Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana, Ini Caranya - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR.com

Marcelia nabilah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Sabtu, 2 Juli 2022 12:06 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana, Ini Caranya

    Tulisan ini tentang cara menajdi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.

    Dibaca : 735 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kedewasaan adalah suatu keadaan di mana seseorang mampu berpikir dan bertindak secara cerdas.
     
    Menjadi tua itu pasti tetapi menjadi dewasa adalah pilihan, kedewasaan bukanlah berapa lama kamu hidup di dunia, kedewasaan tidak ada hubungannya dengan usia tetapi kedewasaan lebih berkaitan dengan bagaimana kita menggunakan hidup kita dengan bijaksana.
     
    Ada orang yang lebih muda dari kita, tetapi lebih tenang, lebih sabar, tidak pernah mengeluh, bisa memahami orang lain dan memiliki konsep hidup yang jelas. Banyak orang yang sudah tua tetapi pikirannya masih muda karena masih bisa melihat dunia dengan cara yang kekanak-kanakan.
     
    Beberapa orang mungkin terlihat dewasa meskipun masih muda, karena mereka memiliki penilaian yang baik. Wajarnya, setiap orang ingin memiliki sifat yang bijaksana, karena itu berarti memiliki sifat-sifat yang berhubungan dengan tingkat kesadaran diri dan kepercayaan diri yang tinggi. Memiliki sifat bijaksana akan membuat kita disukai oleh orang lain dan juga membantu kita dalam kehidupan kita.
     
    Di sini kita akan belajar bersama-bersama, bagaimana sih caranya agar menjadi pribadi yang lebih dewasa?
     
    1. Memiliki Jiwa Pemberani dan Siap Menghadapi risiko
    Jangan takut untuk mengambil risiko dan menghadapi masalah; penting untuk tumbuh dan belajar hal-hal baru untuk menjadi sukses. Anda akan mengalami proses yang Anda hadapi seiring dengan perkembangan proyek Anda. Bahkan jika perubahannya tidak langsung, Anda bisa merasakannya secara bertahap dalam diri Anda.
     
    2. Bertanggung jawab Dalam Mengambil Keputusan
    Anda harus bertanggung jawab atas pilihan yang Anda buat. Ketika Anda telah membuat keputusan dan menyerahkan tanggung jawab, pastikan untuk tetap terlibat dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Tanggung jawab adalah amanah yang harus Anda jalankan, jadi jangan dilimpahkan ke orang lain.
     
    3. Berusaha Mandiri dan Tidak Bergantung Pada Orang Lain
    Kecenderungan untuk saling mengandalkan membuat Anda nyaman bekerja bersama. Penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat mengandalkan orang lain untuk membantu pekerjaan Anda. Anda perlu belajar bagaimana melakukannya sendiri.
     
    4. Berani Keluar dari Zona Nyaman dan Hadapi Semua Tantangan
    Jangan takut mengambil risiko dan mengalami masalah. Anda harus berani untuk tumbuh dan belajar hal-hal baru. Proses yang Anda hadapi akan membantu Anda berkembang. Meskipun perubahan tidak akan terjadi secara instan, Anda secara bertahap akan mulai melihat perubahan yang terjadi dalam diri Anda.
     
    5. Tidak Mudah Menyerah dan Putus Asa
    Tidak mudah menyerah dan putus asa harus dimiliki oleh manusia. Jangan menyerah jika Anda menginginkan hasil yang memuaskan - Anda harus melakukan yang terbaik untuk mencapainya.
     
    6. Belajar dan Menambah Wawasan Pengetahuan
    Menambah wawasan penting untuk tumbuh sebagai kepribadian. Makin banyak wawasan yang Anda miliki, makin banyak pengalaman hidup yang dapat Anda pelajari. Anda bisa membaca buku, mendengarkan orang tua, menonton video motivasi, membaca artikel di internet, dan masih banyak lagi sumber informasi untuk mencari referensi atau literatur.
     
    7. Gemar Berdiskusi dengan Orang Yang Lebih Dewasa
    Bergaul, bersenang-senang, mendiskusikan topik penting, dan mendapatkan saran dari orang yang lebih berpengalaman dapat membuat Anda tumbuh lebih cepat. Anda dapat mencari teman baru dan belajar lebih banyak tentang dunia dengan berteman dengan orang yang lebih tua yang memiliki lebih banyak pengalaman di dunia luar.
     
    Bagaimana? Apakah anda sudah cukup dewasa dan bijaksana?
     

    Ikuti tulisan menarik Marcelia nabilah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.