Aplikasi Pengolah Kata Paling Populer; Ini Fitur Utama Microsoft Word - Urban - www.indonesiana.id
x

Fungsi Ms Word

Sulaiman nur Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2020

Senin, 28 November 2022 09:15 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Aplikasi Pengolah Kata Paling Populer; Ini Fitur Utama Microsoft Word

    Sebagai aplikasi pengolah kata paling populer di dunia, Ms. Word tersedia di berbagai jenis sistem operasi, mulai dari Windows, Mac OS, iOs, dan Android. Dengan popularitasnya tersebut, Microsoft Word tentu menyediakan banyak fitur untuk mendukung kinerjanya.

    Dibaca : 1.356 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebagai aplikasi pengolah kata paling populer di dunia, Ms. Word tersedia di berbagai jenis sistem operasi, mulai dari Windows, Mac OS, iOs, dan Android. Dengan popularitasnya tersebut, Microsoft Word tentu menyediakan banyak fitur untuk mendukung kinerjanya.

    Apa Saja Fitur-Fitur Utama Microsoft Word?

    Berikut adalah beberapa fitur utama yang paling dibutuhkan atau digunakan di Ms. Word, apa sajakah itu?

    Menu pada Miscrosoft Word

    1.      Menu Bar

    Menu Bar adalah suatu horizontal strip yang berisi daftar menu atau fitur-fitur yang diperlukan untuk program tertentu. Menu Bar juga bisa diartikan sebagai tempat berkumpulnya menu atau fungsi fitur-fitur yang fungsinya berbeda-beda.

    Adapun ikon atau fitur Menu Bar yang ada di Ms. Word, terdiri dari Home, Insert, Design, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Masing-masing dari ikon ini memiliki ikon pecahan di dalamnya, yang fungsi masing-masingnya berbeda.

    2.      Scroll Bar

    Scroll Bar adalah fitur yang berfungsi menggeser lembar kerja atau halaman suatu dokumen baik ke atas bawah maupun ke kanan dan ke kiri. Tujuannya untuk melihat bagian dari lembar dokumen yang tidak terlihat.

    Scroll Bar terdiri dari dua bagian, yaitu Scroll Bar Vertical terletak di kanan lembar kerja, untuk menggeser ke atas dan ke bawah. Yang kedua Scroll Bar Horizontal, terletak di bagian atas lembar kerja, untuk menggeser dokumen kanan ke kiri.

    Jika ada Scroll Bar yang tidak berfungsi atau error, ada kemungkinan jika aplikasi Ms. Word kamu belum di update atau belum terinstal versi terbarunya. Oleh karena itu, pastikan gunakan versi Microsoftword terbaru.

    3.      Window Menu

    Pada intinya, Window Menu berguna untuk mengubah tampilan dokumen pada lembar kerja di Ms. Word yang kamu gunakan. Window Menu sendiri berisi tiga jenis perintah utama:

    • Minimize: Fungsi Minimize disini berbeda dengan Zoom In, karena fungsinya sebenarnya untuk menyisipkan jendela Ms. Word yang  sedang kamu buka ke dalam
    • Restore Down: Fungsinya untuk mengecilkan jendela dari aplikasi Ms. Word yang sedang kamu buka. Salah satu fungsinya untuk mengatur jendela tersebut supaya lebih lebar maupun sempit, agar layar laptop bisa di split dengan jendela lainnya.
    • Maximize: Fungsinya adalah kebalikan dari Restore Down, yaitu untuk membuka suatu jendela agar tampilannya full.
    • Close: Untuk Window Menu yang satu ini tentu untuk menutup jendela dari aplikasi yang Ms. Word yang sedang kamu gunakan. Pastikan sudah menyimpan dokumen jika ingin menutup jendela Ms.Word.

    4.      Title Bar

    Fitur yang satu ini berfungsi untuk menampilkan judul dokumen atau file yang sedang kamu buka di Ms. Word kamu. Dari Title Bar ini, kamu juga bisa mengetahui apakah dokumen tersebut sudah disimpan atau belum.

    Jika sudah tersimpan, maka nama dokumennya sudah berupa nama file yang kamu masukkan. Sedangkan jika belum disimpan, maka namanya “Document 1” dan selanjutnya.

    Kamu juga bisa melihat apakah Ms. Word kamu sudah berlisensi atau belum dari Title Bar ini, jika masih terdapat tulisan “(Product Activation Failed)”, itu artinya aplikasi Ms. Word kamu tidak legal, segera lakukan update dengan mencari informasi di Microsoftword.id.

    Pada dasarnya masih banyak sekali fitur-fitur atau ikon-ikon di Microsoft Word yang perlu kamu pahami. Seperti Page Status, Ribbon Tool, Quick Access Toolbar, dan Zoom Menu. Masing-masing ikon ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Biasanya, pemahaman akan bertambah seiring dengan penggunaan Ms. Word.

    Ikuti tulisan menarik Sulaiman nur Rahman lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 450 kali