x

Lukisan Berjudul Bologna Mozart. Wikipedia

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Kamis, 25 Mei 2023 08:07 WIB

Bukan Mozart yang Menciptakan Lagu Twinkle, Twinkle, Little Star

Komposer Wolfgang Amadeus Mozart dikenang karena kedewasaannya, keluarannya yang produktif, dan melodinya yang indah. Dengan segala hormat pada bar pembuka Eine kleine Nachtmusik yang terkenal, mungkin melodi paling akrab yang terkait dengan Mozart dikenal oleh penutur bahasa Inggris sebagai Twinkle, Twinkle, Little Star. Mungkin?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komposer Wolfgang Amadeus Mozart dikenang karena kedewasaannya, keluarannya yang produktif, dan melodinya yang indah dan berkesan. Dengan segala hormat pada bar pembuka Eine kleine Nachtmusik yang terkenal, mungkin melodi paling akrab yang terkait dengan Mozart dikenal oleh penutur bahasa Inggris sebagai "Twinkle, Twinkle, Little Star."

Memang, secara umum diyakini bahwa lagu itu adalah salah satu komposisi paling awal Mozart, yang ditulis ketika dia masih kecil untuk kakak perempuannya, Nannerl. Sayangnya, cerita itu tidak benar.

Dikutip dari artikel John M Cunningham dalam Britannica, kisah yang benar adalah bahwa Mozart menyusun serangkaian variasi nada untuk piano. Variasi itu mungkin ditulis pada awal 1780-an, ketika Mozart masih muda, dan itu mungkin dimaksudkan sebagai latihan piano untuk siswa musik yang dia ajar. Karya lengkapnya diterbitkan pada 1785 dan dideskripsikan sebagai variasi dari "Ah, vous dirai-je, Maman", sebuah lagu rakyat Prancis yang populer saat itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut terjemahan bebas dari lirik lagu tersebut

Ah, Mother, if I could tell you / What causes my torment / Father wants me to reason / Like a grown-up / But I say that sweets / Are worth more than reason

(Ah, Ibu, seandainya  bisa kuberi tahu  / Apa yang menyebabkanku tersiksa / Ayah ingin aku bernalar / sebagaimana dewasa / Namun, aku  ingin katakana,  bahwa permen / Lebih berharga dari pada akal)

Jadi siapa yang membuat lagu itu sendiri? Tidak ada yang tahu. Melodi “Ah, vous dirai-je, Maman” pertama kali diterbitkan (tanpa kata-kata) dalam Les Amusements d'une Heure et Demy (1761), kumpulan musik yang dimainkan di pesta kebun.

Koleksi tersebut dikaitkan dengan seorang pria bernama Boüin, tetapi tidak ada bukti bahwa dia yang menulis musik secara pribadi. Meskipun beberapa ahli berpendapat bahwa lagu tersebut mungkin berasal dari tahun 1740, identitas penggubahnya masih menjadi misteri.

Adapun Twinkle, Twinkle, Little Star, itu berasal dari puisi yang ditulis oleh penulis Inggris Jane Taylor dan diterbitkan pada tahun 1806 dalam antologi puisi bertajuk The Star. Beberapa waktu kemudian puisi itu disetel ke melodi Ah, vous dirai-je, Maman.

Kemunculan kata dan musik yang paling awal diketahui berasal dari tahun 1838. Seperti yang mungkin sudah Anda sadari, itu bukan satu-satunya kumpulan lirik alternatif untuk lagu tersebut. Di antara lagu-lagu lain yang menggunakan melodi adalah "Baa, Baa, Black Sheep", lagu alfabet ("A-B-C-D-E-F-G"), dan nyanyian bersama Jerman Ist das nicht ein Schnitzelbank?. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB