x

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) UGM 2019

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Jumat, 5 Mei 2023 13:37 WIB

UTBK Sudah Dekat, Ikuti 10 Langkah Berikut agar Kamu Lolos ke Kampus Impian

Tinggal menghitung hari, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah mulai dilaksanakan. Agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal, yuk ikuti sepuluh tips berikut!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah salah satu momen penting dalam kehidupan seorang pelajar. Sebab, UTBK merupakan bagian dari tahapan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Meski begitu, UTBK tidak perlu dikhawatirkan jika kamu sudah mempersiapkannya dengan baik. UTBK akan dilaksanakan mulai dari 8 Mei hingga 28 Mei 2023. Artinya, ujian ini tinggal menghitung hari saja untuk memasuki hari pertamanya.

Buat kamu yang mengikuti ujian ini, yuk, ikuti 10 persiapan berikut agar berhasil lolos UTBK dan masuk di kampus impianmu!

1. Persiapkan Diri secara Mental dan Fisik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum mengikuti UTBK, kamu perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Persiapan ini meliputi istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, dan melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dalam kondisi fisik dan mental yang baik, kamu akan mampu menghadapi ujian dengan lebih baik.

2. Pelajari Materi yang Akan Diuji

Mempelajari materi yang akan diuji adalah hal yang sangat penting dalam persiapan UTBK. Pastikan kamu sudah menguasai semua materi dan konsep yang diperlukan dalam ujian tersebut.

Kamu bisa menggunakan buku-buku referensi, modul belajar dari lembaga bimbingan belajar, atau bahan ajar yang tersedia di internet.

3. Tetap Lakukan Try Out

Melakukan try out sebelum mengikuti UTBK adalah hal yang sangat direkomendasikan.

Try out bisa membantu kamu mengenal jenis soal yang akan muncul dalam ujian, mengukur kemampuanmu, dan mengetahui kelemahan serta kekuatanmu dalam menghadapi ujian.

Kamu bisa melakukan try out di lembaga bimbingan belajar atau secara mandiri menggunakan bahan-bahan try out yang tersedia di internet.

4. Fokus pada Soal yang Mudah

Saat menghadapi UTBK, jangan terlalu fokus pada soal yang sulit. Lebih baik fokus pada soal yang mudah terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa memastikan kamu menjawab semua soal yang ada.

5. Manfaatkan Waktu dengan Baik

Manfaatkan waktu yang tersedia dengan baik saat menghadapi UTBK. Jangan terlalu lama mengerjakan satu soal, pastikan kamu dapat menjawab semua soal yang ada, dan jangan lupa mengatur waktu dengan bijak agar kamu tidak kehabisan waktu.

6. Jangan Mencontek

Mencontek adalah tindakan yang sangat tidak etis dan berdampak buruk pada masa depanmu. Jangan sampai kamu terjebak dalam tindakan ini karena kamu bisa dikenai sanksi oleh panitia dan dampak negatifnya bisa sangat merugikanmu.

7. Jangan Terlalu Cemas

Cemas saat menghadapi UTBK memang wajar, namun jangan sampai terlalu cemas. Cobalah untuk tenang dan fokus pada soal yang ada.

Ingatlah bahwa kamu sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan yakinlah pada kemampuanmu.

8. Periksa Kembali Jawabanmu

Setelah selesai mengerjakan semua soal, pastikan kamu memeriksa kembali jawabanmu. Perhatikan waktu yang tersisa dan pastikan tidak ada soal yang terlewat. Jangan terburu-buru untuk menyerahkan lembar jawabanmu sebelum memeriksa kembali jawaban. Bila perlu, gunakan sisa waktu untuk memeriksa jawaban yang kurang yakin.

9. Jangan Terlalu Mengandalkan Hafalan

Materi yang diuji dalam UTBK bervariasi dan tidak hanya mengandalkan hafalan semata. Maka dari itu, jangan terlalu mengandalkan hafalan ketika mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

Lebih baik memahami konsep dan menguasai penerapannya dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memahami prinsip-prinsip dasar suatu konsep atau teori.

Kemudian, kamu bisa berlatih mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep tersebut. Selain itu, mengikuti les atau kelas bimbingan belajar juga bisa membantu meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep atau teori tersebut.

10. Berdoa

Mendekati pelaksanaan UTBK, banyak calon mahasiswa yang merasa sangat tegang dan cemas. Salah satu cara untuk mengurangi rasa cemas dan menenangkan diri adalah dengan berdoa. Berdoa dapat membantu memberikan ketenangan dan menguatkan diri.

Doa juga dapat membantu menenangkan pikiran dan menambah keyakinan pada diri sendiri. Setiap orang memiliki kepercayaan dan keyakinan yang berbeda, sehingga berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing adalah hal yang sangat penting.

Doa juga bisa menjadi refleksi diri dan mengingatkan kita pada tujuan yang ingin dicapai. Dengan berdoa dan bekerja keras, diharapkan dapat membantu kita untuk meraih impian masuk di kampus yang diinginkan.

Demikianlah sepuluh hal yang perlu kamu siapkan untuk dapat lolos di UTBK dan masuk ke kampus impianmu. Ingatlah bahwa UTBK hanya sebagian kecil dari perjalananmu dalam mengejar impianmu.

Teruslah belajar dan berkembang untuk mencapai kesuksesanmu di masa depan. UTBK bukanlah akhir dari segalanya, namun merupakan awal dari perjuanganmu untuk meraih cita-citamu dan mewujudkan impianmu.

Semoga tips ini bisa membantumu untuk melewati UTBK dengan sukses dan meraih cita-cita untuk masuk ke kampus impianmu. Semangat!

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu