang lain, sering memikirkan perasaan orang lain, sering diminta menjadi penasihat bagi masalah orang lain,sering merasa terbebani oleh peristiwa-peristiwa tragis,berusaha untuk selalu membantu orang lain yang menderita.

Tahap Tahap dalam Perkembangan Empati 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hetherington dan Parker, 1993 membagi perkembangan empati kedalam Empat tahap utama, yakni empati global (Global Empathy), empati egosentris (Egocentri Empathy), Empati terhadap perasaan orang lain (Empathy for Another Feeling), Empati untuk kondisi hidup yang berbeda (Empathy for Another Life Condotion)

Manfaat Empati

Membangun hubungan sosial. artinya, rasa empathy di butuhkan untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain.,mengatur emosi diri sendiri. artinya, berempathy kepada orang lain juga akan melatih Anda dalam mengendalikan emosi. Dengan begitu kita tidak akan mudah merasa stress.,melatih perilaku tolong menolong , ketika berempathy kita akan membayangkan bagaimana rasanya jika berada pada posisi orang lain.

Contoh Empathy

Empathy Kognitif

Seseorang akan memiliki kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain dan memandang sesuatu dengan sudut pandang orang tersebut.

Misal : Ketika ada teman yang tengah berduka cita karena ibunya telah meninggal, maka ia akan turut memberikan ucapan berduka dan ikut bersedih. 

 

Empathy Somatik

Seseorang dapat merasakan dan merespon secara fisik sesuatu yang dialami oleh orang lain.

Misalnya : Ketika seseorang melihat teman nya terlihat pusing karena suatu masalah yang dihadapi, ia akan ikut merasa pusing

 

Empathy Spiritual

Akan membuat seseorang seakan tercerahkan ketika melihatnsesuatu yang menyentuh hatinya

Misal : Melihat orang kecelakaan di jalan, maka seseorang secara spontan langsung memberi pertolongan.

 

 

Ikuti tulisan menarik Syadilla Rina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu