Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Sulaiman nur Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2020

Minggu, 12 Juni 2022 10:18 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

    Mau mengubah hobimu jadi ladang penghasilan? Gampang banget, berikut kami bagikan cara mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang mudah dan menguntungkan. Pas banget untuk dijadikan sebagai panduan saat awal Anda memulai sebuah bisnis! Hobi atau kegemaran adalah salah satu jenis kegiatan yang Anda sukai dan kuasai. Pasalnya, melakukan sesuatu yang merupakan hobi dan minat adalah sesuatu yang cukup menyenangkan sekali. Hobi yang dimiliki bisa banget dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Menjalankan sebuah bisnis atau usaha apapun jika didasarkan dengan hobi akan lebih memudahkan Anda dalam pengelolanya, karena Anda telah menguasai hal tersebut. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan pun akan jauh lebih besar.

    Dibaca : 695 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mau mengubah hobimu jadi ladang penghasilan? Gampang banget, berikut kami bagikan cara mengubah hobi menjadi peluang dan sekaligus ide bisnis yang mudah dan menguntungkan. Pas banget untuk dijadikan sebagai panduan saat awal Anda memulai sebuah bisnis!

    Hobi atau kegemaran adalah salah satu jenis kegiatan yang Anda sukai dan kuasai. Pasalnya, melakukan sesuatu yang merupakan hobi dan minat adalah sesuatu yang cukup menyenangkan sekali. Hobi yang dimiliki bisa banget dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

    Menjalankan sebuah bisnis atau usaha apapun jika didasarkan dengan hobi akan lebih memudahkan Anda dalam pengelolanya, karena Anda telah menguasai hal tersebut. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan pun akan jauh lebih besar.

    Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

    Mencari Tahu Dulu Hobi yang Dimiliki

    Cara mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang menguntungkan pertama adalah mencari tahu dulu hobi yang dimiliki. Selain itu Anda juga perlu memastikan kalau hobi atau kegemaran tersebut memiliki nilai jual tinggi.

    Contohnya, jika Anda memiliki hobi desain, silakan tekuni dan pelajari bidang desain tersebut dengan baik. Jika sudah, Anda bisa tawarkan jasa desain ke kerabat, teman dekat atau pun bisa pula dengan mencari pekerjaan lewat situs freelance.

    Di zaman sekarang loker atau lowongan pekerjaan freelance ada banyak sekali di internet, Anda hanya perlu pintar – pintar mencari dan memilih mana yang paling sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda.

    Memastikan Hobi Tersebut Adalah yang Paling Anda Sukai

    Sebagai harus memiliki nilai jual yang tinggi, hobi yang akan dijadikan sebagai peluang bisnis juga sudah semestinya menjadi sesuatu yang paling Anda sukai.

    Contohnya, jika Anda hobi memancing adan ingin mengubah hobimu tersebut jadi peluang bisnis, maka Anda bisa mendapat keuntungan dari hobi tersebut dengan cara jualan aksesoris atau pun hal pendukung lainnya untuk aktivitas memancing. Tentu saja apabila hobi memancing merupakan kegiatan yang disukai, maka Anda pastinya akan lebih tahu alat – alat apa saja yang sebaiknya digunakan pada kegiatan memancing.

    Mengasah Skill dan Wawasan

    Ingat,, meskipun Anda menjalankan bisnis dari hobi yang dimiliki penting pula untuk terus mengasah skill dan wawasan Anda. Jangan cepat merasa puas, kemudian berhenti mengembangkan hobi yang lagi digeluti.

    Contohnya, jika Anda suka menulis maka Anda juga bisa mencoba sebagai freelance writer di media online atau bisa pula dengan menjadi jurnalis. Tetapi, di lain sisinya lagi Anda juga bisa banget kembangkan kemampuan yang dimiliki dengan cara menjadi penulis novel misalnya. Dengan begitu Anda pun bisa menghasilkan karya sendiri dan tentu saja juga bisa datangkan pundi – pundi rupiah yang lebih besar lagi.

    Berbagi Ilmu dengan Orang Lain

    Apabila Anda ingin menjadikan hobi sebagai ladang penghasilan, maka Anda tidak disarankan pelit untuk berbagi ilmu yang dimiliki dengan orang lain. Anda bisa mencoba membuka kelas belajar sesuai dengan hobi Anda.

    Contohnya, jika Anda memiliki kemampuan memainkan beberapa alat musik, seperti piano, gitar atau pun yang lainnya, maka Anda bisa membuka kelas kursus musik. Dengan begitu hobi Anda bisa terus terasah dan pastinya juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

    Menciptakan Brand atau Merek Anda

    Cara mengubah hobi menjadi peluang bisnis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sosial media yang Anda. Pasalnya, sosial media bisa banget dijadikan sebagai sarana pendukung untuk menjalankan sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Salah satu hal paling penting dengan memanfaatkan sosial media juga bisa menciptakan sebuah brand atau merek Anda sendiri pada bisnis yang sedang dijalankan.

    Anda bisa mencoba membuat akun Facebook sebagai saarana berpromosi yang mudah dan gratis. Selain itu, Anda juga bisa buat blog atau pun situs web yang memenuhi standar untuk mempromosikan atau memperkenalkan bisnis ke khalayak ramai.

    Menentukan Target Market

    Langkah berikutnya cara mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang harus Anda tahu adalah menentukan target market dan peluang bisnismu. Silakan Cari tahu apa saja yang dibutuhkan konsumen saat ini, apa sajakah yang lagi trend dan strategi marketnya.

    Contohnya, apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang kuliner, maka Anda perlu mencari tahu terlebih dulu jenis makanan apa saja yang akan dibuat, mempertimbangkan harga jualnya, ditargetkan pada siapa jualan makanan tersebut dan lain sebagainya.

    Dengan menentukan target market maka bisnismu akan memiliki kejelasan ke depannya.

    Membangun Komunitas

    Jika berbicara mengenai bisnis dari hobi, pastinya erat kaitannya dengan sebuah perkumpulan orang, atau yang biasanya disebut dengan komunitas. Ini adalah hal paling potensial apabila dilibatkan pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

    Oleh karenanya, penting sekali untuk membangun sebuah komunitas. Tidak hanya berfungsi untuk menjaring calon konsumen, tetapi juga bisa banget dijadikan sebagai cara memperluas jaringan bisnis Anda sekarang. Memperkaya pengetahuan tentang hobi dan mengikuti perkembangan yang lagi ramai di cari.

    Contohnya, apabila Anda memiliki hobi di bidang otomotif, maka Anda bisa ikut bergabung dengan pecinta otomotif. Oleh karenanya, penting untuk segera memulai secara bertahap untuk membangun komunitas Anda sendiri dari sekarang.

    Memulai Bisnis Anda

    Hal penting lain yang harus Anda tahu ketika ingin mengubah hobi jadi peluang bisnis yang mudah dan menguntungkan adalah menyalurkan hobi Anda kepada kegiatan yang lebih memiliki manfaat melalui bisnis plan. Pasalnya, waktu yang telah terlewat tidak akan bisa kembali begitu saja, apabila tidak digunakan sebaik mungkin. Oleh karenanya, mulailah bisnis Anda dari sekarang. Jadi, siapkah Anda untuk mengubah kebiasaanmu tersebut jadi peluang bisnis baru?

    Jika berbicara mengenai hobi yang dijadikan sebagai peluang berbisnis, kira – kira hobi seperti apa sih yang bisa mendatangkan peluang bisnis? Simak jawabannya berikut ini.

    Hobi yang Bisa Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

    Hobi Menggambar

    Pada dasarnya ada banyak banget peluang bisnis yang menguntungkan dari hobi menggambar. Peluang bisnis tersebut termasuk peluang bisnis yang kreatif dan bisa bertahan lebih lama. Apabila ditekuni dengan serius, maka akan memberikan keuntungan yang besar. Berikut beberapa contoh hobi menggambar yang menjadi peluang bisnis menguntungkan :

    • Pelukis sketsa wajah
    • Pelukis henna
    • Menggambar di berbagai media, misalnya menggambar tote bag, bantal, sepatu, kaos dan lainnya
    • Desain interior

    Hobi Menulis

    Apabila Anda memiliki hobi atau kesukaan maupun kegemaran untuk menulis maka Anda bisa mencoba beberapa peluang bisnis berikut ini :

    • Blogging
    • Penulis buku
    • Penulis lepas

    Hobi Menggambil Foto atau Gambar

    Tak bisa dipungkiri, foto tak pernah lekang oleh zaman. Inilah yang mendasari peluang bisnis di dunia fotografi sangat besar sekali. Beberapa peluang bisnis dari hobi fotografi yang bisa dicoba antara lain :

    • Fotografer
    • Jualan foto atau gambar online
    • Membuka kelas belajar atau kursus fotografi

    Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Semoga bermanfaat.

    Ikuti tulisan menarik Sulaiman nur Rahman lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Adiatman

    5 hari lalu

    Bernalar Kritis

    Dibaca : 596 kali