x

Poster film Indigo: What Do You See? (Sumber: lampungnesia.com)

Iklan

Ariella Margareta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Bergabung Sejak: 24 Oktober 2023

Rabu, 25 Oktober 2023 09:24 WIB

Teror Indigo Datang! Apakah Kamu Ingin Melihatnya?

Film horor Indigo: What Do You See? hadir menghiasi bioskop Indonesia. Apakah kamu ingin melihatnya sekarang?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berbicara soal film horor, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Bagaimana tidak? Di bulan Oktober ini, bioskop Indonesia dihiasi oleh film-film horor, baik dari luar negeri maupun dari Indonesia sendiri. 

Munculnya film-film horor ini tidak lain dan tidak bukan karena untuk menyambut perayaan Halloween yang jatuh pada tanggal 31 Oktober. Halloween identik dengan sesuatu yang menyeramkan. Tidak heran, jika di Bulan Oktober ini jadi banyak film-film horor yang tayang dan menghiasi bioskop kita. 

Salah satu film horor yang baru saja tayang beberapa hari lalu di bioskop Indonesia adalah Indigo: What Do You See? Wah, dari judulnya saja sudah terlihat menyeramkan dan menegangkan bukan? Menariknya, film yang satu ini ternyata menghadirkan Sara Wijayanto sebagai salah satu lakonnya, YouTuber yang memiliki kemampuan indigo atau melihat makhluk tak kasat mata. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain Sara, film yang dirilis pada 19 Oktober 2023 ini juga melibatkan lakon-lakon lainnya, seperti Amanda Manopo, Aliando Syarief, Nicole Rossi, Ryuken Lie, dan Marcellino Lafrand. Film ini menjadi kembalinya (come back) Amanda Manopo di dunia perfilman horor. Buat penggemar Amanda Manopo dan Aliando Syarief pasti film ini sangat ditunggu-tunggu bukan? 

Film Indigo yang memiliki durasi 118 menit ini diproduksi oleh Hitmaker Studios dan Legacy Pictures dengan sutradaranya Rocky Soraya. Tidak perlu diragukan lagi bukan bagaimana kualitas dari film yang satu ini? Hal ini dikarenakan Sutradaranya sendiri sudah memiliki pengalaman mumpuni sejak lama dalam memproduksi film horor, seperti The Doll 2, Sabrina, dan Mata Batin. Bahkan film ini sudah mendapatkan rating 9.4 dalam lima hari penayangannya. 

 

Sinopsis film Indigo: What Do You See?

Film ini mengisahkan seorang perempuan yang bernama Zora (Amanda Manopo) yang memiliki kemampuan melihat makhluk-makhluk tak kasat mata sejak kecil. Tapi, saat kecil kemampuan supranaturalnya itu sudah ditutup. Tak disangka-sangka, Ninda (Nicole Rossi), adik Zora juga terlahir sebagai seorang indigo yang sama dengan dirinya. 

Kemampuan yang sudah ada sedari kecil ini menjadi bumerang bagi mereka berdua. Lantaran nyawa Ninda terancam oleh makhluk tak kasat mata yang terus mengganggu dan berusaha untuk merasuki tubuh Ninda. 

Sebagai satu-satunya keluarga Ninda yang tersisa karena kedua orang tuanya meninggal, Zora harus menyelamatkan adiknya dari gangguan-gangguan mistis yang mengancam nyawa Ninda. Untuk menyelamatkan Ninda, Zora dibantu oleh kekasihnya yang bersama Aksa (Aliando Syarief) dan Sekar (Sara Wijayanto), seorang paranormal yang mengerti mengenai hal-hal mistis. 

Setelah lama kemampuan supranaturalnya itu ditutup, Zora pun dipaksa untuk beradaptasi dengan hal-hal yang mistis dengan menjadi seorang indigo demi menyelamatkan sang adik. Lalu, mampukah Zora menyelamatkan adiknya dari gangguan-gangguan mistis? 

Sebagai film horor, Indigo: What Do You See? Ini identik dengan hadirnya sosok-sosok tak kasat mata dengan situasi mengancam yang akhirnya menciptakan rasa ketakutan dan kecemasan dari alur cerita yang ditampilkan (Astuti, 2022).  Film ini menampilkan adegan-adegan yang sadis dan fiktif, yang ditunjukkan dari adegan Zora kecil yang terseret secara tiba-tiba dan terangkat ke atas. 

Meskipun bergenre horor, film ini juga sedikit menampilkan genre drama di beberapa adegan pada satu jam pertama, yang menampilkan relasi asmara antara Zora (Amanda Manopo) dan kekasihnya, Aksa (Aliando Syarief). 

Genre-genre yang ada di dalam suatu film ini menjadi hal yang penting agar makna-makna dalam film dapat disampaikan dengan baik pada penontonnya (Astuti, 2022). Bagi sebagian orang, perpaduan antara genre horor dan drama menjadi sesuatu yang terlihat aneh dan tidak cocok. Tapi, tak sedikit juga yang beranggapan bahwa perpaduan ini justru menjadi sesuatu yang ‘menyegarkan’ karena penonton tidak selalu dibawa pada hal yang menyeramkan, tapi juga bisa mengusik emosi. 

Buat kamu yang tertarik dengan hal-hal tak kasat mata, Indigo: What Do You See? adalah salah satu film yang bisa kamu tonton. Jadi apakah kamu penasaran untuk melihat mereka? Atau kamu adalah salah satunya yang bisa melihat mereka? 

Apakah kamu juga melihatnya? 

 

Daftar Pustaka:

Astuti, V. (2022). Buku ajar: Filmologi kajian film. Yogyakarta: UNY Press.

 

Ikuti tulisan menarik Ariella Margareta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu