x

Iklan

Heldi Prasetya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Maret 2022

Senin, 18 April 2022 22:33 WIB

Lebih Penting Masalah Lingkungan atau Masalah Kepunahan

Di era disrupsi seperti saat ini banyak sekali inovasi dan perubahan yang dilakukan manusia secara besar-besaran dimana hal itu untuk memberikan manfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri, namun tidak sedikit pula perubahan yang terjadi melibatkan lingkungan sekitar sehingga membawa dampak bagi lingkungan tersebut. Dampak yang ditimbulkan lebih banyak kearah negatif daripada positif hal ini menandakan sudah saatnya sebagai makhluk yang berakal mulai memikirkan lingkungan sekitarnya beserta isinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era kemajuan teknologi dan revolusi industri saat ini berbagai masalah yang ada pada kehidupan manusia cukup kompleks. Permasalahan yang ada tidak hanya mengenai kehidupan sosial manusia itu sendiri namun juga lingkungan dimana manusia itu menjalankan kehidupanya. Lingkungan yang menjadi tempat tinggal manusia dan makhluk lainya seperti hewan dan tumbuhan juga mengalami masalahnya masing-masing. Terutama mengenai probelmatika terjadiya degradasi hutan yang diakibatkan oleh kegiatan manusia membuat daftar masalah mengenai lingkungan bertambah. hal tersebut berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup yang bergantung pada lingkungan alam, yang mana lingkungan sekitar kita bukan hanya menjadi tempat hidup manusia saja namun juga didalamnya terdapat flora dan fauna yang menjadikan lingkungan sebagai habitatnya.

Apabila habitat mereka rusak atau bahkan jika sampai hilang akan mempengaruhi kelerstarian kehidupan flora dan fauna yang ada. Sudah banyak masalah-masalah lingkungan yang membuat berbagai flora fauna di dunia mengalami kepunahan. Hal tersebut sangat merugikan kehidupan manusia karena semua yang hidup di muka bumi ini saling memiliki keterkaitan dan ketergantungan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Walaupun banyak sekali pendapat yang mengatakan kepunahan flora dan fauna bukan merupakan salah satu masalah lingkungan yang penting karena dampaknya tidak begitu berpengaruh kepada manusia, disatu sisi ada pendapat yang mengatakan bahwa masalah lingkungan yang paling penting untuk menjadi fokus pembahasan adalah masalah lingkungan yang dampaknya sangat berpengaruh pada kehidupan manusia.

                Dari persoalan diatas antara masalah kelestarian flora dan fauna dengan masalah lingkungan yang terjadi, keduanya sama-sama penting karena keduanya juga saling berkaitan antara masalah lingkungan dengan kelestarian flora fauna. Adanya masalah lingkungan baik berupa degradasi hutan, alih fungsi lahan, pencemaran lingkungan dan sebagainya, hal itu pasti akan berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup yang ada pada lingkungan yang mengalami kerusakan yang mana manusia itu sendiri juga akan menerima dampak negatifnya. Kepunahan flora dan fauna diawali dari tidak menjaganya kelestarian lingkungan alam sekitar sedangkan manusia terus mengeksploitasi sumber daya alam tanpa memikirkan dampak negatifnya. Dampak negatif dari punahnya salah satu spesies baik flora maupun fauna akan menjalaran atau menimbulkan efek domino pada kestabilan ekosistem alam. Apabila kestabilan ekosistem terganggu dan ada dari satu rantai makanan mengalami kepunahan maka manusia juga akan kehilangan sumber makanan, karena manusia membutuhkan makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan untuk mencukupi kebutuhan pangannya. Hal tersebut dapat di jabarkan lebih spesifik lagi yaitu jika hewan dan tumbuhan mengalami kepunahan maka tanpa disadari akan menggiring pada kepunahan manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

                Oleh sebab itu pentingnya masalah lingkungan dengan masalah kepunahan flora dan fauna sama-sama penting bagi keberlanjutan kehidupan manusia. Dimana upaya awal yang dapat dilakukan tidak harus selalu tentang reboisasi, sistem tebang pilih dan hal lain semacamnya, namun untuk mencegah berbagai masalah lingkungan tersebut dapat diawali dengan sikap peka terhadap lingkungan sekitar. Dimana beberapa contoh sikap peka terhadap lingkungan sekitar adalah mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, kemudian menggunakan energi ramah lingkungan, dan lain sebagainya yang biasanya dianggap sepele di kehidupan sehari-hari.

Dengan melakukan hal-hal mudah tersebut sama saja kita sudah berupaya dalam mencegah terjadinya masalah lingkungan alam, meskipun dalam lingkup yang kecil. Jika semua orang melakukan hal tersebut bersama-sama pasti dampak positif yang ditimbulkan bagi lingkungan sekitar baik yang dirasakan oleh hewan, tumbuhan maupun manusia akan sangat terasa bedanya. Karena sejatinya manusia dan makhluk hidup yang ada di alam saling membutuhkan dan manusia yang merupakan makhluk berakal dan berbudi pekerti seyogyanya harus selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menjaga melestarikan lingkungan bukan malah merusak dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

                Kesimpulan dari permasalahan diatas adalah pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna karena hal tersebut juga berkaitan dengan berbagai masalah lingkungan sekitar. Sehingga semua masalah yang berhubungan dengan lingkungan merupakan masalah utama yang harus dibenahi bersama di masa sekarang ini. Dengan banyaknya kegiatan dan aktivitas yang tidak memikirkan dampak bagi lingkungan sekitarnya, membuat hal ini perlu diberi ketegasan serta perlu dirubah agar tidak semakin berlanjut kearah yang negatif. Masalah lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sehingga semua orang harus aktif dalam mencegah dan menjaga kelestarian lingkungan bagi kebaikan bersama untuk masa depan yang akan datang.

Ikuti tulisan menarik Heldi Prasetya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler