x

Iklan

Ricky Imam S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Mei 2022

Sabtu, 9 Juli 2022 17:01 WIB

Meme dan Politik

Meme merupakan sebuah gambar yang terdapat teks di dalamnya, di mana pada meme memiliki makna-makna, baik kesan, satir dan sarkas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam setiap kejadian unik yang ada di ruang lingkup masyarakat dan kejadian-kejadian tersebut telah tersebar luas dari telinga ke telinga maka dengan kreatif masyarakat dapat menjadikan kejadian tersebut menjadi sebuah lelucon yang berbentuk gambar dengan teks atau yang biasa disebut dengan meme.

Meme dapat tersebar luas melalui media sosial yang di mana isi dalam meme tersebut dapat berupa satir, bentuk komedi, dan pula banyak bentuk sarkas. 

Tidak hanya melalui kejadian-kejadian yang ada di masyarakat, meme dapat terbentuk dengan banyak hal, politik menjadi salah satu hal yang menjadikan para kreator meme dengan kreatif membuat meme, berdasarkan kejadian politik yang sedang beredar di masyarakat. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meme politik yang diunggah dalam media sosial merupakan sesuatu yang lucu, satir, serta sarkas karena dalam meme politik yang menceritakan tentang suatu topik yang hangat di masyarakat dapat menggambarkan sebuah cerminan dari kesan-kesan mereka terhadap meme yang terdapat pada topik tersebut. 

Meme dapat tersebar luas dengan mudah karena bahasan topik-topik dalam meme yang mengandung lelucon, satir, serta sarkas dapat diterima masyarakat karena melalui meme suara masyarakat yang bukan dari kalangan petinggi dapat tersampaikan dengan jelas.

Sebagaimana contoh meme di bawah ini yang sangat terkenal pada pemilu presiden tahun 2019. 

Meme, Sumber : Kaskus.id

Dalam gambar tersebut menarik perhatian masyarakat yang menggambarkan sebuah kesopanan terhadap orang tua bagi kalangan masyarakat Indonesia, namun yang menjadikan hal meme itu lucu ialah Sandiaga Uno merupakan saingan Ma'ruf Amin pada saat itu meminta doa restu dan di mana dia itu dikabulkan oleh kubu lawan yaitu Jokowi dan Ma'ruf Amin. 

Dalam meme tersebut dapat terlukiskan sebuah lelucon yang dapat mencairkan suasana pada pemilu presiden 2019 yang di mana pada tahun 2019 merupakan pemilu presiden terpanas karena terdapat dua kubu yang saling menjatuhkan capres dan cawapres pada saat itu.

Ikuti tulisan menarik Ricky Imam S lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler