x

tanggung jawab mahasiswa universitas trilogi

Iklan

Hanna Vania

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 14:21 WIB

Menginterpretasikan Nilai Tanggung Jawab dan Kewajiban Sebagai Mahasiswa Universitas Trilogi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tanggung jawab merupakan sebuah sikap atau perilaku dimana dalam menyelesaikan suatu hal harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dapat menanggung resiko serta konsekuensi atas keputusan yang sudah diambil. Tanggung jawab masuk kedalam sebuah tingkah laku manusia untuk sadar akan perbuatan dan kewajiban yang harus dilakukan. Sikap bertanggung jawab tentunya akan membuat manusia atau individu menjadi pribadi yang lebih baik, dimana individu akan lebih kuat dalam menghadapi masalah yang ada serta akan lebih berhati-hati dalam menentukan langkah dan akan lebih dulu memikirkan hal atau merencanakan suatu hal sebelum memulainya sehingga hal yang dilakukan pun lebih matang dan juga terorganisir. Tanggung jawab juga tentunya merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap manusia atau individu karena masuk kedalam kriteria karakter yang baik dan harus dimiliki oleh setiap individu.

Tanggung jawab diperlukan dalam dunia pendidikan. Seperti pada dunia perkuliahan dimana sebagai mahasiswa wajib memiliki karakter yang menjunjung rasa tanggung jawab dan juga memahami makna dari sebuah rasa tanggung jawab tersebut. Pada mahasiswa, karakter ini sangat berperan penting. Tanggung jawab yang dapat dilakukan ini seperti hal-hal yang dapat ditanggung atas konsekuensi dari perbuatan yang diperbuat masing-masing.

Mahasiswa dituntut untuk mengembangkan diri guna mencapai cita-citanya. Mahasiswa diwajibkan mampu untuk menguasai berbagai jenis ilmu pengetahuan agar para mahasiswa dapat menjadi generasi yang unggul. Mahasiswa juga diharapkan dapat berperan dalam pembangunan negara sehingga menjadikan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang berperan aktif untuk negaranya. Alasan mahasiswa dituntut untuk menjadi manusia yang unggul, aktif, kreatif, dan bertanggung jawab karena mahasiswa merupakan penerus bangsa yang akan membangun bangsa ini menjadi bangsa yang hebat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada beberapa indikator tanggung jawab untuk mahasiswa. Salah satunya yaitu bertanggung jawab atas segala perbuatan yang akan dilakukan. Selain bertanggung jawab untuk diri sendiri, sebagai mahasiswa tentunya harus bertanggung jawab orang lain atau masyarakat dan juga lingkungan sekitar. Salah satu cakupan tanggung jawab mahasiswa yaitu mengerjakan tugas secara bersungguh-sungguh dengan memahami materi dari tugas tersebut bukan sekedar asal mengerjakan untuk menyelesaikan dan mengumpulkan tugas secara tepat waktu.

Sebagai mahasiswa Universitas Trilogi, menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, memenuhi kriteria penilaian tugas, menjalankan instruksi saat pembelajaran berlangsung, berperan aktif saat proses diskusi dalam pembelajaran, mengenakan pakaian yang layak atau semi-formal meskipun pembelajaran yang berlangsung secara daring, bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, percaya diri saat mengerjakan tugas sehinggal tidak meniru tugas milik teman, tepat waktu saat mengikuti kelas, mengikuti UKM atau organisasi, serta membayar biaya UKT merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan mahasiswa demi kelangsungan perkuliahaan yang baik.

Tolak ukur untuk melihat keberhasilan dalam keberlangsungan pembelajaran dapat dilihat dari evaluasi hasil pembelajaran, apakah mahasiswa sudah mampu mencapai kriteria sistem nilai yang sudah ditetapkan. Agar memperoleh nilai yang maksimal tentunya mahasiswa Universitas Trilogi harus dapat bersungguh-sungguh dan mengedepankan tanggung jawab dalam urusan bidang akademik. Bertanggung jawab dalam kesehatan mental juga merupakan hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa Universitas Trilogi. Para mahasiswa dapat menyalurkan hobinya menjadi suatu hal yang bernilai positif guna mengurangi beban mental dan juga mengisi kekosongan waktu dengan mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau organisasi lainnya yang ada didalam kampus.

 

 

 

 

#UniversitasTrilogi #Teknososiopreneur #insanunggulinovasi #PGSD #CDPP #CitraDiridanPribadiProfesional #TanggungJawab

Ikuti tulisan menarik Hanna Vania lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu