x

Gereja Mendorong umat untuk memajukan ekonomi mereka melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Iklan

Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Rabu, 14 Juni 2023 07:31 WIB

Dewan Pastoral dan Keuangan Paroki Dipilih untuk Mewujudkan Kesejahteraan Umat Allah dalam Kasih

Awam Katolik yang bergabung ke dalam wadah Dewan pastoral berperan untuk melayani umat. Mereka dipercayakan oleh umat untuk menjalankan karya-karya pastoral khususnya terkait pemberdayaan sosial ekonomi agar umat yang dilayani semakin sejahtera dan mereka tidak menjadi kelompok rentan, baik dari segi Rohani maupun ekonomi. Pada Tahun 2023 Keuskupan Ruteng berkomitmen untuk mengupayakan peningkatan ekonomi dari umat secara adil dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup untuk menjamin keberlanjutan kehidupan semua mahluk hidup.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam spiritualitas persekutuan kita semua diminta untuk memelihara persatuan dan kesatuan kita dengan Tuhan.  Persekutuan atau persatuan dengan  Tuhan ini adalah dasar utama yang menjiwai persatuan paroki, stasi, KBG keluarga dan persatuan dalam DPP & DKP itu sendiri. Persatuan dengan Tuhan itu adalah juga kekuatan utama bagi setiap kita dalam hidup dan dalam melaksanakan berbagai pelayanan di Gereja dan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Vikaris Jenderal, Romo Alfons Segar, Pr dalam homilinya pada pelantikan Dewan Pelaksana Pastoral (DPP) dan Dewan Keuangan (DKP) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (11/6/2023).

Dalam iman, Jelas Romo Alfons, kita semua berbahagia karena pada hari minggu ini kita merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus dan pesta pelindung paroki Ekaristi Kudus Ka Redong. Bertepatan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus dan Pelindung paroki ini kita akan mengikuti Ritus Pelantikan DPP & DKP Ekaristi Kudus Ka Redong, periode 2023 2027.

Kita bersyukur atas kesuksesan dan kelancaran dalam semua proses pemilihan, keterpilihan dan kesediaan Bapa, Ibu, Saudara, Saudari kita ini untuk menjadi Dewan Penasihat, Ketua dan anggota DPP & DKP, Pengurus Wilayah dan Kelompok Basis Gerejani (KBG) seraya memohon berkat Tuhan bagi semuanya agar dapat menjalankan berbagai pelayanan yang dipercayakan kepada mereka masing-masing dalam kasih dan dengan penuh tanggungjawab. Untuk itu, maka kita semua yang terpilih menjadi pelayan Tuhan : bersatulah dengan Kristus dan Sesama dalam Kasih.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Romo Alfons mengajak, marilah kita melalui Ekaristi memelihara persatuan dan kesatuan dengan Tuhan dan di antara kita satu sama lain dalam kehidupan bersama di keluarga, KBG, Wilayah, Paroki, masyarakat dan dalam DPP dan DKP itu sendiri. Dalam persatuan itu semuanya terlibat secara aktif dalam seluruh Program Pastoral Paroki, tak seorangpun yang menjadi penonton, tetapi semuanya aktif dalam melaksanakan semua program pastoral di paroki ini. Pikiran dan keyakinan ini sejalan dengan tema perayaan kita hari ini. Ekaristi Menguatkan Persekutuan Umat dan Menjadikan kita agen pastoral yang hidup.

Sedangkan Pater Kristiansu Sambu, Pastor Paroki Ekaristi Kudus pada kata sambutannya mengungkapkan bahwa Kita Bersama-sama bersyukur atas perkenanan Tuhan, bahwasanya paroki kita boleh merayakan hari ULTAH ke-73. Perayaan hari ULTAH ini dirasa sangat spesial karena bertepatan dengan Hari Tubuh dan Darah Kristus yang menjadi Pelindung Paroki kita, dengan nama Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, serta  Pelantikan para pengurus DPP-DKP yang baru.

 

Usia 73 tahun,lanjut Pater Kris, adalah suatu usia yang tidak muda lagi menurut perhitungan manusia. Suatu usia yang sudah mencapai kematangan dan kedewasaan yang mapan.

 

Lebih jauh dia menjelaskan, kiranya kita sudah mencapai kematangan dan kedewasaan dalam tiga aspek penting sebagai anggota Gereja, yaitu: 1). Kita matang dan dewasa di dalam bidang iman. Artinya kita bertanggung jawab terhadap pilihan iman kita sebagai orang katolik. Kita tidak mudah tergoda dan terombang-ambing dengan Tawaran duniawi yang bisa menggoyahkan iman kita. Susah-senang, jatuh-bangun, kita tetap teguh pada iman kita.2). Kita matang dan dewasa di dalam bidang personalia/ketenagaan pastoral: Sudah waktunya kita bisa urus diri oleh kita sendiri.  Atas terlantiknya para pengurus DPP-DKP hari ini merupakan wujud kematangan kita di bidang personalia. Kematangan dan kedewasaan personalia ini tidak saja dalam diri para anggota DPP-DKP yang dilantik, melainkan juga di dalam diri seluruh umat yang dengan kesadaran penuh mengambil bagian di dalam segala kegiatan pastoral kita. Kita rela menjadi pengurus wilayah dan KBG, kita merelakan waktu dan tenaga untuk menjadi pemandu katekese, memimpin doa dan ibadat rosario, kita setia dengan kesepakatan-kesepakatan bersama di dalam kelompok kategorial rohani, OMK, Sekar-Sekami, Putra-Putri Alta. Semuanya itu hanya bisa terjadi bila kita memiliki IMAN. Dengan kata lain, hanya orang ber-IMAN sajalah yang bisa memberi dirinya untuk bekerja tanpa upah ini.dan 3). Kita matang dan dewasa di dalam bidang finansial/keuangan: Orang mengatakan bahwa “uang bukanlah segala-galanya. Tetapi segala sesuatu membutuhkan uang. Uang bukanlah hal terpenting, tetapi banyak hal penting membutuhkan uang.” Itu berarti juga seluruh roda kegiatan pastoral kita membutuhkan uang. Kematangan dan kedewasaan Gereja Lokal dapat tercermin dari kemandirian paroki-paroki juga. Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong adalah salah satu paroki yang juga harus mandiri di bidang finansial/keuangan ini.

 

Untuk kita ingat lagi, tegas Pater Kris, bahwa sumber keuangan paroki kita hanya dua, yakni: GESSHAR, yang merupakan Gerakan Syukur Hati Kita Setiap Hari kepada Tuhan,dan Kolekte mingguan maupun kolekte-kelokte dan derma misa di lingkungan wilayah dan KBG kita.

 

Oleh sebab itu, pada hari yang penuh Rahmat ini, ajak Pater Kris, marilah kita bersama-sama dengan keasadaran yang penuh, tingkatkan partisipasi kita dalam program GESSHAR dan juga berilah dengan sukacita dalam persembahan kolekte kita.

 

Paulus Peos, Ketua DPP yang terpilih untuk masa bakti (pelayanan), 2023-2027, dihadapan umat yang menghadiri perayaan misa dan menyaksikan Pelantikan Dewan Pastoral dan Dewan Keuangan Paroki yang baru, menyatakan syukur berlimpah kepada Tuhan Maha Penyelenggara karena pada hari ini, Minggu (11/6/2023) Umat Paroki Ekaristi Kudus mengalami peristiwa sukacita, yaitu Merayakan Pesta Tubuh dan Darah Kristus,  Merayakan Ulang Tahun Paroki ke-73 dan sebanyak 109 orang awam dilantik menjadi pelayan Gereja (umat Allah) dalam wadah Dewan Inti Pastoral dan Keuangan Paroki.

 

Dia juga mengatakan bahwa DPP, DKP, Pengurus Wilayah, dan KBG bersama semua umat akan menjalankan program pastoral tahun 2023 yang telah direncanakan dalam rumpun Liturgia, Pewartaan, Persekutuan dan Pelayanan Sosial Ekonomi (diakonia). Namun, lanjut Paul, ada 2 rencana prioritas yang harus kita kerjakan bersama pada 2 tahun mendatang, yaitu renovasi gereja dan terlaksananya Perayaan Yubilium Pesta Intan Paroki (Usia 75 Tahun). Oleh karena itu, Paul mengajak semua anggota Dewan Inti Pastoral, Dewan Pleno, dan seluruh umat bekerjasama dan sama-sama bekerja (melayani) demi kemajuan Paroki kita.

 

Pada hari itu juga, setelah perayaan misa diselenggarakan suatu kegiatan Bazar produk-produk UMKM dari umat untuk memeriahkan pesta ulang Tahun Paroki ke-73, syukur atas pelantikan DPP/DKP dan mencanangkan program pengembangan UMKM tingkat Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong.

 

Kegiatan bazar produk-produk UMKM ini didukung oleh beberapa pihak, salah satunya, adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) CU Florette. Para peserta yang merupakan pelaku UMKM pada kegiatan bazar tersebut menjual aneka jenis kuliner berbahan baku dari tanaman pangan, seperti, jagung, pisang, ubi kayu, kacang hijau, beras, dan sorgum. Ada juga yang menjual hasil kerajinan tangan berupa tas dan dompet terbuat dari kain bermotif songke Manggarai

 

Ikuti tulisan menarik Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler