x

Kerja Praktek di Kelurahan Muncul

Iklan

ihsan selios

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Januari 2023

Senin, 9 Januari 2023 18:03 WIB

Perancangan Sistem Informasi Data Kemiskinan di Kelurahan Muncul, Tangsel

Kelurahan Muncul merupakan instansi dari pemerintah yang bergerak dalam pelayanan penduduk seperti pencatatan kependudukan, keperluan surat menyurat dan pengelolaan bantuan sosial dari pemerintah yang dimana dalam pelayanan publik harus meningkatkan pelayanan dan mengikuti perkembangan teknologi. Kelurahan Muncul akan membutuhkan media yang akurat untuk mendata warganya yang membutuhkan bantuan dari pemerintah, ini adalah salah satu cara untuk menunjukan betapa serius kepeduliannya terhadap warga yang kurang mampu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mata kuliah Kerja Praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pamulang. Kegiatan Kerja Praktek ini bertujuan untuk mengenal ruang lingkup pekerjaan di lapangan serta memberikan pengalaman praktek kerja kepada mahasiswa agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja ketika lulus dari dunia perkuliahan.  Kegiatanini dilaksanakan selama dua bulan mulai pukul 09.00 sampai dengan  pukul 15.00 WIB, di Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Tanggerang Selatan.


Selama pelaksanaan kegiatan kerja praktek ini, penulis mendapatkan tugas untuk membuat sebuah Aplikasi berbasis website yang nantinya digunakan untuk mempermudah mengetahui informasi data kemiskinan diwilayah tersebut. Oleh  sebab itu kami betujuan untuk serius dalam membuat aplikasi berbasis WEB untuk mendata warga miskin yang berada di sekitar kelurahan Muncul.


Pendataan ini diharapkan bisa membantu memberikan informasi akurat  terkait data kemiskinan yang berada di sekitar kelurahan muncul untuk bisa  membantu memberikan perhatian lebih untuk warga miskin di kelurahan  muncul.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Berdasarkan hal-hal yang dilakukan selama pelaksanaan kerja praktek,  penulis dapat mengetahui tugas dan wewenang di lokasi kerja praktek, tentang cara bersikap dan berperilaku dengan baik ditempat kerja agar tercipta rasa saling menghargai satu sama lain. Yang terpenting kerja praktik memberikan pengalaman dan mengenal dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Kemiskinan merupakan salah satu persoalan mendasar yang menjadi pusat perhatian pemerintah di negara manapun. Kemiskinan merupakan gambaran kehidupan di banyak negara berkembang yang mencakup lebih dari satu milyar penduduk dunia. Kemiskinan merupakan permasalahan yang diakibatkan oleh kondisi nasional suatu negara dan situasi global. Globalisasi ekonomi dan 
bertambahnya ketergantungan antar negara, tidak hanya merupakan tantangan dan kesempatan bagi pertumbuhan ekonomi serta pembangunan suatu negara, tetapi juga mengandung resiko dan ketidakpastian masa depan perekonomian dunia. 

Menurut Kunarjo dalam Badrul Munir, suatu negara dikatakan miskin biasanya  ditandai dengan tingkat pendapatan perkapita rendah, mempunyai tingkat  pertumbuhan penduduk yang tinggi (lebih dari 2 persen per tahun), sebagian besar  tenaga kerja bergerak di sektor pertanian dan terbelenggu dalam lingkaran setan  kemiskinan.


Pemerintah selalu mencanangkan upaya penanggulangan  kemiskinan dari tahun ketahun. Namun jumlah penduduk miskin Indonesia tidak  juga mengalami penurunan yang signifikan, walaupun data di BPS (Badan Pusat  Statistik) menunjukkan kecenderungan penurunan jumlah penduduk miskin, secara  kualitatif belum menampakkan dampak perubahan yang nyata malahan kondisinya semakin memprihatinkan tiap tahunnya.


Oleh karena itu alasan utama kami memilih judul tersebut karena ingin membantu pemerintah daerah dalam hal ini Kelurahan Muncul untuk mendata angka kemiskinan diwilayah tersebut dengan membuat rancangan suatu sistem informasi yang dapat menampilkan data kemiskinan di kelurahan muncul yang nantinya rancangan tersebut bisa dipergunakan oleh keluraahan muncul.

Ikuti tulisan menarik ihsan selios lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB