x

Sistem Informasi Manajemen adalah adalah sebuah sistem informasi yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam membuat keputusan.

Iklan

Danang Yoga

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juni 2023

Kamis, 15 Juni 2023 07:49 WIB

Kemajuan Sistem Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Sistem Informasi telah berkembang begitu pesat, sehingga sekarang kegiatan kita bisa kita handle dengan mudah melalui hp atau komputer. contohnya seperti belanja kita tidak lagi perlu ke pasar swalayan atau ke pasar tradisional, namun kita bisa melakukannya melalui applikasi tertentu dan juga untuk menuntut ilmu kita tidak lagi perlu datang kesekolah atau ketempat les, kita bisa mendapatkannya melalui applikasi e-learning yang sudah disediakan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

       1. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakannya untuk mendukung operasi dan manajemen. Komponen dari sistem informasi ini terdiri dari hardware, software, telekomunikasi, database dan data warehouses, serta sumber daya manusia dan prosedur. Sistem informasi adalah suatu istilah yang tidak lepas dari manajemen. Sistem informasi memang digunakan oleh hampir semua sektor kehidupan sekarang ini. Mulai dari kegiatan bisnis untuk menghimpun data produk dan mengelola sumber daya. Bahkan, istilah sistem informasi manajemen juga sering kali terdengar, yang mana artinya adalah sistem yang memproses data dan menyiapkan informasi yang diperlukan.

       2. MANFAAT SISTEM INFORMASI DIBERBAGAI BIDANG

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemajuan Sistem Informasi ini juga memberikan kita sebagai umat manusia berbagai manfaat yang bisa mempermudah dan mempercepat kegiatan kita, lebih tepatnya kemajuan Sistem Informasi ini dapat mempersingkat waktu kita untuk melakukan segala hal. Contoh manfaat Sistem Informasi diberbagai bidang :

  • Bidang Telekomunikasi

    Jika dulunya kamu hanya bisa berkomunikasi dari mulut ke mulut, yang kadang membuat informasi yang disampaikan dari orang ke orang bisa berbeda. Kini, kamu sudah bisa menggunakan berbagai macam teknologi. 

    Saat orang-orang mulai mengenal surat menyurat, informasi yang didapat mungkin akurat akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dalam penyampaiannya. Penemuan telegraf lalu telepon kemudian menjadi cikal bakal majunya teknologi informasi.

  • Bidang Bisnis

    Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis tentunya sangat merasakan manfaat teknologi informasi yang terus berkembang. Kemudahan dalam berjualan bisa dirasakan pada media sosial seperti Facebook dan Instagram. Apalagi dengan banyaknya aplikasi online atau marketplace yang menawarkan berbagai fasilitas menguntungkan baik bagi penjual dan pembeli.

  • Bidang Kesehatan

    Jika dulu pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah berkas, sekarang pencatatan juga dilakukan dan diarsipkan di komputer. Hal ini akan sangat memudahkan petugas untuk mengetahui rekam medis pasien dengan cepat. Rekam medis berbasis komputer ini meliputi data klinis pasien dari hasil pemeriksaan dokter ataupun hasil laboratorium.

  • Bidang Perbankan

    Dulu kamu mungkin menggunakan celengan saat ingin menyimpan uang untuk menabung. Lama kelamaan banyak bermunculan perusahaan-perusahaan perbankan baik milik pemerintah maupun swasta yang menawarkan keamanan dan keuntungan dalam menabung atau menyimpan uang. Banyak sekali ATM dan mesin setor tunai yang bisa kamu jumpai di setiap sudut kota dengan layanan 24 jam nonstop.

       3. Contoh Sistem Informasi Dalam Kehidupan Sehari hari 

  • E-commerce

    E-commerce merupakan suatu proses transaksi jual beli dan dilakukan secara online. Memang saat ini tren perdagangan bergeser dari sistem konvensional menjadi digital. Ada banyak contoh sistem informasi untuk jenis e-commerce ini seperti Business to Consumers atau B2C. Sesuai dengan namanya, metode yang digunakan adalah produsen langsung menawarkan produknya kepada konsumen. Ada lagi jenis lainnya yaitu Business to Business atau B2B dan merupakan jenis e-commerce terbesar karena metode transaksinya langsung antar perusahaan. Contohnya sebuah perusahaan obat-obatan melakukan transaksi dengan rumah sakit untuk membeli produknya.

  • Internet Banking atau E-Banking

    Secara sederhana internet banking bisa disebut dengan perbankan elektronik dan bentuknya ada bermacam-macam.Contohnya adalah ATM atau automated teller machine yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi. Jika dulu nasabah perlu datang ke kantor cabang saat akan melakukan transaksi, sekarang bisa menggunakan ATM karena prosesnya lebih cepat.

  • E-LEARNING

    Sistem pendidikan saat masa pandemi berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan e-learning. E-learning terdiri dari dua kata yaitu elektronik dan learning sehingga dapat diartikan sebagai pembelajaran secara elektronik atau online.Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa proses pembelajaran e-learning dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Jadi nantinya ada seorang guru yang memberikan materi kepada muridnya secara daring selain itu metode ini juga bisa digunakan walaupun Anda berada di luar negeri.Salah satu keuntungan dari e-learning ini adalah efisiensi biaya karena proses pembelajaran yang bisa dilakukan di dalam rumah. Anda hanya memerlukan gadget saja sehingga bisa menghemat pengeluaran seperti biaya transportasi.

  • Booking Online

    Aktivias booking online juga termasuk dalam bidang sistem informasi. Proses pemesanan tiket pesawat atau kereta, tiket nonton, dan penginapan kini bisa dilakukan secara online. Dulu jika ingin memesan tiket kereta api harus datang langsung ke stasiun. Walaupun tetap bisa memesan tiket secara langsung, akan tetapi kini banyak orang mulai beralih cara online lewat aplikasi atau website resmi. Pemesanan secara online juga akan membantu Anda agar tidak kehabisan tiket.

  • Artificial Intelligence

    Artificial Intelligence merupakan salah satu contoh sistem informasi yang biasanya diterapkan pada ponsel. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah sebuah simulasi dari kecerdasan manusia yang dibuat dalam bentuk program. Salah satu contoh kecerdasan buatan adalah teknologi DeepFace milik Facebook. Teknologi ini berfungsi untuk mengenali wajah seseorang di sebuah foto. Adanya teknologi ini akan membantu pengguna Facebook ketika hendak menandai orang pada postingan tersebut.

Terima kasih kepada indonesiana.id karna telah menyediakan platform untuk saya mengupload tugas saya.

Ikuti tulisan menarik Danang Yoga lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu