x

Iklan

Muhammad Nigel

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Desember 2022

Kamis, 15 Desember 2022 07:12 WIB

Kenapa Prestasi Olahraga Jepang Maju sedang Indonesia Begitu-begitu Saja?

Jepang dan China maju di bidang olahraga kareba mengembangkan sport science dan pelatihan usia dini. Negara-negara itu selalu mendominasi kompetisi olahraga baik di Asia muapun dunia. Pembinaan olahraga di Indonesia terhambat karena banyak induk organisasi olah raga sekedar dijadikan jenmatan ambisi politik. Menyedihkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap negara memiliki caranya sendiri untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga, mulai dari mengambangkan sport science hingga pelatihan sejak usia dini. Banyak dari negara asia yang kini mulai ikut mengembangkan sistem olahraga di negaranya. Anggap lah Jepang yang kini sudah sangat maju di bidang sport science, dan China dengan sistem pelatihan usia dininya. Negara-negara itu kini menjadi negara yang sangat mendominasi di kompetisi olahraga baik di Asia muapun Dunia.

Berbeda dengan Indonesia yang sudah melakukan pemusatan latihan sedari kecil, padahal pemusatan latihan sejak usia dini memiliki dampak buruk untuk seorang atlet kedepannya.

Mengapa Jepang Sangat Maju Dalam Olahraga

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini negara Jepang merupakan salah satu pioner perkembangan sport science di dunia. Banyak inovasi olahraga yang berasal dari Jepang, perkembangan olahraga di negara ini sangat cepat. Bahkan tergolong yang tercepat di dunia, hal ini disebabkan oleh dukungan pemerintah yang terus mendanai penelitian mengenai sport science.

Perkambangan olaharaga di negara ini juga tidak terlepas dari sistem pendidikannya. Hal ini dikarenakan ketika seorang anak memasuki bangku sekolah dasar setia siswa diwajibkan memilih satu olahraga berdasarkan minatnya. Sistem pendidikan yang mendukung perkembangan olahraga ini tentunya tidak menyebabkan seorang anak tidak akan mengalami kesulitan menentukan hari latihan. Karena jadwal kegiatan olahraga untuk murid dilakukan pada saat weekend, hal ini menyebabkan seorang murid tidak harus memilih antara pendidikan atau olahraga.

Tidak hanya sampai disitu Jepang juga memiliki sistem pelatihan olahraga yang terstruktur sangat baik. Bahkan seorang atlet saat masih berada di bangku sekolah target untuk selalu menjadi juara. Banyak orang yang menganggap bahwa seorang atlet harus selalu diberikan target bahkan sejak kecil. Faktanya hal ini tidaklah benar, jika seseorang sudah diberikan target sejak kecil maka ketika mereka menginjak masa senior, mereka tidak akan merasa haus gelar. Tentunya hal ini akan merugikan atlet sendiri dan negaranya. Ketika rasa haus akan gelar seorang atlet sudah tidak ada, maka atlet tersebut tidak akan bisa mencapai titik tertinggi di masa keemasannya nanti.

Mengapa Indonesia Tertinggal

Bisa dikatakan bahwa Indonesia saat ini cukup tertinggal di dunia olahraga. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, terdapat banyak faktor baik dari atlet, induk organisasi dan pemerintah. Faktor yang paling menghambat perkembangan di Indonesia adalah masih maraknya praktik pencurian umur, sehingga menyebabkan banyak atlet bertalenta menjadi terpendam.

Bukan hanya itu induk organisasi di Indonesia juga sering kali dijadikan jembatan untuk politik, hal ini menjadikan struktur dasar suatu cabang olahraga pastinya tidak berjalan baik. Pencurian umur merupakan hal yang sudah sangat lumrah bagi pegiat olahraga di Indonesia. Jika kita perhatikan hal ini bagai tidak ada habisnya, selalu saja ada atlet yang melakukan hal ini. Setiap ada atlet yang terkena hukuman akibat pencurian umur, selalu saja ada atlet baru yang melakukan pencurian umur, terus saja berulang.

Bukan hanya pencurian umur saja, tingkat kedisiplinan atlet di Indonesia juga terbilang sangat rendah. Banyak atlet di Indonesia yang berperilaku semaunya, bahkan beberapa ada yang sangat senang ke klub malam ketika sedang libur latihan. Faktor atlet seperti ini lah yang menyebabkan tertinggalnya Indonesia di bidang olahraga.

Induk organisasi olahraga yang seharusnya menaungi atlet yang ada di Indonesia justru tidak berjalan dengan baik, beberapa hal menjadi penyebab mengapa induk olahraga di Indonesia tidak berjalan dengan baik. Penyebab terbesar gagalnya induk olahraga di Indonesia adalah seringnya dijadikan sebagai jembatan untuk politik.

Jika kita perhatikan, banyak induk olahraga di Indonesia yang pimpinannya merupakan orang-orang yang berasal dari dasar politik, bukan berasal dari bidang olahraga. Seharusnya untuk bagian ini diisi oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan dan pengalamn di bidang olahraga, sehingga organisasi dapat terus berjalan sesuai dengan kebutuhan.

Penyebab lainnya adalah sering terjadinya perebutan pimpinan, banyak orang ingin menjadi pimpinan suatu induk organisasi baik karena alasan ingin memajukan olahraga di indonesia, politik, dan lain sebagainya. Sehingga banyak perbedaan visi misi yang menyebabkan perpecahan antar pimpinan tiap daerah dan pusat, hingga akhirnya menyebabkan tidak berjalannya organisasi sebagaimana seharusnya.

Penutup

Kini Jepang memang sangat maju dalam perkembangan olahraga, perkembangan sport science yang sangat luar biasa. Sudah menjadi hal wajar mengapa Jepang menjadi negara yang sangat baik dalam pengelolaan olahraga. Sehingga banyak negara yang kini mulai mengikuti bagaimana cara Jepang mengelola perkembangan olahraganya.

Sudah saatnya juga untuk Indonesia mulai serius membangun olahraga untuk kedepannya, jangan lagi mencampurkan olahraga dengan politik. Bukan hanya sampai disitu, pencurian umur juga sudah harus mulai diberantas, jika tidak akan banyak atlet bertalenta yang akan tertutup oleh atlet yang melakukan pencurian umur.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Nigel lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu