4 Alasan Penting Kita Harus Menjunjung Tinggi Toleransi Beragama - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi Toleransi. Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Juandi Manullang .

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2019

Minggu, 7 Agustus 2022 06:12 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • 4 Alasan Penting Kita Harus Menjunjung Tinggi Toleransi Beragama

    Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penting sekali kita semua untuk hidup toleran. Tujuannya agar dinamika kehidupan berjalan dan kita bisa beraktivitas dengan semangat. Jikalau tidak ada toleransi, sudah pasti kita akan hidup dalam kegaduhan.

    Dibaca : 432 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dalam menjalani kehidupan di tengah kemajemukan, penting sekali buat kita untuk mau menjaga toleransi hidup beragama. Hal itu merupakan sesuatu yang penting demi terciptanya kenyamanan dan kedamaian hidup. Sebagai warganegara yang baik, memang sudah seyogianya kita turut serta dalam membangkitkan semangat keberagaman agar negeri ini semakin baik dan semakin damai. 

    Jikalau tidak ada toleransi, sudah pasti kita akan hidup dalam kegaduhan dimana sesama anak bangsa ribut karena masalah agama atau kepercayaan. Sebab itu, penting sekali agar kita menjaga toleransi hidup. Jangan sampai karena kita ribut masalah agama membuat negara ini hancur dan kita juga mengalami kesulitan dan penderitaan. Tentu saja, banyak manfaat bila kita mau untuk menjaga toleransi. 

    Berikut 4 (empat) alasan penting jika kita tidak menjunjung tinggi toleransi beragama.

    1. Menciptakan kebersamaan

    Hidup dalam sebuah negara, penting sekali namanya kebersamaan diantara warganegara. Kita harus memahami bahwa dengan kebersamaan akan menciptakan keindahan. Keindahann itu akan memunculkan keharmonisan hidup dan juga memberikan ketenangan buat kita untuk terus beribadah sesuai agama dan kepercayaan kita masing-masing. 

    Dengan begitu, kita dapat hidup tenang, nyaman dan terhindar dari segala masalah yang menyerang pribadi maupun negara kita. Dengan adanya kebersamaan maka kita akan lebih bersemangat dalam beraktivitas. Bukan itu saja, kita juga akan lebih komunikatif dengan orang lain karena kebersamaan tersebut.

    2. Menghindari terjadinya kekerasan

    Berbicara mengenai agama, itu adalah isu yang sangat sensitif. Jika kita menghina agama orang lain, maka kekerasan bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, toleransi hidup beragama itu sangatlah penting. Kita sudah punya pengalaman selama ini, dimana karena isu agama dilecehkan membuat terjadinya kekerasan pada oknum tertentu. Tentu saja hal tersebut tidaklah baik buat kita dikarenakan kita harus memainkan fisik dan melukai orang serta merampas haknya untuk hidup sehat dan terhindar dari kekerasan. 

    Kita harus bisa memahami bahwa dalam perjalanan hidup di tengah masyarakat tidaklah mudah. Kita harus bisa menjaga hati setiap masyarakat untuk mencegah terjadinya kekerasan. Kita harus bisa saling memahami bahwa kita hidup dalam sebuah negara yang majemuk sehingga kita tidak boleh saling mencemarkan agama dan kepercayaan orang lain.

    3. Terhindar dari ancaman pidana

    Menjaga toleransi berarti membantu kita terhindar dari ancaman pidana. Kita pasti sudah mengetahui bahwa menghina atau menista agama lain, ancamannya adalah pidana penjara.

    Bagi kita yang tak ingin tersangkut pidana maka tetaplah jaga toleransi hidup beragama agar negeri ini lebih baik. Kita tidak tersiksa oleh jeruji besi dan masih bisa berkumpul bersama sanak keluarga. Kita harus berhati-hati dalam setiap tindakan kita. Jangan sampai apa yang kita ucapkan, menyakitkan hati agama lain sehingga kita harus berhadapan dengan hukum.

    4. Memajukan kehidupan bangsa

    Hal terakhir adalah memajukan kehidupan bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mau bersatu dan tidak ikut dalam konflik. Mau mengedepankan toleransi bisa beragama berarti kita mau untuk maju.

    Dengan adanya kemajuan maka hidup akan menjadi lebih baik. Tidak ada gunanya bertengkar atas nama agama, karena itu hanya merugikan kita saja. Lebih baik kita ciptakan ketenteraman demi kemajuan bersama.

    Dengan adanya 4 (empat) hak tersebut semoga membuat kita lebih baik dalam menjaga ketenteraman di negeri ini. Sudah saatnya kita bersama-sama menciptakan kemajuan untuk negeri. Salam damai.

     

    Ikuti tulisan menarik Juandi Manullang . lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.