x

Peran guru tak tergantikan oleh teknologi

Iklan

Yogi Saputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Oktober 2022

Minggu, 2 Oktober 2022 07:06 WIB

Guru Abad 21

Peran Guru Dalam Menghadapi Abad 21

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

                                                       GURU ABAD 21

Peran guru kini sangatlah penting ,mengingat proses belajar di jaman yang terus berkembang, dituntut guru–guru yang profesional dalam bidangnya. Di abad 21, pekerjaan guru merupakan pekerjaan yang kompleks dan tidak mudah seiring dengan perubahan besar dan cepat pada lingkungan sekolah yang didorong oleh kemajuan ilmu dan teknologi, perubahan demokrasi, globalisasi dan lingkungan.

Kemajuan tehnologi memberi pengaruh besar terhadap  sikap dan cara belajar siswa, sehingga dituntut guru-guru yang professional. Guru profesional tidak lagi sekedar guru yang mampu mengajar dengan baik melainkan guru yang mampu menjadi pembelajar dan agen perubahan sekolah, dan juga mampu menjalin dan mengembangkan hubungan untuk peningkatan mutu pembelajaran di sekolahnya. Untuk itu, guru membutuhkan pengembangan profesional yang efektif yaitu pembimbingan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di abad  21 memerlukan guru yang benar benar menguasai teknologi pembelajaran ,sehingga tidak ditemukan lagi pembelajaran yang monoton yang berdampak membodsankan bagi siswa.Di sisi lain siswa sudah mengenal berbagai macam media yang lebih menarik .Apabila guru masih jalan ditempat dalam mengajar tentu saja akan terkalahkan dengan berbagai media lain yang lebih menyenangkan. Tugas guru saat ini bukan sekedar menyampaikan pengetahuan ,namun ketrampilan dan sikap siswa juga harus menjadi tolok capaian dalam pembelajaran. Pembimbingan merupakan salah satu strategi efektif untuk peningkatan profesionalitas guru abad 21. Melalui pembimbingan, mungkin terbangun hubungan profesional dan juga komunitas pembelajar profesional di sekolah yang efektif untuk meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran di sekolah.

Pelaksanaan pembimbingan yang efektif perlu mempertimbangkan hal-hal yang mempengaruhi mutu hubungan pembimbingan seperti: strukturorganisasi pembimbingan, kontrak kerja, mutu pembimbing, aktivitas dalam sesi-sesi awal hingga akhir pembimbingan. Untuk menguatkan fungsi dan manfaatnya, pembimbingan perlu diprogramkan. Hal ini membutuhkan perubahan struktur, budaya dan juga dukungan kepemimpinan dari sekolah dan juga insititusi terkait.Kesiapan sarana dan prasarana yang ada di sekolah menjadi hal pokok dalam pelaksanaan bimbingan pengetahuan, sikap dan ketrampilan  dalam membangun karakter peserta didik.sehingga setelah lulus dalam suatu satuan pendidikan siswa dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada di masyarakat.

Tantangan lingkungan belajar yang sangat kompleks, kemajuan teknologi yang tidak seluruhnya memuliki pengaruh positif dalam dunia pendidikan, sehingga diperlukan keuletan dan kegigihan guru dalam menjalankan tugas profesionalismenya.

Ikuti tulisan menarik Yogi Saputra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler