x

Iklan

Divo Tahta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2021

Minggu, 13 Februari 2022 09:06 WIB

10 Rekomendasi Usaha dengan Modal Kecil

Berikut ini adalah penjelasan tentang rekomendasi usaha dengan modal kecil di desa agar bisa untung besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sering kali kita beranggapan bahwa usaha di daerah pedesaan akan sangat sulit, namun ternyata anggapan tersebut adalah salah besar, karena dengan usaha di kampung pun kita juga bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang usaha apa saja yang dapat menguntungkan di daerah pedesaan, simak penjelasan berikut ini:

10 Rekomendasi Usaha di Desa Dengan Modal Kecil


1. Jualan Pulsa dan Token Listrik

Bisnis jualan pulsa merupakan bisnis yang tak perlu memerlukan modal yang besar, kamu hanya cukup mempunyai hp saja sudah bisa melakukan bisnis jualan pulsa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memang banyak orang-orang yang sudah melakukan bisnis ini, namun tenang saja karena bisnis pulsa ini termasuk bisnis yang tidak ada matinya karena dalam kehidupan sehari-hari semua orang membutuhkan pulsa untuk membantunya dalam menelepon, berkomunikasi, membeli paket internet, membeli pulsa token listrik dan lain sebagainya.

Jadi tidak ada salahnya bila kamu ingin membuka usaha jualan pulsa dan token listrik, karena usaha tersebut sangat mudah dilakukan dan tak perlu membutuhkan modal besar.

2. Bisnis Kue Tradisional

Usaha yang selanjutnya adalah usaha jualan kue tradisional, usaha ini dapat kamu lakukan di rumah tanpa harus pergi ke mana-mana.

Kue tradisional sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan karena selain dikonsumsi untuk camilan sehari-hari, kue tradisional juga dimanfaatkan untuk hidangan acara-acara tertentu seperti pernikahan, selametan, syukuran dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang mempunyai hobi memasak, mungkin bisnis ini sangat cocok untuk kamu. Jadi langsung saja coba bisnis jualan kue.

Anda juga bisa memesan catering nasi kotak, nasi tumpeng, snack box di Dapur Gadiza - Catering Banyuwangi.

3. Usaha Minuman Ringan

Usaha minuman merupakan usaha dengan modal kecil yang dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar. Mengapa keuntungan lumayan besar? karena jika kamu pintar mengelolanya keuntungan yang kamu dapat bisa sampai 2 kali lipat dari modal.

Jika kamu tertarik dengan usaha minuman ringan, kamu bisa mencobanya dengan membuka tempat warung di depan rumah atau di samping rumah lalu buatkan gerobak es agar orang-orang dapat mengetahui bahwa kamu sedang jualan minuman.

Usaha minuman yang dapat kamu lakukan seperti jualan pop ice, jualan es campur, es boba, es cincau, es degan, es tebu, es tea break, es kepal milo, es ketan dan lain sebagainya bisa kamu cari sendiri.

4. Ternak Lele

Usaha ternak lele juga merupakan usaha yang menggunakan modal kecil, karena kamu hanya butuh membuat kolam dengan ukuran 2 x 2 meter dengan tinggi 0,6 meter sudah cukup untuk kapasitas 150 ekor ikan lele. Bila kamu ingin lebih hemat lagi dalam pembuatan kolam ikan lele, buatlah kolam dengan menggunakan terpal sehingga tidak perlu memerlukan banyak bahan dalam pembuatan kolam.

Ternak lele adalah usaha yang menjanjikan karena permintaan pasar pasti setiap hari akan terus dibutuhkan, terlebih lagi banyak orang yang membuka usaha makanan seperti lalapan maka mereka juga akan membutuhkan ikan lele.

5. Tukang Pijat

Tukang pijat tidak perlu memerlukan banyak alat cukup bermodalkan tenaga dan keterampilan dalam memijat, maka akan dapat menambah penghasilan kamu.

Bisnis tukang pijat juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar lohh, apalagi bila kamu sudah terkenal dan mempunyai nama maka akan banyak orang-orang yang akan datang berbondong-bondong untuk pijat. Kebutuhan pijat pasti akan dibutuhkan banyak orang karena pijat merupakan salah satu metode agar badan tetap sehat.

6. Usaha Makanan Ringan

Bisnis selanjutnya adalah usaha makanan ringan, kamu bisa melakukan bisnis jualan makanan ringan ini dengan membuka di rumah atau dititipkan di toko orang lain. Kalo saran saya sihh lebih baik dititipkan ke orang lain, karena bisa menghemat waktu dan waktu itu bisa digunakan untuk keperluan lain.

Usaha makanan ringan yang kamu titipkan tidak usah yang mewah-mewah kamu hanya perlu membuat makanan dengan harga 1000 an itu malah bagus. Seperti jualan gorengan, kerupuk, kue dan lain sebagainya.

7. Usaha Tanaman Hias

Jualan tanaman hias merupakan usaha yang membutuhkan modal kecil namun juga membutuhkan ketelatenan yang sungguh-sungguh agar tanaman mendapatkan hasil yang bagus. Usaha tanaman hias dapat kamu lakukan di rumah yang memiliki tempat yang tidak terlalu panas namun cukup dengan sinar matahari.

Kebutuhan tanaman hias akan sangat dibutuhkan karena masih banyak para penggemar yang mencari tanaman hias untuk dikoleksi, jadi usaha ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan tumbuhan.

8. Usaha Pangkas Rambut

Bisnis pangkas rambut bisa kamu lakukan di rumah kamu, namun dengan syarat kamu harus bisa memotong dan memodel rambut dengan benar dan tidak asal potong. Karena bila kamu membuka usaha potong rambut dan ketika kamu memotong sembarangan rambut si customer atau mungkin hasilnya tidak sesuai ekspetasi si custome maka kamu pasti akan dimarahi bahkan bisa saja sampai dipukuli.

Usaha pangkas rambut memang lumayan sulit karena harus memiliki keterampilan terlebih dahulu, namun kamu jangan menyerah teruslah belajar dan belajar maka nanti kamu akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

9. Usaha Cuci Mobil, Motor dan Karpet

Usaha berikutnya adalah usaha cuci mobil dan motor, Usaha ini sangat mudah dilakukan karena kamu hanya membutuhkan air dan keterampilan dalam mencuci agar hasil akhir setelah pencucian terlihat bersih dan kinclong. 

Kebutuhan cuci mobil, motor dan karpet pasti setiap harinya ada, karena barang yang tiap hari dipakai oleh orang-orang pastinya akan menjadi kotor, nahh maka dari itu usaha ini bisa kamu coba.

10. Usaha Angkringan

Bisnis angkringan merupakan bisnis jualan seperti makanan, minuman dan camilan di tempat tertentu. Angkringan buka hingga tengah malam, karena biasanya digunakan oleh kalangan anak muda untuk nongkrong.

Dijamin bisnis ini akan sangat menguntungkan apabila kamu memiliki banyak teman dan kamu ajak untuk nongkrong di angkringan, hasilnya akan sangat sempurna.

Sebenarnya masih ada banyak usaha yang dapat kamu lakukan di daerah pedesaan, penjelasan di atas hanya beberapa saja. Demikian pembahasan tentang usaha yang menggunakan modal kecil di daerah pedesaan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kalian. Oke....

Ikuti tulisan menarik Divo Tahta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu