x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 31 Januari 2022 09:22 WIB

Salurkan CSR di Masa Pandemi, Bank Sinarmas Dukung Kegiatan Literasi TBM Lentera Pustaka

Sebagai bukti tanggung jawab sosial di masa pandemi Covid-19, Bank Sinarmas salurkan CSR ke Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Contoh nyata sinergi koprorasi dan taman bacaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai bukti komitmen terhadap gerakan literasi di Indonesia dan kepedulian sosial, Bank Sinarmas hari ini menyalurkan CSR sponsorship tahun 2022 ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka (29/1/2022) di Bogor. Hal ini sekaligus sebagai dukungan terhadap upaya peningkatan kegemaran membaca buku di kalangan anak-anak di era digital. Penyerahan simbolik sponsor CSR tahun 2022 dilakukan oleh Epul Saepulloh dan Carlos dari Corpotrate Secretary Bank Sinarmas kepada Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka. CSR korporasi Bank Sinarmas tahun 2022 ini merupakan program berkelanjutan dan memasuki tahun ke-3.

 

Selain menjadikan sebagai taman bacaan binaan, Bank Sinarmas pun akan menjadikan TBM Lentera Pustaka sebagai laboratorium literasi finansial dalam meningkatkan pengetahuan bidang keuangan dan perilaku menabung anak-anak dan masyarakat. Tujuannya, agar wawasan dan pengalaman tata kelola uang masyarakat bisa lebih bijak dan berkualitas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“CSR korporasi Bank Sinarmas ke TBM Lentera Pustaka ini sudah memasuki tahun ke-3. Kami sangat berkomitmen untuk mendukung aktivitas taman bacaan dan literasi di Indonesia, di samping edukasi literasi finansial secara konkret. Dalam waktu dekat, Bank Sinarmas pun akan melakukan perluasan area baca di lantai dua. Agar anak-anak lebih nyaman saat membaca buku. Inilah bukti peduli taman bacaan dan pemberantasan buta huruf di taman bacaan ini sebagai bagian tanggung jawab sosial Bank Sinarmas,” ujar Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam pernyataan tertulisnya.

 

Sebagai bank swasta nasional, Bank Sinarmas berkomitmen untuk selalu memberikan edukasi literasi finansial sekaligus mengajarkan pentingnya menabung bagi anak-anak usia sekolah. Agar terampil dalam mengelola uang, di samping mampu meningkatkan kesejahteraan dalam skala kecil dan praktis. Sebelumnya, Bank Sinarmas pun telah menyumbangkan 5 perangkat komputer sebagai sarana belajar literasi digital, penyediaan kaos anak-anak pembaca dan warga belajar buta aksara, dan edukasi “Jajan atau Nabung?” secara rutin di TBM Lentera Pustaka.

 

Patut diketahui, TBM Lentera Pustaka saat ini merupakan satu-satunya taman bacaan resmi di Kecamatan Tamansari Kab, Bogor dan dikenal sebagai taman bacaan kreatif yang mengembangkan model “TBM-Edutainment”, sebuah tata kelola taman bacaan berbasis edukasi dan entertainment. Dengan koleksi 10.000 buku, taman bacaan di kaki Gunung Salak Bogor inimenjadi tempat membaca 130 anak usia sekolah dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sinarwangi) yang mampu membaca 5-10 buku per minggu.

 

Selain taman bacaan, TBM Lentera Pustaka kini menjalankan 11 program literasi lainnya seperti:1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 9 warga belajar buta huruf agar terbebas dari belenggu buta aksara, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 3) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 4) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 5) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 6) KOPERASI LENTERA dengan 28 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 7) DonBuk (Donasi Buku), 8) RABU (RAjin menaBUng), 9) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 10) LITFIN (LITerasi FINansial), dan 11) LIDAB (LIterasi ADAb) untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre. Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Pada tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka menorehkan berbagai prestasi, seperti:  1) Terpilih “Jagoan 2021” dari RTV (tayang 29 Des 2021), 2) Sosok Inspiratif Spiritual Journey dari PLN (Okt 2021), 3) Terpilih “31 Wonderful People 2021” dari Guardian Indonesia (24 Sept 2021), 4) Terpilih “Ramadhan Heroes” dari Tonight Show NET TV (6 Mei 2021), dan 5) Terpilih program “Kampung Literasi 2021” dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (14 Nov 2021).

 

"TBM Lentera Pustaka sangat berterima kasih atas dukungan dan kontribusi Bank Sinarmas yang luar biasa. Kami merasakan secara langsung dukungan dan bantuan Bank Sinarmas sehingga aktivitas taman bacaan kian diminati masyarakat. Inilah bagian dari kolaborasi yang penting agar Gerakan literasi dan tradisi baca anak di era digital tetap bisa eksis. CSR korporasi di taman bacaan ini patut jadi contoh banyak korporasi sebagai bagian tanggung jawab sosial” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM lentera Pustaka saat penyerahan di Bogor.

 

Bank Sinarmas dan TBM Lentera Pustaka menegaskan bahwa peningkatan tradisi membaca sangat penting. Untuk itu, kolaborasi dan sinergi korporasi dan taman bacaan harus dilakukan sehingga gerakan literasi dapat terus berlangsung di tengah gempuran era digital. Agar Indonesia pun mampu mewujudkan masyarakat yang literat. Salam literasi #BankSinarmas #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler