x

Iklan

Rafli Ifkar Karim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Januari 2023

Kamis, 5 Januari 2023 13:40 WIB

Yuk, Kita Ketahui Sejarah Tentang Akuntansi

Kali ini saya mau bahas tentang apasih akuntansi itu, apa sih yang di maksud dengan akuntansi, bagai mana sih akuntansi itu bisa masuk di Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Yuk Kita Ketahui Sejarah Tentang Akuntansi

 

     Halo teman teman semuanya. Sebelumnya perkenalkan nama saya Rafli Ifkar Karim, kali ini saya mau bahas apa saja sih sejarah Akuntasi itu, bagaimana sih kok ada akuntasi, penting gak sih kita mempelajari akuntasi itu dan apa saja sih manfaatnya akuntasi itu. Yuk teman teman semuanya kita bahas tentang sejarah akuntansi itu khususnya yang terdapat di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tahukah Kamu Sejarah Akuntansi Di Indonesia ? Mari Ketahui Ceritanya Disini. 

Sebelum memulai sejarah akuntansi, terdapat baiknya kamu harus tahu apa itu akuntansi.

      Akuntansi sendiri merupakan seni pada mengukur, berkomunikasi & menginterpretasikan kegiatan keuangan. Akuntansi dimulai semenjak mengenal, menghitung uang & memakai pencatatan.

      Sejak jaman dahulu, keuangan sebagai tolak ukur buat meraup sebuah keputusan. Model kecilnya begini, saat kamu ingin membeli sebuah kebutuhan utama buat bulan depan, satu hal sebelum membeli kebutuhan tadi yg pasti.

     Pada abad XIV perhitungan rugi keuntungan sudah diterapkan sang pedagang–pedagang menggunakan menghitung harta yg terdapat dalam akhir suatu pelayaran. Pada akhir abad XV, sistem akuntansi sudah dikembangkan Romawi pula ikut berpindah & dipakai pada Spanyol, Portugis, & Belanda. Pada abad XIX industri pada Eropa pun ikut mendorong berkembangnya akuntansi porto & konsep menurut penyusutan.

Semenjak kapan sih akuntansi itu mulai diterapkan di Indonesia?

Akuntansi mulai diterapkan pada Indonesia tahun 1642. Namun terdapat bukti yg kentara masih ada pada pembukuan Amphioen Societeit yg berdiri pada Jakarta Indonesia dari tahun 1747. Lalu akuntansi pada Indonesia terus berkembang semenjak UU Tanam Paksa dihapuskan dalam tahun 1870. Lantaran terjadi hal tadi poly pengusaha partikelir Belanda yg menanamkan modalnya pada Indonesia, Mereka lah yg akhirnya menerapkan sistem pembukuan pada Indonesia. 

 

Proses Dalam Akuntansi

Seperti yg sudah kita ketahui bahwa akuntansi adalah suatu proses yg berkaitan menggunakan keuangan pada organisasi ataupun usaha. Proses akuntansi ini meliputi:

1. Mencatat

Proses yg paling pertama & tentunya paling krusial pada akuntansi yaitu proses pencatatan transaksi yg terjadi pada suatu perusahaan juga organisasi. Istilah lain menurut pencatatan ini yaitu pembukuan menggunakan cara mengenali transaksi lantas dimasukkan ke pada sebuah catatan.

Pembukuan ini dilakukan guna kepentingan pencatatan yg rinci & bisa sebagai laporan yg menyajikan data menjadi laporan akhir keuangan.

2. Meringkas

Data mentah menurut output pencatatan transaksi biasanya dipercaya nir terlalu krusial karena nir berpengaruh pada proses pengambilan keputusan. Di sinilah ilmu akuntansi dipakai buat memasak data mentah tadi & membaginya sebagai beberapa kategori, kemudian menerjemahkannya. Proses ini dinamakan menjadi proses meringkas atau mencatat transaksi.

3. Melaporkan

Sebagai entrepreneur atau pemilik usaha harus mengetahui banyak sekali macam operasi atau aktivitas usaha yg terjadi pada perusahaannya termasuk pada mengetahui penggunaan keuangan perusahaan. Oleh lantaran itu, para pemilik perusahaan akan mendapat sebuah laporan keuangan setiap bulannya yg disusun sang akuntan. Selain itu, jua terdapat rangkuman laporan tahunan terkait kinerja pada perusahaan yg akan diberikan pada pemilik perusahaan.

 

 

4. Menganalisa

Dalam akuntansi, menganalisa adalah proses akhir yg paling krusial. Setelah merekam & meringkas laporan keuangan yg terdapat, tentunya kalian jua wajib sanggup menarik kesimpulan. Dalam proses analisa ini, akuntansi akan memperkenalkan konsep perbandingan yaitu menggunakan membandingkan penjualan, keuntungan rugi, ekuitas, & lain sebagainya guna mengambil kesimpulan.

 

Penting gak sih kita mempelajari akuntasi itu?

 

Dengan mempelajari akuntansi akan membantu kamu menentukan pajak dari laporan keuangan yang diterima, baik dari individu maupun perusahaan. Semakin maju dan baik perkembangan usaha yang sudah dikelola, maka akasn semakin tinggi tingkat pajak yang akan dikenakan pada usaha tersebut.

 

 

Apa saja sih manfaatnya akuntasi itu.

 

Setelah kita sanggup mengetahui tentang fungsi menurut akuntansi, kita pula perlu mengetahui apa saja manfaat akuntansi pada kehidupan sehari-hari

Beberapa manfaat yang menurut adanya akuntansi yaitu menjadi berikut :

1. Sebagai informasi keuangan pada pihak yang membutuhkan

Informasi keuangan yang sudah kita susun niscaya sangat memudahkan kita. apabila engkau punya banyak sekali transaksi keuangan & nir melakukan pencatatan. Bisa jadi kamu akan lupa kemana kemudian lintas uang yang kamu miliki.

 

 

 

2. Sebagai bahan evaluasi keuangan

Dengan mencatat, kita sanggup memahami apa yang wajib kita lakukan pada masa depan. Sebagai model menggunakan akuntansi, saat kamu sadar apabila keuangan kamu “sekarat” lantaran tak jarang digunakan buat membeli sebuah kuota internet.

 

3. Menjadi bukti yang dapat di pertanggung jawabkan

Pasti terdapat saatnya saat kita punya perkara menggunakan orang lain ihwal keuangan. Seperti hutang yang nir kunjung dibayar, atau lainnya. Dengan adanya akuntansi dan pencatatan keuangan, kamu akan mampu mempertanggung jawabkan keuangannya.

4. Membantu pencatatan ekonomi keluarga

Ketika kamu telah dewasa & menikah, perkara keuangan merupakan perkara yang relatif diperhitungkan pada tempat tinggal tangga. Sehingga, akuntansi akan sangat diperlukan & bermanfaat.

Lantaran sehabis menciptakan tempat tinggal tangga, sesekali keperluan yg perlu diperhitungkan. Pengeluaran tadi tentunya perlu diperhitungkan menggunakan pemasukan kita & pasangan.

 

Kesimpulan

Nah itu dia sekilas singkat sejarah tentang akuntansi yang ada di Indonesia, gimana nih? kamu pasti tertarik kan untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang akuntasi itu, menarik banget untuk di bahas dan di terapkan kehidupan sehari hari nih. Sangat banyak sekali penemuan penemuan yang menyatakan bahwa ilmu akuntansi ini sudah ada sejak lama. Cukup sekian pembahasan tentang akuntasi dari saya, apabila ada salah kata mohon di maafkan dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Rafli Ifkar Karim 2022021147 Universitas Pembangunan Jaya

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Rafli Ifkar Karim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler