x

Iklan

News BM3

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Maret 2022

Sabtu, 2 April 2022 10:41 WIB

PM3 Melepas Santri Ke Masyarakat dalam Program Praktik Dakwah Ramadhan

Pelepasan Santri ke Masyarakat dalam Program PDR

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Magelang-Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu menyelenggarakan Praktik Dakwah Ramadhan (PDR) dengan menempatkan puluhan santri di pumikaman masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi dan Merbabu (Jumat, 01/04/2022).

Dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah dan hari masih begitu pagi, puluhan santri berbaris mengikuti upacara pelepasan santri dalam program Praktik Dakwah Ramadhan. Praktik Dakwah Ramadhan (PDR) adalah salah satu program pengabdian pondok Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu dalam menyebarluaskan nilai-nilai keislaman dan kebermanfaatan kepada masyarakat yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Pada tahun ini santri akan dikirim ke 10 dusun yang berbeda dalam menggerakkan nilai-nilai kebaikan dan kebermanfaatan selama Ramadhan. Dusun tersebut adalah dusun Tumut, Sumber, Stabelan, Sepi, Takeran, Karang, Ngadirejo, Dadapan, Ngagrong, dan Windusajan dengan total santri yang diberangkatkan sebanyak 29 santri dari program studi Pengkaderan Da’I dan Imam Masjid.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Praktik Dakwah Ramadhan juga bertujuan dapat menghidupkan suasana Ramadhan di setiap desa dengan menggerakan sholat wajib berjamaah di masjid setempat, menjalankan Sholat Terawih dan Tadarusan Al-Qur’an serta TPA untuk anak-anak selama bulan Ramadhan. Selain itu juga akan diadakan berbuka bersama bersama masyarakat dan pesantren.

Dari program ini diharapkan dapat mendekatkan masyarakat kepada pesantren dan mengakrabkan pesantren kepada masyarakat. Sesuai dengan pendapat Ustadz Mustaffa selaku mudir pondok dalam agenda pelepasan santri ke masyrakat.

“Ramadhan adalah bulan kebahagian, dan hadirnya kalian (Santri) di lingkungan masyarakat harapannya dapat membawa misi-misi manfaat kebahagian selama Ramadhan, menghidupkan ibadah berjamaah di dusun-dusun tersebut. Sehingga ilmu yang ada di pesantren dapat dirasakan oleh semua masyarakat bukan hanya mengendap pada santri saja” pungkas beliau dihadapan para santri.

Hal ini juga direspon oleh masyarakat dengan begitu baik, kehadiran santri lebih membantu dan membawa manfaat. Dapat menjadi tempat belajar anak-anak selagi masyarakat berkerja serta dapat membangun solidaritas masyarakat dalam beribadah berjamaah di Masjid.

Bulan Ramadhan penuh keberkahan dan berlomba-lombalah dalam menjemput keberkahan tersebut. Sehingga Baitul Maal Merapi Merbabu masih membuka kesempatan berpartisipasi untuk berbagi kebahagian dengan menitipkan donasinya dengan menghubungi kontak Baitul Maal Merapi Merbabumaupun media sosial BM3.or.id semoga rezeki yang dititipkan dapat menjadi kebahagiaan penuh hangat serta amal jariyah bagi para penderma.

Ikuti tulisan menarik News BM3 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler