x

Iklan

Nona Ardianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Januari 2022

Rabu, 2 Februari 2022 08:02 WIB

Keunggulan Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19

Dengan  menggunakan  berbagai sarana komunikasi yang perlukan. Sekarang ini pemakaiaan sosial media sangat meningkat di kalangan pembelajar, Dengan adanya sosial media bisa membatu mahasiswa  seperti mahasiswa Unisa yogyakarta dalam melakukan pembelajaran dengan mudah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akibat pandemi Covid-19, proses pembelajaran di indonesia dilaksanakan secara daring. Dengan menggunakan  berbagai sarana komunikasi yang perlukan. Sekarang ini pemakaiaan sosial media sangat meningkat di kalangan pembelajar. Dengan adanya sosial media bisa membatu mahasiswa seperti mahasiswa Unisa yogyakarta dalam melakukan pembelajaran dengan mudah. Penggunaan teknologi  informasi dalam pembelajaran daring ini merupakan pgi erubahan kebiasaan baru di mana tidak hanya  dosen, guru, yang mengguanakan teknolo namun  mahasiswa, dan siswa pun dituntut untuk beradaptasi terhadap perubahan ini.

Pemanfaatan teknologi komunikasi, seperti whatsapp, google classroom, zoom google meet dan youtube ini dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar yang mana dapat digunakan dalam mengakses pendidikan di tengah pandemi Covid 19.di dalam pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif yang di gunakan dalam mengakses pendidikan di saat covid-19. sosial media di gunakan mahasiswa Unisa yogyakarta  untuk membantu proses pembelajaran dan juga dapat di gunakan untuk menghubuni dosen /guru dengan mudah selama masa pembelajaran daring.  

Penggunaan media sosial tidak selamanya efektif  dalam  pembelajaran, kesulitan mahasiswa dalam memahami  materi membuat mahasiswa kurang  fokus  terhadap materi yang di berikan  sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman mahasiswa dalam  pemahami  materi  yang di berikan bisa menghambat tujuan pembelajaran mahasiswa.  Dimasa pandemi seperti ini banyak dampak yang dirasakan, khususnya oleh guru, siswa, dan orang tua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dampak positif adanya pandemi Covid 19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenal teknologi. Berdampak positif apabila pengguna dapat memanfaatkan media sosial dengan benar dan tepat dan berdampak negatif jika pengguna tidak dapat memanfaatkan media sosial dengan benar. Dengan demikian dalam pemanfaatannya, pendidik sebagai SDM profesional diharapkan mampu mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuannya sesuai dengan perkembangan Iptek. Sebagaimana tugas-tugas pendidik dalam pembelajaran, yaitu merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran, pendidik diharapkan mampu mengoptimalkan media sosial sebagai media pembelajaran secara kreatif dan inovati .

Pembelajaran jarak jauh merupakan proses pembelajaran dimana peserta didik dan guru tidak bertemu secara langsung dalam satu tempat. Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui surat edaran nomor 4 tahun 2020, menjelaskan bahwa terdapat dua jenis pembelajaran jarak jauh yaitu luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan). Pembelajaran luring merupakan pembelajaran yang tidak menggunakan jaringan internet maupun intranet. materi melalui media daring kemudian peserta didik secara aktif dan mandiri mempelajari materi dan mengerjakan tugas yang diberikan. Sedangkan, pembelajaran daring dua arah dilakukan ketika guru dan peserta didik berada dalam satu ruang vitual yang ssengaja disediakan untuk proses interaksi guru dengan peserta didik.

Proses interaksi ini dapat berupa penyampaian materi, penjelasan penugasan yang dapat secara langsung dapat diikuti oleh peserta didik dan guru. Keberhasilan proses pembelajaran daring model satu arah dan dua arah, salah satunya ditentukan oleh pemanfaat teknologi penyedia layanan interaksi antara guru dan peserta didik. Sarana yang menunjang interaksi tersebut dalam pembelajaran daring banyak disediakan oleh platform-platform digital dengan berbagai kelengkapan yang berbeda sesuai dengan tujuan interaksi yang ingin dicapai.  https://www.unisayogya.ac.id/

#unisa_yogyakarta

#universitas_'aisyiyah_yokyakarta

 

Ikuti tulisan menarik Nona Ardianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler