x

Ilustrasi tentang kesehatan mental sumber:pixabay

Iklan

Farah Andin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 17:51 WIB

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

TUGAS BAHASA INDONESIA

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesehatan mental mencakup beberapa hal seperti kenyamanan, emosional, psikologi dan hubungan sosial. kesehatan mental seseorang dapat juga dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. 

Munculnya permasalahan-permasalahan tersebut menjadi beban berat bagi para menderita kesehatan mental. Perkembangan emosi seseorang biasanya memiliki energi yang berkobar tetapi tidak disertai dengan pengendalian diri yang baik. Pola pikir yang masih kurang seimbang serta ketidakmampuan untuk mengendalikan diri membuat kondisi mental dan emosional mereka terganggu.

Gangguan mental ini tentu merupakan masalah yang serius karena akan mempengaruhi kondisi dan perilaku seseorang nantinya. Apalagi jika lingkungan di sekitarnya tidak mendukung. Pastinya akan memperburuk kondisi mental seseorang dan seterusnya akan berdampak pada masa depannya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Orang yang memiliki kesehatan mental biasanya membutuhkan waktu sendiri (me time) mereka menghabiskan waktu sendirinya dengan berkunjung ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi orang atau mencari tempat-tempat yang sepi, tetapi mereka juga bisa menenangkan pikiran mereka secara brutal seperti meminum alkohol dll., namun dengan mereka seperti itu mereka bisa menenangkan kan pikiran mereka. 

Orang yang memiliki kesehatan mental biasanya tidak banyak memiliki teman, mereka lebih suka menyendiri, mereka lebih suka menghabiskan waktu-waktu nya dengan sendiri. 

Faktor penyebab gangguan mental pada seseorang lainnya yaitu penggunaan media sosial yang salah, faktor genetik, faktor biologis, sering berpikiran negatif atau yang sering disebut dengan overthinking, trauma yang pernah terjadi pada masa lalu, dan masih banyak faktor lainnya.

Cara mengatasi orang yang memiliki kesehatan mental harus bener-bener dipantau dan harus diperhatikan supaya mentalnya terjaga, harus diperhatikan juga pola makan dan cara bergaul. 

Gejala dan tanda gangguan mental tergantung pada jenis gangguan jiwa yang dialami. Penderita bisa mengalami gangguan pada emosi, pola pikir, dan perilaku. Kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi. Ketakutan, kekhawatiran, atau perasaan bersalah yang selalu menghantui. Ketidakmampuan untuk mengatasi stres atau masalah sehari-hari.

Gejala awal seseorang mengalami gangguan mental dapat disebabkan dari sedih yang berkepanjangan, seperti sedih ditingal seseorang yang sangat mereka cintai atau meninggal keluarga, kerabat atau teman. Bingung dan tidak mampu berkonsentrasi dengan baik, Ketakutan, kegelisahan ya g berlebihan, Orang yang memiliki gangguan mental biasanya mood atau suasana hati yang gampang berubah-ubah. 

 

Ikuti tulisan menarik Farah Andin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB