x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 7 Juni 2023 20:29 WIB

Jangan Pilih kepada Siapa Berbuat Baik

Jangan pilih kepada siapa berbuat baik? Lakukan saja untuk kebaikan di lingkungan kita

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berbuat baik bukan hanya dianjurkan. Tapi juga dilarang untuk meremehkan kebaikan. Karena kebaikan adalah sifat baik dan perbuatan baik yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari kebaikan tidak lain, hanya baik dan bagus bagi lingkungannya.

Baik itu sederhana. Tersenyum saat bertemu irang. Mengucap salam kepada siapapun. Memilih berkata-kata baik daripada menyakitkan. Sedekah, bahkan berbuat baik kepada siapapun, termasuk ke orang jahat. Baik itu tidak ada batasan, tidak perlu dipilih kepada siapa harus berbuat baik.

Rasulullah bersabda, “Kebaikan ialah budi pekerti yang luhur, sedangkan dosa ialah sesuatu yang menimbulkan keraguan dalam hatimu, dan engkau tidak suka kalau hal itu diketahui orang lain (HR. Muslim).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berbekal semangat menebar kebaikan itu pula, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor tidak pernah berhenti berbuat baik. Mulai dari menyediakan tempat membaca buku, melatih antre, menghibur anak-anak, bermain bersama hingga jadi tempat aktualisasi diri anak difabel. Karena taman bacaan hanya tahu berbuat baik. Tanpa peduli orang suka atau tidak.

Maka, “Janganlah sekali-kali meremehkan suatu kebaikan, walaupun hanya melemparkan senyuman kepada saudaramu ketika bertemu.” (HR. Muslim, no. 2626).

Terkadang, satu kerikil dapat menyebabkan longsoran salju jika menghantam tempat yang tepat. Begitu pula, mulut yang salah makan bisa jadi sebab awal datangnya sakit. Apalagi mulut yang salah bicara. Sekali lagi, jangan pernah meremehkan perbuatan baik sedikitpun.

Banyak orang menganggap kebaikan itu sepele. Tapi amalan kecil dengan niat yang tulus dapat menjadikan seseorang sangat bernilai di sisi Allah SWT. Ibnul Mubarak berkata, “Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar (pahalanya) karena sebab niat. Dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil (pahalanya) karena sebab niat.” (lihat Al-Jami’ Ulum wal Hikam).

Setiap kebaikan pasti ada nilainya, bahkan ada ganjarannya. Bila belum bisa dan mampu, jangan remehkan kebaikan yang dilakukan orang lain. Karena setiap orang memiliki kekuatan untuk mengejutkan siapa pun kapan saja. Itulah dahsyatnya arti kebaikan.

Kebaikan saja tidak boleh diremehkan, apalagi orang lain. Tebarkan terus semangat kebaikan di mana pun, untuk siapapun. Salam literasi!

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler