Gercep Digitalisasi Desa, KKN MBKM Unej Gandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Minggu, 22 Mei 2022 06:08 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Gercep Digitalisasi Desa, KKN MBKM Unej Gandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember

    Mahasiswa KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7 melakukan survey lapang menuju Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jember untuk bersinergi dalam pelaksaan program kerja

    Dibaca : 616 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     

    Sukojember, Jelbuk – Mahasiswa MBKM KKN UMD Universitas Jember Tahun 2022 mulai berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (DINKOMINFO) Jember untuk penyelarasan progam dan rencana kegiatan untuk pengembangan Digital Desa. Kegiatan tersebut diawali dengan kunjungan mahasiswa ke DINKOMINFO Jember. Empat mahasiswa mengunjungi dinas komunikasi dan informatika jember yaitu Arfian Alwi Firmansyah, Muhammad Hafiz Azzhaqi, Vio febiyanti dan Dwi Indrawati. Kegiatan KKN UMD ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak dr. Yudha Nurdian, M. Kes.

    Kunjungan ke DISKOMINFO JEMBER dilatarbelakangi oleh pengembangan progam yang belum sampai ke desa. Dalam kunjungan membahas progam dinas yaitu tentang PPID-DESA. PPID-DESA ini merupakan salah satu wadah wesite lokal untuk desa dalam melakukan aktivitas dan pelayanan publik. Progam tersebut merupakan Langkah awal dari pemerintahan Kabupaten Jember demi terciptanya pemerintahan desa yang melek digital. Pemerintahan Kabupaten Jember terkhususnya Bapak Bupati Hendy Siswanto dapat memantau perkembangan desa, karena PPID-DESA ini langsung terintragsi dengan Website resmi Kabupaten Jember. PPID-DESA ini berisi tentang Profil desa, Visi dan Misi serta ringkasan anggaran desa.

    Progam PPID-DESA dapat diajukan pemerintahan desa dengan mengirimkan operator untuk bagian pengelola. Operator desa ini nantinya yang akan mengelola isi, aktivitas dan konten yang akan di publish di PPID-DESA. Dari kunjungan mahasiswa KKN UMD Universitas Jember ini mengahsilkan bahwa pada Desa Sukojember belum mengajukan operator untuk progam PPID-DESA. Mahasiswa KKN diberikan pelatihan singkat untuk mengelola PPID-DESA. Pelatihan tersebut berisi tentang cara pengajuan operator desa, cara login pada website PPID-DESA dan cara mengisi konten pada PPID-DESA. Hasil dari kunjungan mahasiswa ke DINKOMINFO JEMBER diharapkan mahasiswa dapat membantu pemerintahan desa dalam penggunaan website PPID-DESA dan mengembangkan pelayanan pemerintahan desa yang terintegrasi oleh website resmi Pemerintah Kabupaten Jember.

    Ikuti tulisan menarik KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7 lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.