x

Sosialisasi anti anemia dan demonstrasi memasak brownies SETIA

Iklan

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 05:48 WIB

Mahasiswa KKN Unej Demonstrasikan Brownies Anti Anemia Melalui Gerakan Remaja SETIA

Mahasiswa KKN UNEJ melakukan sosialisasi anti anemia dan Demonstrasikan Brownies Anti Anemia Melalui Gerakan Remaja SETIA

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bondowoso, 11 Agustus 2022 –  Anemia merupakan keadaan ketika kondisi tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin) sehingga tubuh tidak cukup mendapat oksigen. Remaja putri yang menderita anemia akan berisiko menjadi wanita usia subur yang juga akan mengalami anemia dan selanjutnya menjadi ibu hamil anemia, bahkan juga mengalami kurang energi protein. Ini meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan stunting, komplikasi saat melahirkan serta beberapa risiko terkait kehamilan lainnya.

Gerakan Remaja SETIA (Sehat Tanpa Anemia) merupakan gerakan remaja putri yang digalakkan oleh mahasiswa KKN Unej Kelompok 268 dibawah bimbingan dr. Yudha Nurdian M.Kes. dan beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chanda Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa untuk melakukan pencegahan anemia pada remaja putri dan wanita usia subur khusunya di Desa Taman. Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi mengenai anemia dan demonstrasi produk makanan sehat berupa “Brownies SETIA” yang berbahan dasar biji nangka (beton) yang banyak mengandung zat besi.

Program ini dihadiri oleh perangkat desa, kader posyandu remaja, mahasiswa PPL dari kampus lain, dan siswi MTsS/MAS Al-Faruq. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh bapak kepala desa dan perwakilan dari babinsa Desa Taman. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi dengan sub topik berupa definisi anemia, perbedaan anemia dan darah rendah, dan pencegahan anemia oleh mahasiswa KKN Unej kelompok 268. Sosialisasi ini juga disertai dengan diskusi interaktif untuk memantapkan pemahaman peserta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi cara membuat “Brownies SETIA”. Pembuatan brownies ini dilakukan oleh peserta sosialisasi yang dipandu oleh mahasiswa KKN Unej Kelompok 268. Peserta merasa senang dan menikmati proses kegiatan memasak tersebut meskipun berlangsung dengan kehectic-an. Kegiatan memasak ini juga dapat merekatkan hubungan antara mahasiswa KKN dengan remaja setempat.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan ini sehingga diharapkan remaja putri dapat membentengi diri sendiri dari resiko anemia dan dapat menyebarkan ilmunya ke masyarakat luas. Selain itu “Brownies SETIA” berbahan dasar biji nangka dapat menjadi ide inovatif yang bernilai komersil dan menjadi alternatif pencegahan anemia yang lezat dan nikmat untuk dikonsumsi.

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu