x

Cinta lingkungan merupakan sikap yang mencerminkan rasa cinta atau kasih sayang terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.

Iklan

Nabila Maheswari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Oktober 2022

Selasa, 1 November 2022 07:21 WIB

Cinta Lingkungan Bagian dari Islam

Menjaga lingkungan sangatlah penting, karena kebersihan lingkungan bagian dari islam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air , energi surya , mineral , serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan , dengan kelembaban yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut . Cinta lingkungan merupakan sikap yang mencerminkan rasa cinta atau kasih sayang terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.

 Contoh mencintai lingkungan , yaitu tidak membuang - buang air , mematikan barang elektronik yang tidak digunakan , mematikan lampu di ruangan , dan lain - lain . Cara menjaga lingkungan dengan baik kita harus membuang sampah pada tempatnya , tidak menangkap ikan dengan bahan peledak , melakukan tebang pilih , dan melakukan penghijauan . Adapun ciri - ciri perilaku mencintai lingkungan , yaitu menghindarkan dan menyelamatkan sumber bumi dari pencemaran dan kerusakan , menghindari tindakan-tindakan yang dapat mencemari lingkungan .

Setiap manusia dialam saling membutuhkan satu sama lain . Cinta lingkungan harus diterapkan oleh semua manusia di muka bumi dan lingkungan adalah ciptaan Allah SWT . Dalam islam manusia dan lingkungan mempunyai hubungan yang sangat erat , Karena Allah swt menciptakan alam ini termasuk di dalamnya manusia dan lingkungan dalam keseimbangan dan keserasian . Keseimbangan dan keserasian ini harus dijaga agar tidak rusak . Umat islam perlu menyadari bahwa menjaga kelestarian dan mengelola lingkungan adalah bagian dari ibadah yang sangat penting .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada Surat Ar - Rum ayat 41-42 dapat dianalisa bahwa ayat ini mengharapkan seorang muslim dapat menyadari pentingnya menjaga serta melestarikan alam lingkungan, dan juga tidak membuat kerusakan terhadap alam lingkungan. Dan Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk menjaga kebersihan lingkungan karena apabila lingkungan kita bersih maka kita akan terhindar dari virus yang suka hidup di tempat yang kotor . Cara mencintai lingkungan menurut islam yaitu pertama , " Jauhilah tiga perilaku terlaknat ; buang kotoran di sumber air , di pinggir jalan , dan dibawah naungan pohon " ( HR Abu Daud , Ahmad dan Ibnu Maja ) . Kedua , menghilangkan semua yang berbahaya di jalan dan melarang untuk duduk dipinggir jalan .

Alam pun sudah memberi peringatan berupa bencana agar manusia sadar betapa pentingnya mencintai lingkungan hidup , misalnya saja bencana banjir , global warming , bahkan tanah longsor sekarang kita rasakan tidak lain adalah karena manusia yang tidak mau menjaga keseimbangan alam . Menumbuhkan kesadaran lingkungan tidaklah harus dengan cara menyelenggarakan seminar lingkungan atau melakukan bakti lingkungan besar - besaran . Namun semuanya bisa diawali dengan langkah kecil dari diri sendiri , dari lingkungan kecil dimana kita tinggal .

Ikuti tulisan menarik Nabila Maheswari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu