x

Iklan

Adam Kurnia Sakti Erlista

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Rabu, 26 Oktober 2022 18:21 WIB

Pengaruh Cybercrime Terhadap Keamanan Internasional dan Bagaimana Indonesia Menghadapinya?


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komputer mungkin menjadi sebuah alat yang banya digunakan oleh manusia, di berbagai negara pengaruh adanya komputer mampu menyelesaikan berbagai masalah dan membantu perkembangan manusia modern. Alat yang digunakan oleh manusia tersebut tentu diciptakan oleh manusia melalu otak–otak profesor didalamnya. Sebegitu canggihnya perkembangan terknologi manusia modern sehingga perkembangan ini berkembang pesat dan mampu dipahami oleh manusia. Manusia yang telah memahami perkembangan yang terjadi pada teknologi dapat berpengaruh dan mampu menyelesaikan serta membantu berbagai permasalahan. Namun teknologi yang telah diciptakan tidak pula membantu permasalahan, namun ada sebagian orang yang menggunakan teknologi tersebut dengan niat yang salah atau niat jahat.

Kejahatan dunia maya dapat membahayakan keamanan dan kesehatan keuangan seseorang. Bukan hanya seseorang yang akan berpengaruh terhadap kejahatan didunia maya, namun adanya pengaruh nasional bahkan internasional yang akan membahayakan informasi – informasi yang bersifat sangat rahasia yang dapat menciptakan permasalah di public nasional hingga internasional. ada banyak informasi pemerintahan yang bersifat privasi. Informasi yang seharusnya dicegah dan tidak boleh diungkapkan secara sah maunpun tidak sah.

Masalah kejahatan yang diciptakan oleh teknologi yang disalahgunakan dapat meretas dan melibatkan adanya informasi yang bersifat hoaks, spionase, pencurian keuangan dan kejahatan lintas batas lainnya. Kejahatan ini melintasi berbagi perbatasan internasional dan melibatkan tindakan yang setidaknya satu negara atau bangsa yang kadang – kadang disebut sebagai perang dunia maya. Warren Buffet menggambarkan kejahatan dunia maya sebagai masalah nomor satu bagi umat manusia dan menimbulkan reriko nyata bagi kemanusiaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengertian cybercrime adalah aktivitas criminal yang menargetkan atau menggunakan komputer, jaringan komputer atau perangkat jaringan. Sebagina besar kejahatan dunai maya dilakukan oleh penjahat dunia maya atau peretas yang ingin menghasilkan uang. Namun, terkadang kejahatan dunia maya bertujuan untuk merusak komputer atau jaringan untuk alasana selain keuntungan, hal ini bisa bersifat pribadi maupun politik. bisa marambat kepada individu, nasional dan bahkan internasional. Cybercrime dapat dilakukan oleh individu atau sebuah organisasi yang mempunya niat untuk melakukan kerjahatan, diketahui bahwa beberapa penjahat terorganisir menggunakan Teknik – Teknik canggih dan terampil. Namun, secara awam lainnya adalah hacker pemula.

Lalu adanya kejahatan dunia maya menjadi jenis serangan kejahatan dunia yang digunakan adalah serangan malware, serangan malware adalah serangan dimana system dalam komputer dan jaringan terinveksi virus dan jenis malware lainnya. Virus yang masuk kedalam komputer atau jaringan yakni virus malware dapat digunakan oleh penjahat untuk melakukan kejahatannya. Seperti contohnya yakni mencuri data rahasia dan dapat menyebabkan kerusakan data. Serangan malware menjadi terkenal pada Mei 2017, serangan ini dinamakan ransomware Wannacry. Kejahatan ini bersifat global di seluruh dunia atau internasional. malware ini digunakan untuk memeras uang dengan menahan data atau perangkat yang kemudian korban akan diminta tebusan untuk datanya agar tidak disebar luaskan oleh penjahat tersebut. Ransomwere menjalankan kejahatan di Microsoft windows. Pada saat penyerangan ransomwere WannaCry, ada kurang lebih 230.000 komputer yang dipengaruhi diberbagai negara. kurang lebih ada 150 negara. pengguna dikunci dari file mereka dan mengirim pesan yang menuntut agar mereka membayar terbusan bitcoin untuk mendapatkan kembali akses mereka. Diketahui bahwa kerugian keuangan yang disebabkan oleh Ransomwere WannaCry telah mencapai $4 Miliar. Sampai hari ini serangan tersebut menonjol karena dampak dan pengaruhnya.

Kemudian ada kasus dunia maya atau Cybercrime yang Bernama Phishing. Phishing adalah Ketika email dispam dikirim dengan tujuan komunikasi menipi penerima agar melakukan sesuatu yang merusak keamanan. Pesan spam Phishinh berisi lampiran yang terinfeksi atau tautan ke situs berbahaya atau mungkin meminta penerima untuk merespons dengan informasi rahasia. Phishing sering dijumpai pada saat ini. Dengan adanya spam masuk kedalam email yang bertujuan untuk membuka data rahasia pengguna melalui kode yang akan diterima para penjahat untuk mengakses informasi data – data penting individu maupun kelompok sekalipun.

Phisihing merambat luas dan berhasil menipu pada tahun 2018 saat piala dunia. Disebut juga dengan piala dunia penipuan 2018. Penipuan yang di sebabkan oleh teknologi dalam Phishing yang melibatkan para penggemar sepak bola piala dunia pada tahun 2018. Email yang diberikan oleh aktor kejahatan tersebut berisi tentang adanya liburan gratis atau tour gratis yang diselenggarakan oleh piala dunia ke moskow. Maka dari situ para penggemar bola yang antusias terhadap isi tautan yang ada didalamnya akan mengklik sebuah artikel atau tautan yang berisi perjalan liburan gratis ke moskow, pada saat pengguna mengklik tautan tersebut maka data dan informasi orang atau individu yang telah mengklik tautan tersebut berhasil diretas oleh pelaku kejahatan Cybercrime. Tidak seperti spam phishing yang biasa dilakukan oleh sebagian penjahatan awam dalam bidang keamanan teknologi. Namun phishing ini dilakukan oleh seorang professional yang mengkaitkan bahwa spam email itu didapatkan dari orang yang terpercaya seperti CEO atau meneger.

Tentu Indonesia harus mempersiapkan keamanan dalam teknologi jaringan rahasia serta informasi yang bersifat privasi pada negaranya. Seperti kasus yang diterima Indonesia pada tahun 2022 bahwa akun yang bernama Bjorka telah membuat keamanan informasi negara Indonesia menjadi lemah sebab akun tersebut mampu menyebarkan berbagai berita dan informansi mengenai informasi yang dipegang oleh negara Indonesia yang bersifat rahasia mampu dibobol dan disebar luaskan di internet kepada masyarakat Indonesia. pergerakan yang dilakukan oleh indonesia dalam dampak menganangani kasus Bjorka tersebut dengan memperkuat keamanan Informasi pada jaringan dan server yang dipegang khusus oleh negara Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Adam Kurnia Sakti Erlista lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan