x

Cover Majalah Tempo yang menurunkan laporan utama berjudul "Pesta Benur Menteri Edhy".

Iklan

Silvina febiola

hallo, saya Silvina Febiola. seorang mahasiswi Universitas Andalas program studi S1 Ilmu Komunikasi
Bergabung Sejak: 13 April 2023

Jumat, 14 April 2023 04:48 WIB

Konsep dan Perkembangan Media

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MEDIA MASSA SERTA BAGAIMANAKAH PERKEMBANGANNYA ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kinsep Media 

Seorang ahli, yaitu Fatria. 2017:136, mendefenisikan media sebagai segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang fikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian dan sebagainya.

Media berasal dari kata latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata medium. Media merupakan sebuah alat atau sarana yang digunakan sebagai penunjang dan memudahkan manusia dalam proses bertukar imformasi dan pesan, agar tercapainya kepentingan dan tujuan yang diinginkan. Pada umumnya manusia akan selalu membutuhkan media, karena dengan adanya media menjadikan proses komunikasi menjadi lebih mudah, serta berbagai keuntungan lainnya yang dapat kita peroleh apabila kita menggunakan sebuah media.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Massa merupakan sekumpulan yang terdiri dari beberapa orang yang tidak teratur, dimana biasanya para anggotanya tidak saling mengenal satu sama lainnya. Jadi, pengertian dari media massa merupakan sebuah sarana yang dimamfaatkan dan digunakan untuk keperluan dalam menyampaian imformasi secara lebih cepat dan efisien yang langsung berhubungan dengan masyarakat luas. 

Bentuk dari media massa terdiri dari 2 jenis, yaitu media cetak dan media elektronik. Bentuk dari media cetak adalah seperti buku, majalah, surat kabar atau koran, dan tabloid. Sedangkan bentuk dari media elektronik yaitu seperti televisi, radio, HP dan internet.  


Perkembangan media massa

Media merupakan hal yang menarik untuk dikaji, dikarenakan media merupakan sebuah perantara penyampaian imformasi yang terus mengalami perbaharuan. Perkembangan teknologi dan media massa yang pesat pada saat sekarang ini tidak lepas dari sejarah media dari zaman dahulu hingga sekarang .Media akan terus mengalami perkembangan dari masa ke masa, yang mana hal ini berkaitan dengan tuntutan kehidupan manusia yang terus berubah seiring dengan kemajuan zaman dan bentuk kehidupan.  

Pada zaman dahulu orang-orang berkomunikasi menggunakan barang -barang yang  berasal dari alam. Contohnya seperti batu. Pada waktu dahulu sebelum ditemukannya kertas orang-orang menggunakan batu dengan digores lalu menuliskan huruf-huruf aksara pada batu tersebut untuk proses berkomunikasi dan bertukar imformasi. 

Pada beberapa tahun berikutnya bertukar imformasi dan pesan mulai menggunakan daun lontar, yang mana tulisan kita muat di atas daun lontar yang kering. Salah satu keunggulan penggunaan daun lontar sebagai media bertukar pesan adalah tulisan diatas daun lontar lebih bertahan lama. Daun lontar juga digunakan sebagai media cetak yang memuat beberapa berita dan imformasi pada masa ini. 

Setelah beberapa waktu kemudian ditemukanlah kertas sebagai media bertukar imformasi. Setelah ditemukannya kertas, orang-orang mulai memamfaatkan burung merpati untuk dapat berkomunikasi jarak jauh. Pesan yang ditulis diatas kertas tersebut diikatkan kepada merpati, dan merpati akan membawanya menuju alamat tujuan dari si penerima pesan. Sejak ditemukannya kertas ini, media cetakpun mulai menggunakan kertas dan tidak lagi menggunakan daun lontar. 
Seiring dengan berlalunya waktu, mulai ditemukannya listrik. Ini  menjadi hal yang juga dimamfaatkan oleh masyarakat sebagai media bertukar pesan, yaitu dengan menggunakan telegraf. Telegraf ini mulai popular pada abad ke 19, dan imformasi yang disampaikan menggunakan symbol morse. Pada masa ini juga berkembangnya radio dan televisi sehingga penyampaian imformasi semakin mudah.

Selanjutnya mulai ditemukan telepon gengam yang dapat membuat masyarakat berkomunikasi dengan jarak jauah menjadi lebih mudah, yaitu dengan memamfaatkan pulsa serta jaringan internet. 

Teknologi pun semakin berkembang pesat, zaman semakin maju dan kehidupan masyarakat terus mengalami perubahan dan perkembangan. Kemudian ditemukanlah media social, yaitu media yang membuat komunikasi dan proses menyebaran berita dan imformasi semakin mudah dan praktis. Media social dapat digunakan dengan telephone genggam yang kita punya. Ada banyak jenis aplikasi di media social seperti whatsapp, Instagram, tiktok,email, twitter dan sebagainya.

Semua aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk keperluan komunikasi dan imformasi saja, akan tetapi juga dimamfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja, berjualan, promosi produk, mencari lokasi dan tempat yang ingin dituju, media social sebagai tempat dan proses pembelajaran, untuk update status dan berbagai kepentingan hidup lainnya yang diinginkan oleh masyarakat sebagai penggunannya. 

Jadi itulah konsep dan perkembangan dari media massa dari waktu ke waktu, yang senantiasa berubah dan mengalami perkembangan serta pembaharuan yang sejalan dengan kebutuhan hidup masyarakat yang semakin kompleks. 

 

Ikuti tulisan menarik Silvina febiola lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB