Dampak Sosial Aplikasi Tiktok bagi Anak Usia 6-10 Tahun - Urban - www.indonesiana.id
x

Nadhifa Rohima

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Januari 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 08:56 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Dampak Sosial Aplikasi Tiktok bagi Anak Usia 6-10 Tahun

    Dampak aplikasi tiktok bagi anak

    Dibaca : 1.385 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tiktok merupakan media sosial atau jaringan sosial yang sedang trending, sehingga baik buruknya Tiktok dapat mempengaruhi Anak-anak. Adapun salah satunya adalah sebagai eksistensi dalam penggunaan Tiktok. Tiktok juga bisa mempengaruhi anak-anak, karena konten-konten didalam aplikasi Tiktok itu ia memperlihatkan sebuah konten yang kebanyakan isinya tentang orang-orang yang tidak bisa dikatakan kurang adanya rasa malu. Karena di konten-konten Tiktok tersebut kebanyakan kontennya itu video-video yang memperlihatkan tentang gayanya dari zaman modern. Sehinggadari Zaman Modern menampilkan hal seperti itu dan juga adakonten-konten yang tidak sesuai dengan konten yangsebenarnya.

       Media Tiktok saat ini sebuah media untuk menyampaikaninformasi, penggunaan media Tiktok sangat berpengaruh bagiAnak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Dalam aplikasi mediaTiktok saat ini menjadi trending di kalangan Anak-anak yaitudengan media Tiktok. Dan Anak-anak sekarang sangatmenyukai media Tiktok yang didalamnya terdapat video-videoyang menarik. Sehingga Anak-anak bisa mengikuti gaya videoyang ada, tetapi di sisi lain orang tua sangat takut atau khawatirterhadap anaknya, Demikian video yang ditampilkan di mediaTiktok.

                Media aplikasi Tiktok membuat Anak-anak, yangpenasaran dengan hal yang ada di video tersebut tetapi Anak-anak tetap menirukan gaya video yang ada. Sehingga membuathati Anak-anak terasa senang bisa menirukan gaya danmenampilkan video yang unik serta menarik, hal ini bisadirasakan oleh kalangan masyarakat yang menyukai mediaTiktok. Selain itu juga media Tiktok bisa menambah wawasanatau pengetahuan bagi Anak-anak, agar tidak mudah stres.

                 Di media Tiktok tersebut banyak orang-orang yangkretif dalam menampilkan video yang unik dan menarik, sepertivideo video lucu, video untuk olahraga, video inspirasi danmasih banyak video yang lainnya. Media massa tiktok inimenjadi media terlaris sejak pertama kali muncul parapenggunaannya pun banyak. Mulai dari kalangan Anak-anak,Masyarakat kini banyak yang mengikuti gaya atau tren yang adadi Media Tiktok, karena untuk media hiburan atau bisa katakandengan media pelampiasan bagi Anak-anak, remaja maupunorang dewasa. Dengan adanya aplikasi Tiktok kini orang-orangtidak mudah bosan apalagi di masa pandemi ini, bisa membuathobi tersendiri bagi yang menirukan gaya atau konten yang ada.

         Anak-anak kini menjadi orang yang kreatif dalam membuat atau menirukan gaya yang ada di media Tiktok, sehingga nantinya bisa mengikuti lomba atau acara apa yang bersangkutan dengan media Tiktok. Agar bisa memberikan contoh dengan baik bagi masyarakat lain, agar orang lain tidak memandang bahwa video yang ada di Tiktok itu tidak baik untuk di tiru. Bahkan media Tiktok bisa membuat orang tidak stres dalam permasalah yang ada, sehingga media Tiktok banyak yang menyukainya. Dengan itu Anak-anak sangat terhibur dengan konten-konten yang ada. Dan kini Anak-anak mudah mendapatan informasi melalui media Tiktok tersebut. Media Tiktok sangat mudah dijumpai oleh kalangan masyarakat bisa mengembangkan gaya atau penampilan masyarakat sekarang inibisa dilihat dari gaya yang kekinian yang melihat dari sebuah media Tiktok.

               Aplikasi Tiktok sudah beredar dimana mana mulai darinegara Indonesia maupun dari luar negeri. Hal ini memangsudah tidak asing lagi bagi para pengguna media massa tiktokyang semakin populer. Adapnya media massa Tiktok ini sangatberpengaruh terhadap masayarakat. Banyak berbagai dampakyang terjadi akibat media massa Tiktok baik dampak yangpositif maupun dampak yang  negatif. Semua itu bergantungpada pengguna masing-masing sendiri. Akan lebih baik jikadigunakan guna untuk kreativitas, untuk berkarya, untuk hiburansupaya tidak stres dan lain sebagainya.

                Bagi para pengguna media massa Tiktok dibawah umurakan lebih baik jika didampingi oleh orang tua atau orang yanglebih tua. Dan bisa memberikan arahan yang baik untuk Anak-anak nya. Karena jika tidak maka akan berdampak buruk untukanaknya, seperti lebih mengutamakan bermain Tiktok daripadabelajar, hal ini sangat mempengaruhi terhadap prestasi anaktersebut. Maka diharuskan orang tua untuk bisa mendampingiAnak-anaknya dalam bermain media sosial. Hal itu, bukanhanya media massa Tiktok saja tetapi juga media massa lainnya.

     

    Ikuti tulisan menarik Nadhifa Rohima lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 465 kali