x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 17 Oktober 2022 11:41 WIB

Orang Tua Perlu Tahu 5 Manfaat Anak Mengisi Waktu di Taman Bacaan

Orang tua kelimpungan mengurus anak saat di lura sekolah. Inilah 5 manfaat anak mengisi waktu di taman bacaan, apa saja?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin, banyak orang tua tidak tahu manfaat anak-anak di taman bacaan. Bukan hanya sekadar membaca buku. Tapi juga menapat motivasi bahkan nasihat-nasihat baik yang belum tentu dapat dilakukan orang tua di rumah. Apalagi untuk anak-anak yang sehari-harinya hanya main atau nongkrong tidak jelas. Bikin gundah hati orang tua. Lalu, kenapa orang tua tidak menyuruh anak-anaknya untuk ke taman bacaan?

 

Zaman begini, tidak sedikit orang tua yang menyesal. Karena merasa bersalah dalam mendidik anak. Hanya tahunya sekolah, kasih jajan, tanpa ada nasihat sedikitpun. Padahal di luar sana, pergaulan yang salah akhirnya “membenamkan” anak-anak ke jurang sikap dan perilaku yang buruk. Maka, mumpung belum terlambat, orang tua sangat perlu untuk evaluasi diri. Apa sebenrnya nasihat baik yang sudah dilakukan untuk anak-anaknya? Sekalipun hanya menyuruh ke taman bacaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Anak-anak hari ini sangat memprihatinkan. Main handphone jadi bikin malas gerak, nongkrong dan main di luar rumah sampai tidak kenal waktu. Menonton TV atau main game pun sama sekali tidak bermanfaat. Karena tidak ada nilai-nilai pendidikan yang ditanamkan. Katanya waktu sangat berharga. Bilangnya waktu harus digunakan sebaik mungkin. Tapi semua itu tidak ada guna bila tidak diimbangi nasihat. Hingga menyesal kemudian.

 

Jadi, apa sih manfaat anak-anak ke taman bacaan?

Selain membaca buku dan mengisi waktu untuk kegiatan positif, setidaknya ada 5 (lima) manfaat anak-anak datang dan mengisi waktu ke taman bacaan, yaitu:

  1. Berlatih sosialisasi diri. Agar mampu berinteraksi dan ngobrol teman sebaya dengan sikap ramah dan sopan santun.
  2. Belajar akhlak yang baik. Karena di taman bacaan selalu dinasihat akan pentingnya akhlak yang baik sehingga bisa terbawa sampai ke rumah.
  3. Mendapat motivasi dan nasihat. Agar anak-anak dibekali cara-cara dan perilaku baik untuk mempersiapkan masa depannya secara lebih baik. Bukan hanya sekolah tapi motvasi diri untuk berkompetisi yang sehat.
  4. Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Daripada main games atau nongkrong tidak jelas lebih baik berada di taman bacaan karena aktivitasnya positif.
  5. Membaca buku. Untuk menambah ilmu pengetahuan dan melatih kemampuan berbahasa, khususnya minat membaca dan pemahaman terhadap isi bacaan.

Itulah 5 manfaat anak-anak berada di taman bacaan. Tentu, membaca buku bukan untuk pintar. Tapi untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan yang positif. Di samping mampu bersosialisasi diri dengan rekan-rekan sebaya.

 

Berangkat dari manfaat itulah, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak selalu komitmen untuk membantu orang tua dalam memfasilitasi kegiatan membaca buku. Di samping memberikan nasihat baik yang berguna untuk anak-anak dalam urusalan sekolah, pergaulan, dan bahkan masa depan. Dengan jam baca seminggu 3 kali (rabu, Jumat, dan Minggu), anak-anak TBM Lentera Pustaka selalu dimotivasi untuk selalu datang ke taman bacaan sebagai penyeimbang kegiatan harian si anak-anak.

 

Sekali lagi, mumpung masih ada waktu. Ajarkan anak-anak untuk selalu berkegiatan positif. Mengisi waktu dengan aktivitas yang bermanfaat. Agar tidak menyesal di kemudian hari. Gunakan waktu sebaik mungkin agar tidak merugi di kemudian hari. Karena tanpa baca, siapa pun akan merana di masa depan. Salam literasi #BacaBukanMaen #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini