Penggunaan Media Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pelajaran PPKN - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Aplikasi canva dalam pembuatan kartu ucapan

Ika Wahyuningsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 November 2022

Selasa, 29 November 2022 06:25 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Penggunaan Media Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pelajaran PPKN

    Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi pada saat ini tidak dapat terlepas pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Perkembangan zaman menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan kinerja pendidikan pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai modal utama pendukung keberhasilan pendidikan sehingga mampu bersaing di era globalisasi. Salah satu dari banyaknya aplikasi teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar adalah Canva, yaitu program desain online yang menyediakan bermacam media pembelajaran seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada Canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya. Canva menyediakan fitur-fitur atau kegunaannya untuk pendidikan, yaitu sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, dan kolaboratif sehingga membuat pembelajaran menjadi mudah dan menyenangkan

    Dibaca : 1.046 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi pada saat ini tidak dapat terlepas pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Perkembangan zaman menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan kinerja pendidikan pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai modal utama pendukung keberhasilan pendidikan sehingga mampu  bersaing di era globalisasi.

    Tujuan dalam kegiatan pembelajaran ini tentu hendak mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, yakni pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dengan inovasi penggunaan canva, menumbuhkan kreatifitas peserta didik dalam pembuatan media infografis, mengefektifkan waktu yang tersedia selama pembelajaran terbatas, dan menyenangkan bagi peserta didik dalam pengerjaan tugas. Selain itu juga dalam prosesnya diharapkan bisa meningkatkan kemampuan literasi membaca, literasi visual, dan literasi digital peserta didik.

    Dengan model pembelajaran ini peserta didik akan terlatih untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan teman sekelompoknya walaupun terpisah oleh jarak dan berbeda tempat. Dalam kegiatan ini peserta didik bisa mengumpulkan infomasi, mengolah pengetahuan atau informasi yang didapat, saling berkomunikasi, berkolaborasi, menuangkan kreativitas, dan mempresentasikan karyanya, sehingga hasil karya dari setiap kelompok akan bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh peserta didik untuk menjadi bahan pembelajaran yang menarik.

    Dalam menerapkan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berupa media presentasi, langkah-langkah yang dilakukan penulis yaitu mendapatkan akses ke Canva dengan cara mengklik www.canva.com, kemudian melakukan login dengan akun Gmail, setelah berhasil mendaftar langkah yang dilakukan yaitu menyiapkan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik, lalu menentukan jenis media pembelajaran yang dibuat yaitu media presentasi. Selanjutnya mencari grafis template yang ada hubungannya dengan materi pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik. Lalu mengedit di Canva. Setelah desain presentasi berhasil dibuat langsung di-download dengan mengklik tombol panah arah bawah. Hasil media pembelajaran dibuat dengan aplikasi Canva ini dibagikan kepada siswa melalui aplikasi media sosial yang sudah disepakati antara guru dan siswa. Bisa menggunakan aplikasi WhatsApp group, Instagram, maupun telegram.

    Canva memiliki banyak aset dan template yang bisa digunakan secara bebas sehingga memudahkan dan membantu peserta didik dalam penugasan proyek media infografis. Mengingat pelajaran PPKn menurut peserta didik sangat membosankan dengan media canva peserta didik sangat antusias mengikuti pelajaran PPKn. Dalam pelajaran peserta didik membuat poster dengan canva misalnya membuat poster tentang budaya-budaya nasional di Indonesia. Sehungga peserta didik mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia tentang keragaman budaya. Dalam canva ratusan template infografis tersedia, dan pengguna tinggal mengkreasikan dengan mengganti warna dasar atau elemen, mengganti tipe huruf, sehingga hasil karya infografis yang telah dibuat akan sangat membantu peserta didik untuk mereview atau memahami materi dengan tampilan warna-warna menarik, simbol-simbol visual terkait.

    Sebagai guru dan pendidik tentu tidak boleh cukup puas dengan hasil yang telah didapat saat ini, inovasi harus terus dilakukan seiring dengan tantangan yang hadir dalam pembelajaran di kelas dan tantangan perkembangan teknologi. Sebagai pendidik saya akan selalu berusaha untuk selalu bisa memotivasi dan menginspirasi peserta didiknya dalam setiap kegiatan pembelajaran.

    Diterapkannya media pembelajaran dengan aplikasi Canva membawa dampak positif bagi kemajuan pembelajaran yaitu siswa termotivasi dalam belajar karena tidak monoton dan hasil belajar mata pelajaran PPKn sebagian besar nilai rata-rata kelas siswa kelas X meningkat di atas kriteria kentuntasan minimal (KKM).

    Ikuti tulisan menarik Ika Wahyuningsih lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.