x

Ariel Noah menyapa para tenaga kesehatan usai disuntik vaksin Covid-19 Sinovac di RS Kesehatan Ibu Dan Anak di Bandung, Kamis, 14 Januari 2021. Hari ini merupakan kick off penyuntikan pertama vaksin Covid-19 Sinovac khusus untuk 1,4 juta tenaga medis di Indonesia. TEMPO/Prima mulia

Iklan

Malik Ibnu Zaman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2022

Sabtu, 8 April 2023 21:03 WIB

5 Lagu yang Ternyata Memiliki Makna Religi

Sebuah lagu pasti memiliki makna di dalam setiap liriknya, salah satunya adalah makna religi. Biasanya menjelang Bulan Ramadhan banyak dari para musisi atau penyanyi yang merilis lagu religi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebuah lagu pasti memiliki makna di dalam setiap liriknya, salah satunya adalah makna religi. Biasanya menjelang Bulan Ramadhan banyak dari para musisi atau penyanyi yang merilis lagu religi.

Lagu religi di Indonesia kebanyakan menggunakan kalimat yang memiliki makna tersurat yaitu mengungkapkan secara eksplisit mengenai keagamaan. Sehingga tanpa dijelaskan pun pendengar akan paham bahwa itu lagu religi.

Kemudian ada juga lagu yang sebenarnya memiliki makna religi, tetapi secara tersirat. Jadi dalam liriknya tidak mengungkap secara eksplisit mengenai keagamaan, melainkan dengan kalimat sedemikian rupa. Sehingga pendengar pun tidak menyadari bahwa lagu tersebut ternyata memiliki makna religi. Untuk memahaminya perlu ditelisik dalam-dalam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut 5 lagu yang ternyata memiliki makna religi:

1# Jangan Menyerah

Pertama adalah Jangan Menyerah yang merupakan lagu dari D Masiv yang rilis pada tahun 2009. Seperti judulnya lagu tersebut memberikan nasehat untuk tidak menyerah dengan keadaan, mengingatkan untuk bersyukur, serta segala permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Dalam video klipnya menceritakan seorang anak penari jalanan yang akhirnya sukses.

Jika ditelisik makna dari setiap liriknya, lagu ini bukan hanya sekedar lagu motivasi, tetapi juga lagu religi, karena mengandung pesan ibadah di dalam lagunya. Islam sendiri melarang umatnya untuk berputus asa, dan dalam Al-Qur'an terdapat 20 ayat dalam 16 surat yang menjelaskan larangan berputus asa, sebabnya, dan solusinya. Lalu dalam Surat Al-Insyirah ayat 5-6 menerangkan bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.

2# Tak Ada yang Abadi

Berikutnya adalah lagu dari Noah yang berjudul Tak Ada yang Abadi. Lagu tersebut rilis pada tahun tahun 2014, saat grup band Noah masih bernama Peterpan. Video klip dari lagu tersebut menceritakan seorang perempuan yang melakukan balas dendam. Sementara itu dilihat dari liriknya memiliki makna tersirat bahwa kehidupan di dunia ini tidak ada yang kekal, baik itu harta, jabatan, jiwa.

Islam menjelaskan bahwa dunia itu sifatnya fana (rusak) yaitu hanya sementara atau tidak abadi. Orang-orang yang kita sayangi pasti akan mati meninggalkan kita, atau sebaliknya kita terlebih dahulu yang meninggalkan mereka. Begitu juga dengan harta, jabatan, anak, semuanya yang kita miliki hanyalah titipan.

3# Sampai Nanti, Sampai Mati

Berikutnya adalah lagu dari Letto berjudul Sampai Nanti, Sampai Mati. Lagu ini rilis pada tahun 2005. Jika melihat video klipnya, pasti banyak orang berpikir bahwa lagu ini adalah lagu tentang cinta. Tetapi jika kita telisik dari setiap liriknya, lagu ini memiliki makna religi.

Lagu Sampai Nanti, Sampai Mati memiliki makna bahwa setiap orang takut mati, dan kesusahan itu datang silih berganti. Tetapi jangan patah semangat terus berjuang hingga mati. Islam melarang untuk berputus asa dari rahmat Allah. Hal ini dijelaskan dalam Surat Yusuf ayat 87.

4# Dealova

Keempat adalah Dealova. Lagu ini dinyanyikan oleh Once Mekel, dan lagu ini ciptaan dari Opick. Lagu yang rilis tahun 2005 ini juga merupakan soundtrack film dari judul yang sama yaitu Dealova.

Banyak orang mengira bahwa lagu ini adalah lagu romantis, menceritakan kecintaan sesorang kepada kekasihnya. Tetapi jika kita renungkan lagi lebih dalam, justru lagu ini menceritakan kecintaan hamba kepada Tuhannya. Istilahnya Hablum Min Allah.

5# Sebelum Cahaya

Selanjutnya Sebelum Cahaya, yang merupakan lagu dari Letto. Lagu menjadi soundtrack sinetron Cahaya ini rilis pada tahun 2007. Jika mendengar hanya sekilas mungkin banyak yang mengira bahwa lagu ini merupakan lagu romantis tentang kisah percintaan sepasang insan, apalagi jika video klip dijadikan acuan untuk menginterpretasi.

Jika dicermati lebih dalam justru lagu ini mengandung makna religi, bisa ditafsirkan tentang seorang hamba yang sedang mencari Tuhannya. Kemudian juga menegaskan bahwa Tuhan itu tidak akan pernah meninggalkan hambanya. Bisa juga ditafsirkan tentang seorang hamba yang mendekatkan diri kepada Tuhannya di waktu sepertiga malam.

Itulah 5 lagu yang ternyata memiliki makna religi.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Malik Ibnu Zaman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu