x

Iklan

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 18 Agustus 2022 22:46 WIB

6 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

namun mata dan otak menolaknya dan jika keadaan ini dipaksakan bahkan suara bising dari luar rumah atau suara jam dinding akan terdengar nyata dan jelas keadaan itulah yang akan membuat seseorang mengalami depresi dan juga insomnia olehkarena itu kali ini kami akan membagikan 6 cara mudah mengatasi insomnia khusus buat kamu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada dasar nya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar delapan jam sehari. Namun karena keadaan atau penyebab tertentu insomnia dapat menyerang saat hendak tidur. Ini bisa membuat banyak orang depresi. B

ayangkan saja rasa lelah karena seharian beraktivitas membuat tubuh ingin tertidur lelap, amun mata dan otak menolaknya. Jika keadaan ini dipaksakan bahkan suara bising dari luar rumah atau suara jam dinding akan terdengar nyata dan jelas. Keadaan itulah yang akan membuat seseorang mengalami depresi dan juga insomnia.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan enam cara mudah mengatasi insomnia khusus buat kamu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rajin Berolahraga

Olahraga bukan hanya untuk mengurangi berat badan, kebugaran tubuh dan membentuk otot saja tetapi dengan olahraga kamu juga dapat lebih banyak manfaat dan salah satunya adalah mencegah dan mengobati insomnia, dan berdasarkan penelitian dari seorang psikolog bernama Glazer Baron, mangatakan bahwa olahraga adalah salah satu cara paling ampuh agar kamu dapat tertidur dengan lelap lalu gerakan olah raga apa saja sih?

Salah satu gerakan yang paling mudah dan bisa kamu lakukan adalah bear hug dan gerakan nya nya adalah, lakukan posisi tangan memeluk tubuh yaitu tangan kanan menyentuh sisi kiri tubuh, dan tangan kiri menyentuh sisi kanan tubuh, Gerakan ini dapat meregangkan otot menjadi relaks lakukan gerakan bear hug selama 5 menit saja, dan rasakan manfaatnya.

Jika kamu menginginkan gerakan yang agak berat coba kamu lakukan push-up, sit-up, plank, dan squats, mungkin beberapa dari kamu sudah mengerti dengan gerakan gerakan yang sudah kami sebutkan tadi, karena olahraga-olahraga yang kami sebutkan tadi sudah cukup populer di dunia olahraga, coba kamu lakukan selama 20 detik untuk plank, dan 20 kali untuk push-up, sit-up, dan squats.

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan nya dengan meditasi saja untuk mengatur pernapasan lakukan meditasi pernapasan selama 25 menit yang akan membantu kamu untuk relaks sehingga membuat tidur kamu semakin nyenyak, jadi kamu tidak harus melakukan semua gerakan yang kami sarankan di atas cukup pilih gerakan yang kamu suka dan lakukan secara rutin 3 hari sekali atau 2 kali seminggu kamu suka gerakan olahraga yang mana?

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mungkin banyak dari kamu sering mengalami susah sekali tidur padahal esok hari banyak pekerjaan yang harus kamu kerjakaan, semakin malam bukan nya semakin ngantuk justru malah semakin segar dan susah sekali untuk memejamkan mata, sudah coba melakukan berbagai posisi tidur menghadap kanan namun tetap saja mata kamu tidak mau terpejam, nahh jika kamu sedang dalam keadaan ini sebaiknya Jangan terlalu dipaksakan, cobalah metode yang satu ini dengan merileksasikan tubuh kamu dengan mandi air hangat cara ini sangat efektif untuk menenangkan tubuh dan pikiran agar lebih cepat hanyut dalam mimpi dan mengapa harus air hangat?

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di University of Freiburg Jerman, diketahui fakta bahwa mandi dengan air hangat pada saat malam hari dapat mengatasi depresi dan juga insomnia, bahkan ini jauh lebih ampuh daripada kamu olahraga aerobik peneliti menyatakan bahwa mandi air hangat dapat menciptakan ritme sirkadian yang dapat mengontrol fungsi organ manusia.

Namun jika kamu memiliki kulit yag bertipe kering mandi air hangat bukan solusi yang tepat Karena dapat memicu terjadinya kulit yang mengelupas, Jika memang benar-benar tidak bisa tidur dan terpaksa mandi air hangat cukup panaskan pada suhu maksimal 40 derajat celsius saja, maka kamu dapat dengan nyaman mandi air hangat.

Meminum Susu Hangan Sebelum Tidur

Setelah kamu melakukan mandi air hangat jangan lupa lengkapi terapi tidur kamu dengan meminum segelas susu hangat, kamu boleh meminum susu varian rasa apa saja susu vanila, coklat, stroberi, atau rasa lainnya, asalkan itu rasa kesukaan kamu, Memangnya apa sih yang menyebabkan susu hangat dapat membuat tidur semakin nyenyak? Sebenarnya ada 2 faktor, yaitu psikologis dan fisiologis.

Faktor yang pertama yaitu psikologis, terjadi karena ketika kamu meminum susu hangat dapat memicu sensasi relaksasi yang dapat menimbulkan rasa kantuk dan Selain itu susu hangat juga dapat membuat otot menjadi lebih tenang dan relaks, Sedangkan untuk yang faktor kedua yaitu fisiologis, terjadi karena kandungan magnesium dan kalsium membantu membuat relaksasi muscle contraction sehingga dapat mempercepat relaksasi otot-otot kamu yang tegang.

Agar kamu dapat meminum segelas susu tanpa rasa takut dan cemas dengan kandungan lemak nya yang tinggi dan juga gulanya, sebaiknya kamu memilih susu yang plain dan low fat, jenis susu ini Banyak banget kok perusahaan susu bermerek yang memproduksi susu seperti itu, Untuk jenis susu UHT kamu dapat memanaskannya hingga sekitar suhu mencapai 60 derajat celsius sehingga ketika kamu minum terlalu panas langsung selamat mencobanya!

Mengatur Waktu Tidur Kamu

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa orang dewasa membutuhkan paling tidak tidur rata-rata 8 jam lal ini berguna untuk mengoptimalkan regenerasi sel-sel yang rusak dan mengurangi stres karena aktivitas sehari-hari, Setelah mengerti lama waktu tidur yang dibutuhkan maka sekarang kamu wajib mengatur waktu atau jadwal tidur kamu dengan baik lalu bagaimana caranya?

Untuk mengatur waktu tidur kamu caranya sangat mudah dan sederhana mungkin salah satu caranya adalah dengan mengatur alarm di jam atau handphone sesuai waktu yang ingin kamu tentukan sendiri, dan tentunya asalkan berdurasi 8 jam misalnya kamu menjadwalkan tidur jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi, maka kamu harus mengatur alarm dengan waktu tersebut.

Atau jika kamu terbiasa tidur di jam 10 malam maka kamu harus mengatur alarm jam 6 pagi agar pas 8 jam, Intinya jangan terbiasa mengubah waktu atau jadwal tidur kamu, agar tubuh dan pikiran kamu dapat memberikan sinyal ‘ingin tidur’ secara otomatis dan terjadwal. Selamat mencobanya!

Jangan Mengkonsumsi Kopi, Alkohol, dan Rokok

Mungkin banyak orang yang masih percaya kalau meminum kopi akan menyebabkan kamu susah untuk tidur tapi Sebenarnya minum kopi tidak menyebabkan kamu susah tidur atau insomnia, lho! Namun hal itu berlaku jika kamu meminumnya saat pagi dan siang hari karena ketika kamu meminum kopi kafein dalam kandungan kopi akan larut sekitar 5 hingga 7 jam setelah kamu mengkonsumsinya, Nah, untuk menghindari insomnia karena kafein maka jangan minum kopi kurang dari 7 jam sebelum tidur, ya!

Namun bagi orang yang sensitif terhadap kafein akan membuatnya larut lebih lama dan menimbulkan efek samping seperti gangguan pencernaan, gelisah, dan jantung berdebar maka dari itu jika kamu tidak terbiasa minum kopi, sebaiknya hindari saja, ya!

Lalu yang kedua adalah hindari minum alkohol mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa meminum alkohol dapat mempercepat tidur, namun itu salah besar meminum alkohol memang dapat membuat tertidur di awal, namun akan terbangun lagi di pertengahan malam, sehingga memotong waktu istirahat kamu dan selain itu minum alkohol juga memicu gangguan pernapasan dan mimpi buruk.

Dan yang terakhir adalah hindari merokok selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan tubuh, merokok juga dapat menyebabkan insomnia akibat kandungan nikotin yang terlalu banyak tidak hanya itu tidur kamu juga akan menjadi tidak nyenyak akibat panggilan untuk merokok saat tidur sehingga kamu akan terbangun hanya untuk membakar roko sangat Tidak nyaman, kan?

Hindari Menggunakan Gadget Dan Membuka Sosial Media

Gadget seperti smartphone, televisi, komputer, dan laptop memang sangat membantu untuk mengisi aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Namun penggunaan gadget yang berlebihan ternyata tidak baik untuk kesehatan kita, salah satunya menyebabkan insomnia.

Bayangkan saja jika kamu terlanjur jatuh cinta dengan drama Korea dan ketagihan untuk nonton sampai tamat maka secara tidak sadar, waktu istirahat kamu akan terpotong dan jika dilakukan terus-menerus akan menimbulkan insomnia karena terbiasa tidur hingga tengah malam, bahkan hingga fajar.

So, gunakan gadget seperlunya saja dan jika waktu tidur tiba matikan seluruh gadget kamu, dan fokus untuk istirahatkan mata dan tubuh kamu ingat jika kamu kurang tidur tentu saja akan mendatangkan banyak penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan aneurisma. Mengerikan, ya?

Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler