x

sejarah bukan sekedar teori

Iklan

M Yaasiin F

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2022

Kamis, 28 April 2022 16:45 WIB

Buah Sastra

Apa yang dapat dipetik dari sebuah sastra?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam hidup, seperti kata kebanyakan orang, bahwa berpikir sebelum bertindak itu penting disamping itu, kita juga harus berpikir, buah apa sih yang akan kita dapat jika melakukan hal itu?. Nah begitupun kebanyakan orang bertanya ketika mendengar kata sastra, apa sih alasan yang mengharuskan membaca karya sastra?, apa sih buah yang akan kita dapat jika membaca karya sastra?, apa manfaatnya untuk kehidupan kita?.

Sebelum masuk kepembahasan diskusi di atas, anda harus mengetahui apa itu sastra. Sumardjo & Saini (1997: 3-4) mengatakan bahwa sastra merupakan sebuah ungkapan pribadi manusia berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakikan yang tuangkan secara konkret yang mampu membangkitkan keindahan dengan alat bahasa.  Saryono (2009: 16-17) mengatakan bahwa sastra itu bukan sekedar artefak saja, namun sastra itu adalah sosok yang hidup, sastra ikut berkembang dengan dinamis, sastra mampu menjadi pedoman untuk menuju jalan kebenaran, karena sastra yang baik adalah sastra yang diciptakan dengan kejujuran, kebeningan, kesungguhan, kearfian dan keluhuran hati nurani manuasia. Sastra yang diciptakan seperti itulah yang mampu mengingatkan, menyadarkan dan mengarahkan manusia menuju jalan yang semsetinya, yaitu jalan kebenaran dalam usaha menjalankan tugas-tugas kehidupannya (Saryono, 2009:20).

Dari pengertiannya saja  kita sudah bisa mengambil salah satu buah dari sastra, yakni mampu menjadi pedoman hidup untuk mengarahkan kita kepada jalan yang semestinya. Selanjutnya mari kita membahas buah apa sih alasan kita membaca karya sastra, dan buah apalagi yang bisa kita petik dari sastra.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi kebanyakan orang, sastra dianggap sebagai sebuah bacaan yang kuno atau ketinggalan zaman, tidak keren, dan menganggapnya bahwa sastra adalah bacaan yang kurang bermanfaat, karena ia hanya memaparkan sebuah cerita-cerita yang kalau kata anak sekarang mah “halu”, menurut mereka sastra hanya sebuah bacaan yang tidak ada bedanya dengan buku-buku bacaan motivasi atau buku bacaan biografi seseorang. Ada beberapa alasan yang membuat kita mengharuskan untuk membaca karya sastra, tidak hanya membaca saja, namun menikmati, memahami dan memanfaatkannya dalam kehidupan.

Alasan pertama, yaitu sastra bisa menjadi media untuk mengurangi setress, dengan membaca karya sastra seperti novel dengan  genre romance, comedy, familly dll  dapat mengurangi rasa setress karena sebuah karya sastra dapat memainkan emosi seseorang ketika membacanya, selain itu karya sastra mampu menjadi media yang memuaskan mata juga dengan melihat tulisan-tulisan yang mempesona.

Alasan kedua, di setiap karya sastra kita juga dapat mengambil ilmu-ilmu yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang bahkan tidak jarang sebuah karya sastra membahas mengenai moralitas dalam kehidupan.

Alasan ketiga, karya sastra mampu membawa sesorang dan menghadapakannya dengan manusia yang esensial mengkondisikan semua keagungan dan semua degradasinya. Emosi seperti cinta, kebencian, kedengkian, dan kasih sayang, hal ini menjelaskan bahwa karya sastra mampu menyentuh berbagai manusia.

Adapun manfaat membaca karya sastra dalam kehidupan, dengan membaca karya sastra kita akan mendapatkan sebuah manfaat yang alami yang terkadang tidak kita sadari, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat ketika membaca karya sastra.

Pertama, dapat menumbuhkan Kreativitas dan Imajinasi

Saat membaca karya sastra seperti novel ataupun cerpen biasanya kita akan berpikir dan mengvisualisasikannya kedalam otak kita dengan berkata “bagaimana jika aku yang menjadi dia” salah satu karakter dalam cerita tersebut, semakin sering kita mengvisualisasikan cerita seperti itu, tanpa disadari bahwa kita sedang mengasah kreativitas dan imajinasi, dan kemudian kamu akan membuat versi lain dari cerita tersebut.

Kedua, dapat menumbuhkan daya analisis

Dengan membaca karya sastra kita dapat mengasah kemampuan kita dalam menganalisis, terlebih lagi jika sering membaca karya sastra yang bergenre misteri, detektif, dan sejenisnya. Dengan begitu biasanya setelah kita menyelesaikan bacaan itu, masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikiran yang berkaitan dengan cerita, dan mulai melakukan analisis sesuai dengan apa yang ditemukan.

Ketiga, dapat menambah wawasan dan pengetahuan

 Banyak hal yang sebelumnya kita tidak tahu lalu menjadi tahu karena memabaca karya sastra, seperti novel misalnya, seperti pengalaman saya ketika membaca novel Habbiburrahman El Shirazy, yang berjudul “Bumi Cinta” yang berlatarkan di negara Rusia yang memiliki pergaulan begitu bebas, karena membaca karyanya saya jadi tau bagaimana budaya disana, seperti apa wataknya dan lain sebagainya.

 

Jadi, kesimpulannya adalah sastra mampu memberikan sebuah pedoman, sastra juga mampu memberikan sebuah pengetahuan baru kepada kita, sastra juga memiliki manfaat untuk kehidupan kita, dan sastra juga memiliki buah yang banyak yang bisa kita petik.

 

 

Ikuti tulisan menarik M Yaasiin F lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu