x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Senin, 13 Maret 2023 06:13 WIB

Resep Sukses Steve Jobs

Kita semua ingin sukses. Maka dengarkan resep sukses Steve Jobs berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh:  Bambang Udoyono

 

Hampir semua orang tahu bahwa mendiang Steve Jobs adalah seorang pebisnis yang sangat sukses.  Dia juga seorang salah seorang public speaker yang paling baik di dunia.  Oleh karena itu kata mutiaranya sangat layak didengarkan.  Berikut ini adalah empat kata mutiaranya yang merupakan resepnya untuk sukses.  Cobalah pahami dan terapkan agar Anda sukses.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Your time is limited, so don't waste it living someone else's life. Don't be trapped by dogma – which is living with the results of other people's thinking.

Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terjebak oleh dogma – yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain.

 

Seteve menyarankan agar kita mengikuti pikiran dan hati kita sendiri. Saya kira ini dorongan agar kita teguh memperjuangkan gagasan sendiri. Kadang kita merasa tidak yakin bahwa gagasan kita akan berhasil. Saya lihat banyak orang yang lantas memilih mencari pekerjaan alih alih mendirikan usaha sendiri.  Alasan sebenanrnya karena tidak percaya pada pikiran, gagasan dan renjana sendiri. Kemudian justru memilih bekerja ikut orang. Artinya dia harus mengorbankan gagasannya sendiri dan ikut pada gagasan orang yang belum tentu lebih baik.

 

“That’s been one of my mantras—focus and simplicity. Simple can be harder than complex; you have to work hard to get your thinking clean to make it simple.”

“Itu adalah salah satu mantra saya—fokus dan kesederhanaan. Sederhana bisa lebih sulit daripada rumit; Anda harus bekerja keras agar pemikiran Anda bersih untuk membuatnya sederhana.

 

Saran ini agaknya susah dilaksanakan oleh sebagian orang berpendidikan tinggi. Saya sering bertemu para sarjana yang omongannya tinggi. Dia memakai bahasa tinggi dan teori yang muluk muluk. Saya sering bingung mendengarnya. Agaknya itu bukan cerminan kecanggihannya berpikir tapi justru keruwetannya berpikir.    Orang pinar sejati justru mampu omong, menulis da bertindak simple tapi efektif.

 

“You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something—your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life.”

“Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik tersebut ke depan; Anda hanya dapat menghubungkannya dengan melihat ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik itu entah bagaimana akan terhubung di masa depan Anda. Anda harus percaya pada sesuatu — insting, takdir, kehidupan, karma, apa pun. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan itu telah membuat perbedaan besar dalam hidup saya.”

 

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa ketika dia berhenti kuliah dia lantas ikut pelatihan menulis huruf indah.  Saat itu dia tidka tahu manfaatnya. Belakangan setelah dia memimpin sebuah perusahaan komputer keterampilan itu sangat bermanfaat untuk menghasilkan produk komputer yang memiliki huruf indah.  Maka dia menyarankan kita untuk mengkuti saja renjana atau passion kita.  Renjana itu nanti akan menghasilkan keterampilan. Kemudian keterampilan itu akan terhubung atau nyambung dengan peluang. Maka kita akan sukses manakala renjana dan keterampilan kita bertemu dengan peluang.

 

“Have the courage to follow your heart and intuition. They somehow know what you truly want to become.”

“Miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda. Mereka entah bagaimana tahu apa yang Anda benar-benar ingin menjadi.”

 

Kata Steve Jobs hati kita sudah tahu sejatinya kita ingin menjadi apa.  Dia sarankan ikuti saja kehendak hati itu. Masalahnya kadang hati kita tertarik pada suatu bidang yang sekilas tidak jelas peluang keuangannya.  Di sinilah kita dituntut untuk teguh pada pendirian.  Steve sendiri sudah membuktikan bahwa renjananya yang awalnya belum jelas prospeknya belakangan justru memberinya sukses besar. Jadi ikuti saja bisikan hati.

 

Jadi intinya saran Steve Jobs adalah ikuti pikiran sendiri, ikuti renjana, ikuti kata hati dan intuisi serta berpikir simpel saja.  Itulah kiat sukses atau kunci sukses Steve Jobs.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu