x

foto bersama peserta PKM dari TPA Sejahtera.

Iklan

Dwi Kurniadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Mei 2022

Selasa, 10 Januari 2023 10:00 WIB

Mahasiswa Universitas Pamulang Dorong Literasi dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) di TPA sejahtera.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) di TPA Sejahtera Jalan Sejahtera 4 RT/RW 02/03, Keulrahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten.

Banyak pepatah yang menjelaskan perihal literasi terutama membaca. Seperti membaca adalah jembatan ilmu; membaca adalah jendela dunia, dan lain sebagainya. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat pentingnya membaca untuk masyarakat di semua kalangan. Kegemaran membaca bisa diupayakan sejak usia dini, atau yang biasa disebut golden age bagi anak, yaitu kisaran 5-7 tahun.

Membaca bisa dari media apa saja, tidak selalu harus memegang buku, melainkan bisa membaca tulisan artikel atau apapun itu menggunakan gadget yang sudah tidak asing lagi bagi kita maupun bagi anak-anak. Namun untuk meminimalisir hal-hal yang tidak berkaitan dengan membaca, sebaiknya untuk anak-anak hanya diberikan buku-buku bacaan, seperti buku sekolah, cerita rakyat, dongeng dan lain sebagainya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Founder Reading Bugs dan Penasehat Read Aloud Indonesia (RAI) Roosie Setiawan menjelaskan, membaca bukanlah proses alami sehingga membutuhkan proses belajar. Kemampuan membaca harus disiapkan sedini mungkin karena 90 persen perkembangan otak kritis terjadi dalam lima tahun pertama kehidupan.

Peranan orangtua dan lembaga pendidikan sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Untuk mewujudkannya diperlukan berbagai upaya agar anak-anak memiliki budaya dan gemar membaca. Salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca pada anak adalah dengan mendongeng. Pada dasarnya dongeng mengandung nilai-nilai positif bagi kehidupan, karena didalamnya terkandung tuntutan moral dan etika. Kegiatan mendongeng (bercerita) merupakan salah satu upaya atau teknik untuk menumbuhkan minat baca pada diri anak-anak.

Ikuti tulisan menarik Dwi Kurniadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler