x

Ilustrasi Kecerdasan Buatan. Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay.com

Iklan

Romeo Andromeda

Mahasiswa Universitas Airlangga
Bergabung Sejak: 29 April 2023

Senin, 1 Mei 2023 07:12 WIB

Kemampuan yang Tidak Tergantikan oleh AI; Apa itu?

Perkembangan zaman seperti era sekarang harus diimbangi dengan skill khusus. Sebuah keterampilan yang membuat umat manusia tetap lebih unggul dari kecerdasan buatan alias AI. Apakah anda siap?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring berjalannya waktu maka zaman semakin berubah. Pada saat ini kita semua tahu betapa signifikan dampak dari revolusi industri 4.0 dalam kehidupan manusia.  Teknologi berkembang sangat cepat.

Industri 4.0 memang mengubah berbagai aspek kehidupan, dan hal tersebut membawa dampak positif dan dampak negatif. Pada era revolusi ini terdapat hasil perkembang teknologi yang sedang ramai diperbincangkan, yaitu AI atau Kecerdasan Buatan.

AI adalah suatu sistem yang awalnya diciptakan untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitas manusia. Namun teknologi ini bukan berarti tidak membawa dampak negatif pada kehidupan manusia. AI atau kecerdasan buatan ini sudah banyak sekali bermunculan dengan berbagai bidang keahlian. Ia mampu mengerjakan dan melaksanakan tugas maupun perintah dengan sangat cepat. Penyebaran sistem ini memang sangat terutama karena jangkauan media sosial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, jika semakin banyak manusia yang tidak dapat beradaptasi dan bersaing dengan keadaan ini, tidak menutup kemungkinan keseimbangan kehidupan akan terganggu. Karena AI bisa saja merebut dan menggantikan posisi pekerjaan yang dijalani manusia.

Oleh karena itu perlu adanya kesadaran mempelajari ilmu dan kemampuan untuk dapat bersaing dengan AI. 

Ada sedikitnya 5 kemampuan yang berpotensi tidak akan tergantikan oleh AI

1. Kemampuan Kreativitas

Setiap manusia pasti memiliki pandangan dalam berimajinasi yang berbeda, hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai kemampuan kreativitas orang tersebut. Kemampuan ini tentu tidak mudah digantikan oleh AI. Memang, AI menyediakan layanan membuat visualisasi namun tidak semudah itu. Tidak semuanya dalam bidang ini dapat dilakukan oleh AI, karena yang ia lakukan kadang tidak sesuai yang kita inginkan. Hasilnya kurang memuaskan.

Oleh karena itu, kemampuan kreativitas ini cukup penting dalam era saat ini untuk ditekuni, seperti menjadi seorang desainer atau desain grafis, social media specialist, dll.

2. Komunikasi

Komunikasi tidak bisa dihilangkan di dunia ini. Tanpa komunikasi, tidak akan ada kehidupan karena tidak adainteraksi. Berkomunikasi yang baik perlu keahlian khusus, seperti teknik-teknik dan penyampaiannya. Hal tersebut berguna bagi seseorang untuk menjalin hubungan baru dan mampu memberikan kesan yang baik.

Tentu saja, AI bahkan robot tidak bisa memiliki kemampuan komunikasi. Memang ada robot yang bisa berbicara, namun lain halnya jika harus berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu kemampuan komunikasi memiliki peluang cukup terang dalam perkembangan zaman saat ini.

3. Leadership

Dalam suatu perusahaan ataupun pekerjaan tentu berhubungan dan berinteraksi dengan banyak hal entah, itu manusia atau mesin. Kepemimpinan memiliki peran penting dalam hal ini, seperti melakukan koordinasi. AI tidak memiliki kemampuan untuk berkoordinasi dengan manusia lain atau dengan mesin. Tentu saja kemampuan ini sangat memiliki nilai yang penting. Jika menjadi pimpinan, keterampilan ini berpengaruh besar dalam mengelola perusahaan.

4. Critical Thinking

Kemampuan critical thinking ini berhubungan dengan masalah yang dialami langsung. Critical thinking membutuhkan pemikiran yang kritis dan analis mirip seperti problem solving. AI memang bisa menjalankan perintah namun kita sendiri yang lebih memahami dan merasakan akan masalah yang dihadapi pada saat itu. Di sini dibutuhkan critical thinking agar bisa memberi solusi terhadap masalah.

5. Kemampuan Emosi

AI adalah teknologi yang tentu tidak mempunyai perasaan dan kemampuan memahami emosi orang lain. Kemampuan untuk memahami emosi dan perasaan orang lain ini membantu manusia berhubungan dengan baik. Kemampuan ini juga membantu manusia berinteraksi lebih efektif dengan merasakan emosi yang dirasakan lawan bicara.

AI hanya mampu menjalankan tugas dan perintah yang diberikan. Inilah yang membedakan manusia dengan AI. Ini memastikan bahwa manusia masih memiliki peran penting dalam situasi sosial dan profesional. Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan ini seperti HRD yang berperan penting dalam suatu perusahaan.

Persiapkan diri anda dalam era ini dengan beberapa skill dan kemampuan diatas. Semua kemampuan tersebut sudah tertanam dalam diri anda dan hanya perlu didalami dan diasah lebih lanjut.

“ Jika kamu tidak berjalan sekarang maka kamu harus lelah berlari besok “.

Ikuti tulisan menarik Romeo Andromeda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler