x

Iklan

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Sabtu, 4 Juni 2022 19:51 WIB

Mahasiswa KKN Unej Beri Pelatihan Seni Kaligrafi pada Santri di Desa Sidomukti


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seni Kaligrafi merupakan bentuk seni ukir islami, dimana di dalam kaligrafi yang diukir adalah abjad Arab atau yang lebih dikenal dengan sebutan huruf Hijaiyah. Di sana ada bermacam-macam bentuk tulisan atau yang lebih dikenal dengan istilah khot. Hal tersebut bukan hal yang asing lagi bagi para santri. Karena para santri setiap harinya sudah berinteraksi dengan abjad Arab .

Namun pada zaman sekarang ini, banyak para santri terutama di Pondok Pesantren Bahriyatun Nafi'ah di Desa Sidomukti, Kecamatan Mayang belum ada pelatihan kaligrafi. Sebagian dari mereka hanya sebatas bisa menulis Arab, padahal mereka memiiki potensi yang luar biasa dalam menulis arab, namun masih belum ada yang mengasahnya. Oleh karena itu,pelatihan membuat kaligrafi sangat cocok bagi para santri di Pondok Pesantren Bahriyatun Nafi'ah. Kesenian bukan hanya melukis alam dan manusia, namun abjad arab memiiki nilai kesenian yang tidak kalah, bahkan dapat dikatakan melebihi kesenian lukis lainnya.

Sehingga Mahasiswa KKN Tematik UMD Universitas Jember Kelompok-06 melakukan pelatihan seni kaligrafi bagi para santri putra di  Pondok Pesantren Bahriyatun Nafi'ah, yang mana pada nantinya para santri memiliki keterampilan yang bersifat islami yang dapat dijadikan mereka sebagai mata pencaharian yang memberikan nilai ekonomi, atau bahkan dapat dijadikan sebagai media untuk berdakwah. Dan juga pelatihan ini dapat melestarikan bentuk-bentuk kebudayaan atau kesenian islam agar tidak punah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

6 jam lalu

Terpopuler