Sungguh Haru, Ketika PM Kamboja Ucapkan Terimakasih ke Indonesia - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 27 Juni 2022 05:35 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Sungguh Haru, Ketika PM Kamboja Ucapkan Terimakasih ke Indonesia

    Sungguh bahagia kami mendengar informasi Perdana Menteri (PM) Kerajaan Kamboja HE Hun Sen mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

    Dibaca : 293 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sungguh bahagia kami mendengar informasi Perdana Menteri (PM) Kerajaan Kamboja HE Hun Sen mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto. 

    Sebagai negara bersahabat Indonesia selalu menjaga dan membantu negara sahabat tersebut. 

    Contohnya seperti Kamboja. Kedua negara ini telah lama bekerja sama dalam hal pertahanan. 

    Sungguh terharu, negara kita negara suka perdamaian dan membantu negara lain. Kami sungguh bangga banget dalam hal ini. 

    Ya kita bisa melihat kondisi negara Indonesia berbagai suku dan budaya ada. Namun persatuan dan kesatuan tetap dijaga. 

    Negara kita negara besar. Tetap kita bersyukur perdamaian selalu dijaga. 

    Dikutip dari media online, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diterima dengan hangat oleh Perdana Menteri (PM) Kerajaan Kamboja HE Hun Sen.

    Pertemuan tersebut membahas terkait kerja sama bilateral antar dua negara dan kerja sama multilateral di Asean. "Indonesia dan Kamboja perlu berdiri bersama sebagai negara Asean untuk kepentingan bersama Asean," kata Prabowo di The Peace Palace, Phnom Penh, Kamboja melalui keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

    Prabowo dan Hun bertemu dalam kunjungan kerja Prabowo ke Kamboja menghadiri ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) ke-16, di mana Kamboja menjadi tuan rumah. 

    Prabowo menyampaikan bahwa pertemuan dan komunikasi antara kedua negara ini memiliki visi dalam upaya meningkatkan kerja sama yang sudah berlangsung. 

    "Saya berharap kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Kamboja dapat terus dipertahankan dalam semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati," katanya. 

    Pada kesempatan tersebut PM Hun Sen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia. Ia juga menyampaikan terima kasih pribadi kepada Menhan Prabowo yang memberikan bantuan dan dukungan bagi kemajuan Angkatan Bersenjata Kamboja.

    Kedua negara juga memiliki hubungan kerja sama yang sangat erat dalam hal bidang pertahanan, seperti TNI yang telah secara aktif memberikan dukungan melalui pendidikan dan pelatihan kepada Pasukan Para Komando Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja, Pasukan Pengawal PM Kamboja, dan Pasukan Penjaga Perdamaian Kamboja.

    Indonesia Jaya Jaya, Jayalah negari ku. 

     

    Sumber: Sindonews.com

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    3 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 204 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro