x

Iklan

Saepullatip Saepullatip

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 November 2022

Minggu, 4 Desember 2022 20:11 WIB

Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang diarahkan pada strategi, metode, atau upaya untuk meningkatkan keterampilan positif apa pun di selama proses pembelajaran. Dalam kegiatan mengembangkan potensi dan kemampuannya, peserta didik memiliki peran sebagai pelaku paling aktif dan guru sebagai pemimpin kegiatan pembelajaran siswa. Beberapa soft skills yang harus dikuasai peserta didik contohnya, seperti keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kritis, manajemen waktu yang baik, mampu memecahkan masalah yang kompleks, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, etos kerja, dan sebagainya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam setiap pembelajaran diperlukan media pembelajaran agar dapat kegiatan berjalan efektif dan efisien. Materi pembelajaran dari guru ke murid juga bisa bisa tersampaikan dengan baik. Media pembelajaran merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pemanfaatan media pembelajaran juga merupakan upaya kreatif dan sistematis untuk menciptakan pengalaman yang dapat membantu proses belajar peserta didik. Sebab media berperan sebagai alat perangsang dan menumbuhkan motivasi belajar sehingga peserta didik tidak bosan dan jenuh. Meski begitu pemilihan media harus sesuai tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai.

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang diarahkan pada strategi, metode, atau upaya untuk meningkatkan keterampilan positif apa pun di selama proses pembelajaran. Dalam kegiatan mengembangkan potensi dan kemampuannya, peserta didik memiliki peran sebagai pelaku paling aktif dan guru sebagai pemimpin kegiatan pembelajaran siswa. Beberapa soft skills yang harus dikuasai peserta didik contohnya, seperti keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kritis, manajemen waktu yang baik, mampu memecahkan masalah yang kompleks, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, etos kerja, dan sebagainya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beberapa macam media pembelajaran inovatif dan menarik diantaranya :

  1. Buku interaktif

Buku Interaktif merupakan media komunikasi yang tepat untuk memberikan pelajaran pada peserta didik karena tidak hanya berisi pesan namun juga ada sisi interaktifnya dimana peserta didik bisa belajar untuk berimajinasi dan sekaligus sebagai media bermain.

Jenis-jenis buku interaktif memiliki bermacam-macam bentuk, yaitu terdiri atas:

(1) Buku interaktif pop up merupakan jenis buku interaktif berupa lipatan gambar yang terlihat 3 dimensi dengan menggunakan lipatan kertas.

(2) Buku interaktif peek a book terkadang disebut juga dengan buku interaktif lift a flap, merupakan jenis buku interaktif yang halaman bukunya harus dibuka untuk mengetahui kejutan di balik halaman tersebut.

(3) Buku interaktif pull tab merupakan jenis buku interaktif berupa kertas yang ditarik pada halaman berikutnya.

(4) Buku interaktif hidden objects book merupakan jenis buku yang mengajak anak untuk menentukan objek yang telah disamarkan pada bagian halaman dan membawa cerita melalui itu.

(5) Buku interaktif games merupakan jenis buku interaktif berupa permainan menggunakan alat tulis atau tidak menggunakan alat tulis.

(6) Buku interaktif participation merupakan jenis buku interakif yang berisi penjelasan atau cerita disertai dengan tanya jawab dan atau instruksi untuk melakukan sesuatu guna menguji penjelasan atau cerita yang ada dalam buku tersebut.

(7) Buku interaktif play-a-song atau play-a-sound merupakan jenis buku interaktif yang dilengkapi dengan tombol-tombol yang apabila ditekan akan mengeluarkan bunyi-bunyian berupa lagu atau suara-suara yang berhubungan dengan cerita di dalam bukunya. (8) Buku interaktif touch and feel merupakan jenis buku interaktif yang biasa digunakan untuk peserta didik usia pre-school dengan tujuan untuk mengembangkan minat mereka dalam belajar mengenai tekstur berbeda, misalnya bulu halus pada gambar burung.

(9) Buku interaktif campuran merupakan jenis buku interaktif yang berisi gabungan dari beberapa bentuk jenis penerapan bentuk buku interaktif. Contohnya adalah  buku interaktif yang berisi campuran antara pull up dan peek a book.

(10) Buku interaktif spotlight book merupakan jenis buku interaktif yang berdesain memfokuskan perhatian suatu obyek/pokok materi pada satu halaman.

  1. Video pembelajaran

Video pembelajaran adalah sebuah media pembelajaran yang menggabungkan antara audio dan visual untuk menyampaikan suatu topik pelajaran. Terdapat berbagai macam format video pembelajaran yang dapat guru gunakan. Ada video pembelajaran yang menampilkan guru saat  menjelaskan materi pelajaran, ada pula video yang hanya menggunakan foto atau teks bergerak untuk menjelaskan materi terkait, atau campuran keduanya.

  1. Aplikasi berbasis teknologi

Media pembelajaran pada saat ini mulai banyak dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis teknologi (pembatik). Hal ini terjadi karena sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tuntutan dalam dunia pendidikan agar pembelajaran semakin maju, lebih efisien dan efektif sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi di sekolah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Aplikasi pembelajaran berbasis TIK contohnya Moodle, Geogebra, Whiteboard Animation, Autograph, Desmos, Quizzizz, Kahoot!, Edmodo, Google Classroom, Duolingo dan lain sebagainya.

  1. Permainan

Ada beberapa jenis permainan yang guru bisa kembangkan menjadi media, antara lain:

(1) Permainan dalam bentuk aktivitas

Permainan yang mengajak peserta didik untuk bergerak, seperti gobak sodor, petak umpet, engklek, permainan Bahasa Inggris running text dan sebagainya.

(2) Permainan kartu/papan

Permainan yang memanfaatkan kartu atau papan dalam bermainnya seperti monopoli, ular tangga, fundora, ludo, dan sebagainya.

(3) Permainan berbasis alat

Permainan yang dalam melakukannya membutuhkan bantuan alat, seperti galasin, enggrang, balok warna-warni, lego, boneka dan lain sebagainya.

(4) Permainan digital

Permainan yang memanfaatkan perangkat digital dalam memainkannya, seperli Mobile Legend, PUBG, FF, Pokemnon Go, Wining Eleven, dan sebagainya.

  1. Media Poster

Dalam pembelajaran, media poster berfungsi untuk memvisualisasikan pesan, informasi atau konsep yang ingin disampaikan kepada peserta didik dengan ilustrasi melalui gambar yang hampir menyamai kenyataan dari sesuatu objek atau situasi. Visual dalam poster bisa membantu peserta didik dalam memahami sebuah informasi. Apalagi visual yang digunakan dekat dengan keseharian peserta didik. Poster bisa digunakan untuk memantik diskusi dan pertanyaan peserta didik. Selain itu poster juga bisa digunakan untuk merekam proses dan hasil belajar peserta didik. Melalui media poster peserta didik diasah untuk mengungkapkan argumentasinya, dimana peserta didik menjelaskan isi dari sebuah poster. Secara tidak langsung akan mengasah keterampilan pesereta didik dalam public speaking.

  1. Gambar Fotografi

Gambar fotografi diperoleh dari beberapa sumber, misalnya dari surat kabar, lukisan, kartun, ilustrasi, foto yang diperoleh dari berbagai sumber tersebut dapat digunakan oleh guru secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan tertentu.

  1. Papan Flanel

Media pembelajaran papan flanel merupakan media visual yang efektif untuk menyajikan pesan tertentu kepada sasaran tertentu pula.

Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat dan praktis. Gambar-gambar yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah, sehingga dapat dipakai berkali-kali.

  1. Bagan (Chart)

Bagan merupakan presentasi berupa gambar grafis yang menginformasikan hubungan-hubungan.

Pemanfaatan teknologi dapat menjadi pilihan guru untuk melaksanakan pembelajaran diferensiasi di dalam kelas. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.

Berbagai cara penggunaan teknologi dalam membuat produk/ konten pembelajaran antara lain penggunaan video pendidikan, pembelajaran audio, multimedia interaktif, dan munculnya Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Guru dan peserta didik bisa mendapatkan konten-konten tersebut yang disiapkan kemendikbudristek dengan mengakses Portal Rumah Belajar di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/ . Untuk suplemen dan informasi mengenai kurikulum merdeka  guru dapat mengakses laman https://kurikulum.kemdikbud.go.id/.

Secara mandiri guru juga dapat mendapatkan semua informasi pembelajaran melalui Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Tersedia di  Playstore bagi pengguna layanan Android atau bisa diakses melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id/

Pemanfaatan teknologi dalam proses transformasi pembelajaran di Indonesia telah menjadi tantangan bersama untuk menjadi problem solver dalam mendampingi satuan pendidikan untuk implementasi kurikulum merdeka. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dapat  menghadirkan sebuah inovasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan negeri dalam memajukan dunia pendidikan.

video pembelajaran

quizizz

Ikuti tulisan menarik Saepullatip Saepullatip lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler