Mahasiswa KKN Kelompok 422 Unej Bantu Mendata dan Buat Papan Informasi UMKM di Desa Olean, - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

kkn422 olean

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Juli 2022

Selasa, 2 Agustus 2022 08:22 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Kelompok 422 Unej Bantu Mendata dan Buat Papan Informasi UMKM di Desa Olean,


    Dibaca : 188 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Rabu (27/07/2022) Kelompok KKN 422 UMD periode II Universitas Jember Melaksanakan Survey dan pendataan kepada seluruh UMKM yang berada di Desa Olean. Di Desa Olean ini terdapat 20 UMKM yang bergerak di berbagai bidang (Industri Makanan, Kerajinan Tangan, Konveksi)

    Kepala Desa Olean, Ansori, Menyampaikan Bahwasannya dengan kehadiran Mahasiswa KKN di Desa kami dan melakukan pendataan seluruh UMKM yang berada di Desa Olean begitu membantu perangkat desa dalam mengetahui UMKM yang masih ada dan yang sudah tutup produksi.

    UMKM yang terlalu banyak dan tidak terorganisir menjadi dasar kegiatan mahasiswa itu berlangsung.

    “Saat ini pemerintah desa masih belum memperbarui data jumlah UMKM yang berada di Desa Olean, maka dari itu saya mengharapkan kepada teman-teman mahasiswa KKN untuk ikut andil berpartisipasi dalam pendataan UMKM tersebut,” katanya.

    Dengan banyaknya jumlah UMKM di Desa Olean, maka mahasiswa KKN membagi kegiatan pendataan ini menjadi 4 kelompok.

    “Pembagian kelompok tersebut dimulai dari Olean Selatan, Olean Tengah, Olean Barat, Olean Krajan, Kandang Utara dan Kandang Barat, sehingga kami mengetahui informasi UMKM secara rinci,” kata Ujik salah satu mahasiswa KKN di Desa Olean.

    Ujik juga Menambahkan ada beberapa industri baru yang tumbuh setelah pandemi Covid-19.

    “Terdapat penambahan industri UMKM di Desa Olean yaitu industri kerupuk dari ikan-ikan laut yang sedang dikembangkan masyarakat saat ini berjumlah 4 Home Industry, dengan penambahan ini jumlah industri yang awalnya berjumlah 16 menjadi 20, ujarnya.

    Data yang diperoleh mahasiswa tersebut akan ditindaklanjuti dengan pembuatan papan informasi desa mengenai potensi di masing-masing dusun yang ada di Desa Olean.

    “Papan informasi yang akan dibuat ini rencananya diletakkan di tempat yang strategis agar dapat dijangkau oleh masyarakat desa maupun masyarakat luar yang mengunjungi wisata di Desa Olean,” tutur Aulia, Koordinator Desa Olean.

    Ikuti tulisan menarik kkn422 olean lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.