x

polusi udara di pasar kemis

Iklan

Sry Emiliya Wahyuni Asri Putri Pertiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juni 2023

Rabu, 28 Juni 2023 16:31 WIB

Penyebab Tingginya Polusi Udara di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang

Bahkan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, termasuk wilayah dengan kualitas udara terburuk se-Asia Tenggara sepanjang tahun 2022 versi IQAir. Tentu ini menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Bagaimana upaya mengatasinya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penulis: Sry Emiliya Wahyuni dan Asri Putri Pertiwi

Polusi udara menjadi salah satu faktor penyebab terganggunya kesehatan masyarakat. Hal ini terjadi akibat adanya aktivitas manusia, yang menyebabkan meningkatnya polusi udara disuatu wilayah. Polusi udara adalah tercemarnya atau menurunnya kualitas udara disuatu lingkungan akibat adanya aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pulisi udara sangat berbahaya bagi masyarakat karena dapat menyebabkan kematian.

Menurut data IQAir, pada hari Jumat tanggal 23 Juni 2023 pukul 14.41 WIB tingkat polusi udara di Pasar Kemis mencapai angka 158 AQI US. Berdasarkan data tersebut tingkat polusi udara di daerah ini dinyatakan tidak sehat. Bahkan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, termasuk wilayah dengan kualitas udara terburuk se-Asia Tenggara sepanjang tahun 2022 versi IQAir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal tersebut, sering dirasakan oleh pengendara sepeda motor, polusi udara menyebabkan udara yang pengap sehingga meningkatnya suhu udara dan membuat iritasi pada mata serta iritasi pada kulit.  Polusi udara yang meningkat, ditambah teriknya sinar mata hari hingga suhu udara di daerah Pasar Kemis pada hari Rabu (23/06/23) mencapai 32°C, yang semakin memperburuk kualitas udara di Pasar Kemis.

Polusi udara tidak selalu disebabkan oleh aktivitas gunung berapi atau kebakaran hutan saja, melainkan banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang polusi udara disebabkan oleh asap industri atau pabrik yang merupakan salah satu faktor paling tinggi penyumbang polusi udara. Asap pabrik atau industri sangat berbahaya bagi kesehatan alam dan manusia karena asap tersebut mengandung polutan. Dengan adanya pabrik di daerah tersebut, akan berdampak buruk seperti banyak kendaraan bermotor, bahkan truk kontainer pembawa barang-barang yang menyebabkan kemacetan. Banyaknya pemakaian kendaraan maka semakin banyak pula asap kendaraan bermotor, yang juga dapat menyebabkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, aktivitas rumah tangga seperti pembakaran sampah juga dapat menyebabkan polusi udara karena asap dari pembakaran sampah mengandung banyak polutan. Banyaknya pabrik, penggunaan kendaraan yang berlebihan, dan pembakaran sampah menjadi faktor utama yang menyebabkan polusi udara di Pasar Kemis meningkat. Semua kegiatan ini merupakan kebutuhan atau aktivitas manusia sehari-hari.

Dampak yang terjadi akibat adanya polusi udara yaitu kualitas udara menurun, iritasi mata, gangguan atau iritasi pada saluran pernapasan seperti batuk, pilek, sesak napas (asma), ISPA, karena menghirup udara yang kotor (debu-debu) yang tidak baik untuk kesehatan, polusi udara juga dapat mengancam kesehatan kulit seperti gata-gatal, jerawat, kulit kering, dan iritasi kulit. Bahkan menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia polusi udara dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Aktivitas seperti berkendara, membakar sampah tidak bisa dihilangkan dari kehidupan sehari-hari, maka manusia itu sendiri yang harus menjaga dirinya dengan mengikuti himbauan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia seperti memasang pembersih udara (air purifier) untuk menghilangkan debu atau kotoran di dalam ruangan, menempatkan tanaman pembersih udara berfungsi untuk menyaring polusi udara, mengkonsumsi multivitamin yang dapat melawan radikal bebas akibat polusi udara, menutup jendela jika polusi udara tinggi, menambah frekuensi pembersihan lantai rumah dan perabot, jangan merokok karena asap rokok juga dapat menyebabkan polusi udara dengan tidak merokok dapat menjaga kesehatan diri sendiri maupun lingkungan, memenuhi kebutuhan air putih setiap hari minimal 2 liter untuk orang dewasa, membuka jendela dan pintu rumah pada pagi hari sehingga terjadi pertukaran udara dalam rumah, menggunakan masker saat berpergian dapat mencegah paparan polusi udara, segera mandi setelah keluar rumah agar kotoran dan kuman yang menempel ditubuh bisa hilang sehingga terhindar dari penyakit kulit, dan selalu mencuci tangan pakai sabun.

Sumber:

https://tangerangnews.com/kabupaten-tangerang/read/45143/Pasar-Kemis-Jadi-Wilayah-dengan-Kualitas-Udara-Terburuk-Sepanjang-2022-Versi-IQAir

https://www.iqair.com/id/indonesia/west-java/pasarkemis

https://www.instagram.com/p/Cttu30iP1F0/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

https://www.instagram.com/p/CtjhUSXSoFa/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Ikuti tulisan menarik Sry Emiliya Wahyuni Asri Putri Pertiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu