9 Cara Belajar Main Saham yang Perlu Diketahui Pemula - Urban - www.indonesiana.id
x

Royhan Abdul

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2022

Minggu, 13 November 2022 07:34 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 9 Cara Belajar Main Saham yang Perlu Diketahui Pemula


    Dibaca : 1.283 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mendengar cerita investor dan trader saham yang mendapat keuntungan hingga ratusan juta hanya dengan memantau pergerakan indeks saham dan terlihat mudah, rasanya membuat kita ingin mencoba jadi seorang trader saham juga. Nyatanya, menjadi investor dan trader saham tidak semudah kelihatannya. Banyak juga para investor saham berpengalaman menyarankan untuk memahami cara belajar main saham dengan baik dan benar.

    Hal itu dikarenakan untuk bermain saham tidaklah mudah, walau memiliki untung yang besar, namun kerugian yang didapat juga bisa besar jika tidak dipelajari terlebih dahulu. Maka dari itu di sini akan membahas cara belajar main saham untuk pemula. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu bagaimana cara kerja pasar saham.

    Cara Kerja Pasar Saham

    Pasar saham sebenarnya adalah cara investor untuk menukarkan saham dengan uang, atau sebaliknya. Calon investor akan pergi ke pasar saham untuk membeli saham apapun yang ditawarkan di sana. Ketika sudah membeli saham, pembeli berharap saham perusahaan yang dibelinya mengalami kenaikan supaya investor dapat untung besar.

    Sebaliknya, penjual saham, yaitu perusahaannya berharap saham mereka turun atau setidaknya tidak naik lagi. Harga saham dapat berfluktuasi setiap hari sesuai dengan berapa banyak saham yang diminta atau ditawarkan. Perusahaan yang bisnis penjualannya meningkat bisa meningkatkan nilai sahamnya dan investor akan mendapat cuan. sebaliknya, perusahaan yang bisnis penjualannya menurun nilai sahamnya akan menurun pula dan investor akan rugi.

    Banyak faktor yang menyebabkan nilai saham naik dan turun seperti, resesi, perang antar negara, bencana alam, wabah penyakit covid-19, dan masih banyak lagi. Hal itulah yang harus diprediksi dan diamati supaya investor kedepannya bisa mengambil tindakan yang mencegah kerugian. bagaimana caranya? Simak 9 cara belajar main saham di bawah ini.

    9 Cara Belajar Main Saham Yang Benar Untuk Pemula

    1. Bikin Portofolio Yang Terdiversifikasi

    Membuat portofolio yang terdiversivikasi itu penting, karena dapat mengurangi resiko kerugian kinerja secara keseluruhan. Hal itu sangat berpengaruh dalam hal pengembalian dana investor secara keseluruhan. Bagi pemula, cara termudah untuk membuat portofolio adalah dengan investasi reksadana. Produknya sudah memiliki diversifikasi di dalamnya, dan dan kamu tidak perlu melakukan analisis apapun terhadap saham perusahaan yang kamu investasikan.

    2. Hindari Saham Individu

    Seperti yang saya bilang di atas, para investor saham sering menceritakan kesuksesan mendapatkan untung yang besar dari saham individu atau satu perusahaan. Di balik itu semua ada teknik dan cara-cara yang hanya para expert saja yang bisa melakukannya. Untuk pemula usahakan hindari saham individu karena butuh skill yang high level untuk bisa dapat keuntungan.

    Untuk permulaan incarlah dana indeks, seperti reksadana karena dana ini menampung puluhan hingga ratusan saham. Setiap saham yang kamu beli dari reksadana memiliki semua perusahaan yang masuk ke dalam indeks.

    3. Cobalah Simulator Pasar Saham Sebelum Terjun Ke Dunia Nyata

    Sebelum memasuki duni investasi sungguhan, ada baiknya kita melakukan simulasi investasi saham di aplikasi simulator karena tidak ada resiko. di simulasi ini kamu bisa menerapkan ilmu cara belajar main saham tanpa harus kehilangan uang sungguhan. kamu juga bisa mendapatkan gambaran tentang bermain saham di dunia nyata. Begitu kamu siap, kamu boleh terjun ke dunia saham sungguhan.

    4. Terus Investasi Dari Waktu Ke Waktu

    Kalau kamu serius ingin berinvestasi saham, maka kamu harus sering inevstasi karena itulah cara kamu bisa kaya dari bermain saham. investasi saham bukan permain sekali main lalu selesai. Apapun kondisi hasil saham di awal, teruslah investasi, jangan takut, belajar dari kesalahan sebelumnya. Itu akan memberikan harapann untuk mendapat keuntungan besar.

    5. Komitmen Pada Portofolio Jangka Panjang

    Investasi saham harus menjadi aktivitas jangka panjang. Investor juga harus sabar dalam menjalankan investasinya. Adakalanya investor harus menjauhi berita harian tentang IHSG hari ini, rekomendasi saham, dan berita saham lainnya untuk mengontrol emosi supaya pikiran tetap jernih untuk melakukan strategi selanjutnya. Tidak jarang investor yang jatuh karena emosi, dan tidak jarang pula investor yang mendapat untung besar setelah melakukan investasi jangka panjang.

    6. Hindari Trading Jangka Pendek

    Terkadang investor jangka pendek memiliki harapan yang tidak realistis dalam menumbuhkan uang mereka. Mungkin trading jangka pendek cocok untuk investor pemula yang hanya ingin coba-coba. namun, untuk yang serius trading jangka pendek tidak bisa memberi harapan untuk mendapatkan keuntungan yang investor mau.

    7. Bersiap Untuk Downturn

    Masalah yang paling ditakuti investor adalah mengalami kerugian dalam berinvestasi. Karena pasar saham berfluktuasi, kamu bisa mengalami kerugian kapanpun. Investor saham harus menguatkan diri untuk menangani kerugian ini, karena kalo panik kamu akan melakukan hal ceroboh seperti membeli tinggi dan menjual dengan rendah.

    8. Beli Investasi Yang Tepat

    Memilih saham yang tepat tidaklah mudah. Dengan melihat saham yang punya kinerja yang baik di masa lalu saja tidak cukup. Kamu harus lebih banyak melihat tentang saham yang kamu incar apakah tepat atau tidak. Untuk memilih investasi saham yang tepat kamu harus menganalisis perusahaan, melihat fundamental perusahaan, melihat laba per saham, rasio harga pendapatan, dan masih banyak lagi.

    9. Mulai Dari Sekarang

    Tunggu apa lagi? Jangan cuma dibaca ilmu-ilmunya, praktekin dari sekarang. Ngapain masih pegang hp? udeh sana beli saham!!

    Tidak ada yang tahu 100% kapan waktu terbaik memulai berinvestasi saham. Dalam berinvestasi bukan cuma hanya memikirkannya, tapi juga memulainya.

    Penutup

    Itulah cara-cara belajar main saham untuk pemula supaya ketika memulai sudah tahu apa yang harus dilakukan untu mendapatkan untung dan apa yang harus dilakukan untuk terhindar dari kerugian besar. Investasi saham pada dasarnya memiliki tujuan untuk membuat pribadi menjadi kaya bukan untuk menjadi miskin.

    Ikuti tulisan menarik Royhan Abdul lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 448 kali