x

Iklan

KKN UNEJ Desa Tegalmijin - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Senin, 15 Agustus 2022 13:45 WIB

Mahasiswa KKN Unej Terapkan Higiene Mulut dan Tangan pada Murid SD di Tegal Mijin

Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 267 melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan cuci pada SD 1 Tegal Mijin sebagai upaya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. DPL: dr. Yudha Nurdian, M.Kes

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan (Dokumen pribadi)

Dalam rangka menjaga lingkungan yang sehat, Mahasiswa KKN Unej Kelompok 267 yang beranggotakan Pinsensius Andreas, Risang Hadi Wasesa, Fandika Firman Wijaksana, Tusiana Putri Nelumbium, Widya Lestari, Dwi Mutia Hassny, Novinka Sinta Isnainiyah, Nafila Syahrani, dan Siti Hamidah bersama dr. Yudha Nurdian, M.Kes sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyusun suatu program kerja, yaitu penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan.

Pada tanggal 3 Agustus 2022, Kelompok KKN 267 telah melaksanakan salah satu program kerja yang telah disusun, yaitu penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan yang dilaksanakan di SD 1 Tegal Mijin Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso sebagai salah satu bentuk upaya dalam menerakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah maupun rumah sedari dini. Tujuan dari adanya kegiatan ini agar anak terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari diri sendiri agar dapat meningkatkan kesadaran anak mengenai pentingnya cara mengosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar. Sebelum kegiatan diselenggarakan, Kelompok KKN 267 melakukan koordinasi terkait kegiatan penyuluhan dengan Bapak Hadi selaku perawat desa Tegal Mijin dan beberapa divisi kesehatan lainnya untuk memantapkan materi penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan yang akan diberikan. Kelompok KKN 267 juga bekerja sama dengan Puskesmas Grujugan yang dibantu oleh Bapak Hari sebagai perawat gigi dalam memberikan pengarahan terkait penyuluhan kesehatan gigi dan tata cuci tangan yang akan dilaksanakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan penyuluhan Mahasiswa KKN Unej Kelompok 267

Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan (Dokumen pribadi)

Kegiatan diawali dengan membagi dua kelompok, kelompok pertama di pimpin oleh Siti Hamidah yang beranggotakan Fandika Firman Wijaksana, Novinka Sinta Isnainiyah, dan Dwi Mutia Hassny sedangkan kelompok 2 dipimpin oleh Nafila Syahrani yang beranggotakan Tusiana Putri Nelumbia, Widya Lestari, dan Pinsensius Andreas. Setelah membagi kelompok, masing-masing kelompok menuntun anak-anak dari kelas 1 sampai kelas 3 SD 1 Tegal Mijin sebagai target penyuluhan yang dilakukan di ruangan kelas yang berbeda. Kemudian, para anggota kelompok yang akan memberikan materi melakukan perkenalan dengan anak-anak dan menyanyikan lagu tentang ajakan menyikat gigi untuk mencairkan suasana. Selanjutnya, penyuluhan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai kesehatan gigi dan cuci tangan, khususnya menggosok gigi dan mencuci tangan dengan baik dan benar. Setelah materi diberikan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan tantangan sederhana serta pemberian hadiah bagi anak yang berani maju kedepan untuk menjawab pertanyaan atau melakukan tantangan yang diberikan. Kemudian, kelompok KKN 267 mengajak anak-anak untuk langsung mempraktekan cara menggosok gigi dan cuci tangan di luar ruangan.

Kegiatan penyuluhan Mahasiswa KKN Unej Kelompok 267

Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan (Dokumen pribadi)

Adapun kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dengan adanya antusiasme dari anak-anak SD 1 Tegal Mijin ketika kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan berlangsung sebagai upaya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan mengajarkan anak-anak untuk hidup bersih dan sehat melalui penyuluhan kesehatan gigi dan cuci tangan yang telah dilakukan, maka diharapkan kebiasaan ini dapat terus dilakukan hingga menyebar, tak hanya dalam lingkup anak-anak namun juga masyarakat umum.

 

 

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Tegalmijin - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler