Gemingkan Dakwah Digital, Tim IT Ansor Sidoarjo Relay Siaran Harlah 1 Abad NU

Kamis, 9 Februari 2023 07:12 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Asosiasi Tim Cyber untuk mewujudkan komunitas pemuda yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital

Harlah NU 1 abad

Salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) menginjak usia 1 Abad pada Selasa (7/2) kemarin.

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah. Tandanya, NU akan mencapai usianya yang ke-100 tahun pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023. PBNU akan menggelar peringatan puncak resepsi 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur selama 24 jam nonstop pada Selasa (7/2). 

Juru Bicara Panitia Puncak Resepsi 1 Abad NU Rahmat Hidayat Pulungan mengatakan panitia telah menyiapkan beragam kegiatan sepanjang hari. Mulai kegiatan yang bersifat ritual keagamaan, resepsi puncak harlah, karnaval Nusantara, panggung hiburan rakyat, hingga bazar UMKM.

"Puncak Harlah 1 Abad NU diawali dengan kegiatan ritual keagamaan dengan qiyamul lail yang dimulai sejak Selasa dini hari pukul 00.00 WIB", ujar Rahmat di kutip pada cnnindonesia.com

Selaras dengan hal tersebut, Ketua PAC GP Ansor Sidoarjo Kota Irfan Sultoni, menuturkan "pada pagi harinya sekitar pukul 07.00 WIB akan diisi dengan agenda formal puncak resepsi 1 Abad NU. Kegiatan ini akan diisi dengan istigasah kubro dan pelbagai pidato".

Mulai dari sambutan dari khutbah iftitah dari Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, sambutan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

 

Sementara kegiatan dari siang hingga sore hari, ada Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest. Sementara pada malam harinya, kegiatan hiburan rakyat bakal diisi sejumlah artis dalam dan luar negeri.

Irfan mengatakan pihaknya mempersilakan warga NU maupun masyarakat umum dari berbagai daerah untuk hadir di Sidoarjo. Panitia tidak mengeluarkan syarat dan ketentuan apapun bagi masyarakat untuk datang ke lokasi acara.

"Jadi, silakan datang. Ramaikan. Tidak ada syarat mesti pakai gelang. Memang ada ketentuan khusus bagi undangan tertentu ketika melibatkan kehadiran presiden atau wakil presiden," kata Irfan.

Panitia acara Puncak Resepsi harlah 1 abad nu akan menayangkan seluruh kegiatan pada hari Selasa (7/2) selama 24 jam.

Tak kalah dengan media nasional resmi nahdlatul ulama' (NU Online), PAC GP Ansor Sidoarjo pun ambil anil dalam penayangan berbasis Daring, live 24 Jam Nonstop ditayangkan oleh tim IT PAC GP Ansor Sidoarjo. Siaran langsung puncak perayaan Harlah 1 Abad NU disiarkan melalui media sosial yang dapat Anda akses melalui link : 

YouTube: https://youtube.com/live/5phJawqorcI

Facebook: https://www.facebook.com/100020643461314/videos/917954249229839/ 

Link tersebut dapat diakses mulai pukul 00.00 WIB hingga 23.59 tanggal 7 Februari 2023.

"Awalnya kami menargetkan hanya posting Foto di medsos PAC GP Ansor Sidoarjo, tapi diluar inisiatif tim IT menayangkan live 24 jam non stop, meski banyak akun atau channel youtube yang menyiarkan. Siarannya menyebar di berbagai daerah dan bahkan nasional," ujar Tim Kreatif PAC GP Ansor Sidoarjo, Moch. Nafi'ul Irsad Al Ansory, di Sidoarjo, Selasa malam.

Fakta ini, kata dia, menunjukkan bahwa resonansi harlah 1 abad NU sangat luar biasa, dan kesadaran masyarakat NU terhadap inovasi dakwah digital juga cukup tinggi.

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo tersebut menambahkan, channel youtube yang akan live antara lain dari NU Online, NU Channnel, Progresif TV, Madu TV, Cita Entertainment Official Youtube dan lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua IV PAC GP Ansor Sidoarjo yang membidangi Departemen Organisasi dan Komunikasi Rahmat Asmayadi, menilai tingginya semangat youtuber tim IT Ansor Sidoarjo untuk me-relay harlah 1 abad NU live selama 24 jam menginisiasi lahirnya Asosiasi Tim Cyber Sidoarjo Kota (ATC Sikot). 

Ke depan, lanjut dia, ATC Sikot akan mendampingi para Asosiasi Tim Cyber untuk mewujudkan komunitas pemuda yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital. 

"Tentu dalam upaya mewujudkan dakwah digital yang ramah, solutif dan rahmatan lil alamin," kata Rahmat. 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Rahmat Asmayadi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler