x

Iklan

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Sabtu, 30 Juli 2022 06:14 WIB

Geber Mantapkan Proker, Mahasiswa KKN Tematik Unej Curah Pendapat dengan Pak Camat Grujugan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN Unej curahkan pendapat program kerja yang telah disepakati setiap kelompok kepada Camat Grujugan. Kegiatan ini dilaksanakan di pendopo Kecamatan Grujugan yang di hadiri oleh Drs. Hadi Sarwono selaku Camat Grujugan, Dewi Sulistiawati selaku Korcam, juga empat kordes dan sekdes dari setiap kelompok yang di bimbing oleh dr. Yudha Nurdian, M.kes. sebagai dosen pembimbing lapang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, ( 27/7/2022 ).

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan program kerja yang akan dilaksanakan ke depannya lebih terarah dan juga dapat disetujui oleh Camat. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh bapak Hadi selaku camat Grujugan yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi tiap kelompok. Kelompok pertama yaitu kelompok 267 Desa Tegal Mijin yang mengusulkan program kerja tentang produk Biocharcoal, Sosialisasi kesehatan, dan juga acara HUT RI ke-77.

Selanjutnya dari kelompok 268 desa Taman membahas mengenai UMKM Kerupuk Bayam, Tempe Bintang Mas, dan Tahu bapak Taufik. Selain itu kelompok desa taman juga menjelaskan mengenai program kerja sampingan yang berkaitan dengan posyandu, HUT RI, dan juga pendataan UMKM Desa Taman.  Untuk kelompok selanjutnya yaitu kelompok 269 Desa Grujugan Kidul yang memaparkan program kerja tentang Literasi Dasar Desa “LITASA”  dan bekerja sama dengan Karang Taruna. Kelompok keempat yaitu kelompok 270 Desa Dadapan yang memaparkan program kerja tentang pemberdayaan UMKM anyaman bambu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dalam kegiatan ini tiap kelompok mendapatkan saran dan juga arahan dari bapak Hadi terkait program yang sudah dipaparkan. Untuk kelompok 267 Desa Tegal Mijin mendapatkan arahan untuk melakukan demo pembuktian dan juga perbandingan produk yang diciptakan dengan produk yang lain. Kelompok 268 Desa Taman mendapatkan arahan untuk menuangkan inovasi baru terkait produk UMKM Krupuk Bayam, seperti membuat inovasi rasa yang berbeda dari sebelumnya.

Selanjutnya kelompok 269 Desa Grujugan Kidul mendapatkan arahan untuk dapat mengoptimalkan potensi pemuda yang ada di desa dengan harapan program literasi di Desa Grujugan Kidul dapat berkelanjutan. Selain itu kelompok Grujugan Kidul juga diarahkan untuk bekerja sama dengan Pemkab Bondowoso karena Pemkab juga memiliki program yang sama yaitu litersi. Dan untuk kelompok 270 Desa Dadapan pak Hadi mengarahkan untuk melakukan perbandingan antar kader Posyandu yang telah dibentuk dengan program kerja kerajinan. Selain itu kelompok Desa Dadapan juga diminta untuk melakukan pemasaran terkait kerajinan tersebut.  Dengan adanya arahan dari camat membuat tiap kelompok semakin mantap dalam proses pelaksanaan program kerja KKN untuk kedepannya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa KKN kecamatan Grujugan mampu mengembangkan potensi desa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler