x

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Sistem Pengendalian Manajemen

Iklan

Anggie Primastuti Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juni 2023

Kamis, 15 Juni 2023 07:48 WIB

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada PT. Kalbe Farma

Tugas Sistem Pengendalian Manajemen Mahasiswi Universitas Pamulang - Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada PT. Kalbe Farma

Sistem pengendalian manajemen adalah sistem yang berisikan berbagai tuntutan dalam menjalankan dan mengendalikan sebuah perusahaan maupun organisasi yang baik berdasarkan berbagai asumsi yang ada. Definisi lain menyebutkan bahwa pengendalian manajemen sebagai sebuah sistem dengan fungsi pengendalian setiap aktivitas yang terjadi di dalam sebuah perusahaan sebagai cara menentukan strategi yang sesuai dan diterapkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sistem pengendalian sebagai sebuah sistem yang terdiri dari berbagai subsistem. Di dalam sebuah perusahaan adanya sistem pengendalian manajemen sangatlah penting karena dapat menjadi suatu hal yang berperan besar terhadap laju perkembangan suatu perusahaan. JIka sebuah perusahaan tidak memiliki sistem pengendalian manajemen yang baik ataupun tidak ada sama sekali, maka perusahaan akan rentan untuk mengalami kemunduran.

PT Kalbe Farma Tbk berdiri tahun 1966 yang awalnya merupakan industri tunggal yang bergerak di bidang farmasi kemudian melakukan diversifikasi ke produk kesehatan serta distribusi dan kemasan. Strategi korporat yang dikembangkan adalah perusahaan dengan diversifikasi berhubungan. Perusahaan menetapkan strategi pengembangan ke arah bisnis internasional dan peningkatan kemampuan risetnya maka pada tingkat unit bisnis strategi yang diterapkan adalah "membangun". Strategi tersebut. sesuai diterapkan bagi perusahaan yang ekspansi dan menghadapi situasi ketidakpastian yang lebih tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Struktur organisasi PT Kalbe Farma Tbk disusun secara fungsional dan terintegrasi sehingga lebih efisien. Penggunaan sumber daya yang sama dan terintegrasi seperti pemasaran, fasilitas produksi, keuangan serta fasilitas riset dan pengembangan oleh beberapa unit usaha yang ada telah menciptakan sinergi operasi. Hal ini membantu perusahaan untuk memperoleh manfaat dari skala dan ruang lingkup ekonomi. Proses perencanaan strategis dilakukan secara vertikal maupun horizontal mengingat tingginya tingkat keterkaitan antar unit. Proses perencanaan ditetapkan dari tingkat korporat kemudian tiap unit bisnis mengajukan rencana strategisnya yang mendukung strategi korporat untuk disetujui manajemen puncak. Proses perencana ini tidak berbeda jauh dalam proses penyusunan anggaran. Penilaian kinerja yang dilakukan dengan balaced scorcard menunjukkan peningkatan kinerja pada perspektif pelanggan, bisnis internal serta perspektif inovasi dan pembelajaran. Sedangkan pada perspektif keuangan menunjukkan penurunan. Hal ini lebih disebabkan kondisi eksternal yang tidak mendukung, seperti situasi ekonomi yang memburuk dan meningkatnya harga bahan baku serta kebijakan regulasi berkaitan dengan penurunan harga obat generik. PT Kalbe Farma Tbk melakukan penilaian secara berkala terhadap kompensasi karyawan guna menjaga kesetaraan dengan standar industri. Standar keselamatan dan kesehatan kerja dalam semua aspek produksi juga ditingkatkan untuk mencapai kesejahteraan karyawan yang optimal. Program pengembangan karir terdiri dari penilaian kinerja secara berkala dengan dukungan pelatihan dan pendidikan yang memadai. Sistem kompensasi yang demikian lebih dapat memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya. Desain sistem pengendalian manajemen pada PT Kalbe Farma Tbk telah sesuai dengan strategi yang diterapkan perusahaan meskipun dalam jangka pendek belum mampu mengimplementasikan strategi perusahaan secara efektif terutama terkait dengan penyesuaianya dengan kondisi eksternal.

 

Anggie Primastuti Handayani - 201011201502

Ikuti tulisan menarik Anggie Primastuti Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu