x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Selasa, 13 Juni 2023 15:29 WIB

Tip Menikmati Paket Wisata Air Terjun Madakaripura yang Eksotis

Karena jasa dan pengabdiannya kepada kerajaan Majapahit yang begitu luar biasa. Sang Mahapatih gajah mada diberikan tanah perdikan yang diberi nama Madakaripura yang kemudian dipercaya merupakan lokasi muksa atau menghilangnya Sang Mahapatih Gajah mada.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika anda berkunjung ke Jawa Timur jangan lupa untuk menikmati paket wisata air terjun Madakaripura yang exotis dan sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun anda bisa mengikuti paket wisata Bromo-Madakaripura yang banyak ditawarkan.

Lokasi Dan HTM

Untuk dapat menikmati air terjun Madakaripura, anda sebaiknya mengetahui informasi obyek wisata ini. Berlokasi di Branggah, Negororejo, kecamatan Lumbang, Probolinggo. Wisata yang berjarak sekitar 45 km dari Gunung Bromo Ini beroperasi dari 08.00 hingga 19.00 WIB . Biaya untuk masuk ke lokasi wisata air terjun Madakaripura yang ini ditawarkan Rp11 ribu setiap orangnya 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Keunikan Lokasi wisata

Untuk dapat menikmati paket wisata air terjun Madakaripura ini, pengunjung akan diajak menyusuri sepanjang 3 km yang cukup unik dengan pemandangan yang eksotis, sebelum mencapai lokasi. Air terjun yang memiliki  ketinggian 200 meter ini merupakan air terjun nomor dua tertinggi di Indonesia, setelah air terjun Sigura-gura yang berada di Danau Toba.

 

Panorama Alam Air Terjun

Karena debit airnya yang besar dan selalu melimpah, maka air terjun Madakaripura mendapat sebutan “Air Terjun Abadi”. Saat mengikuti paket wisata air terjun Madakaripura, pemandu wisata anda akan mengantar para pengunjungnya untuk  menikmati panorama alam yang luar biasa di sekitar lokasi air terjun. Uniknya lagi air terjun ini oleh masyarakat setempat dianggap suci, maka tak mengherankan apabila di lokasi ini sering dijadikan prosesi upacara Mendak Tirta yang diselenggarakan setiap tahun.

Lokasi wisata yang sangat unik ini, seperti ceruk yang di sekelilingnya berupa tebing-tebing tinggi. Airnya  selalu menetesi tebing, sehingga memberikan pemandangan tirai air dengan kecantikan yang luar biasa. Dingin dan lembabnya udara khas pegunungan dengan pepohonan yang lebat daun-daunya, memberikan suasana asri dan nyaman.

Hebatnya lagi di balik air tejun utama, terdapat sebuah gua yang didalamnya  berupa ruangan yang berbentuk lingkarang dengan diameter kurang lebih 25 meter. Tetapi untuk memasuki gua tersebut pengunjung harus memasuki kolam air yang luasnya sekitar 25 meter persegi.

 

Sejarah Dan Legenda

Kebanyakkan pengunjung yang datang ke tempat ini karena rasa penasaran dengan sejarah dan legenda dari air terjun Madakaripura. Menurut legenda masyarakat setempat lokasi  ini  merupakan tempat peristirahatan terakhir seorang tokoh yang mempersatukan nusantara dengan Sumpah Palapa, Sang Mahapatih Gajah Mada.

Karena jasa dan pengabdiannya kepada kerajaan Majapahit yang begitu luar biasa. Sang Mahapatih gajah mada diberikan tanah perdikan yang diberi nama Madakaripua oleh raja Majaphit pada waktu itu. Menurut kepercayaan warga setempat, air terjun ini dipercaya merupakan lokasi muksa atau menghilangnya Sang Mahapatih Gajah mada. Maka, ketika anda akan memasuki lokasi wisata ini akan disambut oleh patung Sang Mahapatih Gajah Mada.

 

Waktu Terbaik

Ketika anda akan berkunjung di lokasi wisata air terjun Madakaripura ini sebaiknya disaat musim kemarau saja. Sebab apabila anda berkunjung disaat musim penghujan lokasi ini bisa menjadi sangat berbahaya. Debit air terjun yang besar akan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan banjir. Di lokasi utama air terjun ini terdapat tebing yang melingkar, sehingga memberikan nuansa seolah-olah pengunjung berjalan masuk ke dalam sebuah botol alam yang indah.

Dan waktu terbaik untuk anda menikmati wisata air terjun ini adalah pada siang hari. Apabila cuaca sedang bagus dan cerah, pengunjung dapat menikmati indahnya pelangi yang berada di atas air terjun Madakaripura yang sangat exotis. Anda pastinya akan bisa mendapatkan spot-spot foto yang menarik dan instagramable. Para pemandu wisata di tempat ini akan membantu menunjukan tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan objek foto untuk dijadikan latar belakangnya. 

 

Nah demikianlah tips untuk anda dapat menikmati wisata air terjun Madakaripura, anda sebaiknya menggunakan mantel supaya tidak basah kuyup saat mengikuti paket wisata air terjun Madakaripura. Pengunjung harap berhati-hati saat mengambil spot foto dan sebaiknya segera meninggalkan lokasi sebelum sore hari serta selalu tetap menjaga kebersihan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB